Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jangan Ambil Cicilan Kartu Kredit untuk Keperluan Ini!

by JTO on 2 Oktober, 2014

makan di restoran _ kartu kredit - CekAja.com

Selalu kewalahan membayar tagihan kartu kredit setiap bulan? Kesulitan menabung karena pengeluaran habis untuk membayar tagihan kartu kredit? Berarti kamu belum tahu, keperluan apa yang tidak harus mengambil cicilan kartu kredit. Solusinya, baca artikel ini.

Kartu kredit saat ini memang sudah bukan hal yang asing. Justru saat ini kartu kredit sudah menjadi ciri khas gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Hal ini tampak dengan indikasi pertumbuhan ekonomi yang semakin naik. Menggunakan kartu kredit, sama dengan berhutang dengan bank. Karena itu, kamu wajib tahu juga cara hitung bunga kartu kredit. (Baca: Mau Tahu Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Anda)

Karena itu, jangan sampai kamu memiliki kartu kredit karena hanya terbuai oleh janji-janji diskon. Bisa jadi, bukannya semakin makmur, malah kehidupan makin kacau karena terlalu banyak cicilan ini-itu. Padahal, ada beberapa keperluan yang tidak harus dicicil dengan kartu kredit. Apa saja?

Tarik Tunai

Jika membutuhkan uang tunai, tariklah dengan kartu debit. Mengapa tidak pakai kartu kredit saja? Toh, kartu kredit memiliki fungsi tarik tunai dan bisa dilakukan di ATM-ATM terdekat, kan?

Tunggu! Tahukan kamu bahwa melakukan tarik tunai akan dikenakan biaya? Biaya tarik tunai ini tidak murah, bisa sebesar 4% dari total tarikan tunai Anda atau minimal Rp 50.000,00. Karena itu, Anda wajib tahu berbagai biaya yang ada dalam kartu kredit Anda. (Baca: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Anda Kenali)

Bayangkan jika kamu rajin tarik tunai di ATM tiap beberapa hari sekali! Bisa jadi biaya tarik tunai malah lebih besar dari tarikan tunai itu sendiri.

Jalan-jalan

Bukan rahasia lagi kalau di zaman yang semakin maju, kesibukan juga menjadi semakin padat. Belum ditambah depresi karena tumpukan pekerjaan yang menggunung dan total waktu yang dihabiskan hanya untuk bermacet-macet ke kantor. Rasanya kepala ingin meledak, ingin melarikan diri jauh-jauh. Godaan untuk berjalan-jalan ke luar negeri pun sangat mungkin tidak akan dilewatkan jika waktu memungkinkan.

Eh, tunggu dulu! Jangan buru-buru gesekkan kartu kredit  di biro travel! Jalan-jalan ke luar negeri bisa jadi akan mengobati stres secara sementara, namun bisa jadi bulan depan nanti kepalamu semakin sakit karena cicilan yang harus dibayarkan. Nah, lho!

(Baca juga: Travelling, Gunakan Kartu Kredit Rekomendasi CekAja Ini)

Jalan-jalan bukan hanya masalah biaya perjalanan saja namun juga biasa akomodasi saat di sana. Ini masih bisa ditambah dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh. Ada baiknya rem dulu keinginan untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri. Habiskan akhir pekan di tempat yang benar-benar baru dan tidak begitu jauh dari tempat tinggal. Selain hemat, kamu juga masih tetap bisa menghilangkan lelah dan penat.

Makan

Jika kamu berpikir bahwa masalah makan dengan kartu kredit adalah hal remeh, maka penilaianmu tidaklah tepat. Makan bisa dilakukan di mana saja, namun biaya makan dari satu tempat ke tempat lain jelas tidak sama.

Makan di warteg, misalnya, jelas lebih murah ketimbang makan di restoran cepat saji. Makan di restoran cepat saji jelas lebih murah ketimbang makan di restoran bintang lima. Namun, restoran-restoran yang menerima pembayaran lewat kartu kredit bukanlah restoran sekelas warteg.

Mungkin kamu berpikir bahwa biaya ini kecil, apalagi jika ada diskon yang ditawarkan bersama penggunaan kartu kredit. Boleh-boleh saja menggunakan kartu kredit ini untuk makan bila sebuah restoran menawarkan diskon yang cukup besar dan menguntungkan. Catatannya, lakukan hanya sekali dua kali saja. (Baca juga: 5 Kegiatan Ini Lebih Menguntungkan Jika Pakai Kartu Kredit)

Sebab, jika dalam sebulan berkali-kali makan ini dan itu di restoran mahal dan tidak pernah lelah menggesekkan kartu kredit, maka berapa banyak tagihan yang dihabiskan di akhir bulan? Bisa dibayangkan? Ada baiknya tidak menggunakan kartu kredit untuk makan demi kebaikan  sendiri.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami