Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Jangan Bingung! Ini Tips Kredit Motor Bekas Aman Dan Tepercaya

by Maria Nofianti on 3 Februari, 2020

Macet dimana-mana, mulai dari ibu kota hingga kota kecil sekalipun. Bunyi klakson seolah menjadi irama wajib di jalan raya, apalagi lampu merah saat lampu orange mulai mati. Ya, kendaraan bermotor kini keberadaannya merajalela, seperti enceng gondok yang disebar di rawa, langsung cepat berkembang biak dan tumbuh dengan subur.

Kredit Motor Bekas Aman

Wajar, karena semakin banyak kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan. Salah satunya adalah masalah transportasi. Dengan memiliki alat transportasi sendiri tentu memudahkan kita kemana pun tujuannya. Alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah motor. Kebutuhan akan motor sekarang ini semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan manusianya.

Kepemilikan kendaraan bermotor memang menjadi hal wajib, bahkan hampir setiap satu rumah memiliki satu motor, minimal. Nah, perkembangan ini pun mempengaruhi tingkat jual beli sepeda motor yang hampir mirip jualan kacang rebus. Pabrikan sepeda motor berlomba lomba mengeluarkan produk terbaiknya yang memiliki model kekinian, hemat bahan bakar, mesin berkualitas, atau harganya yang bersaing.

Penjualan sepeda motor semakin hari semakin meningkat, begitu juga dengan kredit motor. Karena tak semua orang yang ingin memiliki motor mempunyai kemampuan untuk membayar tunai, jadilah kredit menjadi satu alternatif. Menariknya lagi tidak hanya permintaan akan motor baru yang banyak diminati, namun motor bekas juga memiliki banyak peminat loh. Dengan sistem kredit yang banyak ditawarkan oleh lembaga perkreditan, memiliki motor baik itu baru maupun bekas menjadi hal yang mudah dilakukan.

(Baca Juga: Awas Begal! Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Jadi Korban)

Jika kamu dihadapkan pada situasi akan membeli motor bekas pasti ada banyak kekhawatiran yang menyertaimu. Bagaimana jika kualitasnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan? Bagaimana jika ternyata barangnya rusak namun kamu terlanjur membayarnya? Bagaimana jika ini penipuan? Ini adalah kekhawatiran yang wajar jika akan membeli barang bekas. Untuk itu kamu harus benar-benar memilihnya dengan sangat teliti agar tidak terjadi masalah nantinya.

Sebagai pembeli yang akan membeli atau kredit motor bekas kadang kita hanya melihat tampilan luar saja. Padahal sekarang penjual sudah berani memanipulasi agar motor bekasnya itu terlihat lebih baik dan bisa dijual dengan harga mahal. Maka dari itu kita harus tetap memperhatikan banyak hal seperti mesinnya, cover body, kenyamanannya saat digunakan hingga merek motor tersebut. Saat kamu memilih motor bekas kamu bisa memilih membayar secara tunai atau kredit. Untuk kredit ini akan jauh lebih ringan karena dibayar tiap bulannya. Jika kamu kesulitan dalam menyediakan uang tunai dengan jumlah yang banyak maka pilihan kredit motor bekas adalah yang terbaik.

Namun adakalanya kamu juga harus menghadapi banyak masalah saat memilih kredit motor bekas. Maka dari itu kamu harus jeli memilih kredit motor bekas aman dan tepercaya. untuk itu akan kita berikan tips dalam memilih kredit motor bekas aman dan tepercaya khusus untuk kamu.

1. Teliti

Hal yang harus kamu lakukan adalah melihatnya dengan teliti. Karena ini adalah motor bekas pasti sudah dipakai sebelumnya. Keadaan ini bisa saja mempengaruhi performa dari motor itu sendiri. Bisa saja ada beberapa bagian motor yang ternyata harus diganti atau diservis. Untuk mendapatkan motor bekas yang bagus kamu bisa menanyakan apakah ada kerusakan atau penggantian-penggantian saat dipakai sebelumnya, jika perlu kamu bisa meminta untuk mencoba motor bekas itu. Ya, karena dengan mencobanya kamu akan tahu bagaimana kondisinya, dan ini jelas diwajibkan. Bagaimana tidak, membeli mobil baru saja bisa test drive, kenapa membeli motor bekas tak bisa test drive dulu.

2. Pilih leasing tepercaya

Memilih leasing atau pembiayaan ini penting dilakukan. Ada baiknya jika kamu kredit motor bekas, lakukan di leasing yang sudah tepercaya dan memiliki kredibilitas bagus. Karena sekarang banyak sekali leasing yang menawarkan kredit motor bekas. Pilihlah yang cicilan dan bunga yang rendah. Jangan sampai kamu tertipu dengan cicilan yang murah tapi malah mempunyai bunga yang tinggi. Dengan memilih leasing yang tepercaya kamu akan lebih bisa mengatur finansialmu dan tidak mengacaukannya.

3. Pilih kredit fix rate

Apa sih yang dimaksud kredit fix rate? Ini adalah suku bunga kredit yang tetap yang sudah dari awal ditetapkan dan tidak akan mengalami perubahan. Dengan memilik kredit fix rate ini suku bunga untuk kredit kamu tidak akan mengikuti bunga perbankan yang selalu berubah. Bunga yang selalu berubah ini bisa saja menghancurkan anggaran atau kemampuan keuanganmu loh. karena setiap bulannya kamu tidak akan membayar cicilan dengan jumlah yang sama karena bunga yang fluktuatif itu. jadi agar kredit motor bekas aman maka pilihlah kredit fix rate. Dengan begitu kamu bisa menganggarkan cicilan yang sama setiap bulan dan aman.

4. Menyesuaikan dengan kemampuan keuangan

Dalam membeli barang apapun akan lebih baik jika kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan keuangan kamu. Begitu juga dengan kredit motor bekas. Saat kamu akan kredit motor bekas maka kamu bisa memilih berapa jumlah uang muka yang akan kamu bayar yang disesuaikan dengan budget kamu tentunya. Kamu juga harus melihat jika itu adalah kredit jangka panjang maka kemampuan keuanganmu dalam setahun ke depan harus stabil. Agar kredit motor kamu bisa dibayarkan sampai lunas. Sejatinya kredit motor bekas tujuannya adalah untuk meringankan pembeli. Jangan sampai kamu malah merasa rugi karena kemampuan keuangan kamu yang tidak bisa memenuhi cicilan kredit motor bekas kamu. Dan jangan sampai juga kamu kredit motor bekas, namun uang yang dikeluarkan malah setara dengan membeli motor baru, ini tentu saja harus dihindari dan sangat tak cerdas jika dipilih.

5. Menyesuaikan dengan tujuan pembelian

Ketika kamu akan membeli motor bekas pasti kamu mempunyai tujuan. Entah itu untuk transportasi setiap hari, untuk kepentingan usaha ataupun untuk koleksi ada baiknya kamu tetap memperhatikan baik buruknya. Jangan sampai kamu berlebihan dalam membelinya dan selalu sesuaikan dengan kemampuan keuangan kamu.

6. Surat kendaraan adalah syarat mutlak

Jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah, dan membeli atau kredit motor bekas yang tak memiliki kelengkapan surat-surat. Karena Surat-surat kendaraan bermotor seperti STNK dan BPKB adalah syarat mutlak yang harus ada. Biasanya untuk motor bekas STNK sudah pasti atas nama orang lain. Kamu harus juga mengecek apakah itu asli atau tidak dengan datang ke Samsat atau kantor polisi atau bisa juga secara online yang dapat kamu cek di laman http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ khusus daerah DKI Jakarta. Untuk kredit motor bekas mungkin BPKB akan disimpan oleh pihak leasing sampai cicilannya lunas. Jangan sampai kamu mengambil kredit motor bekas yang surat-suratnya digadaikan atau tidak ada sama sekali. itu hanya akan membuat masalah bagi kamu. Bisa-bisa motor bekas itu adalah barang curian. Selalu waspada jika kamu menemukan hal semacam ini.

7. Cari di dealer resmi

Biasanya untuk kredit motor bekas kamu bisa mendatangi leasing. Namun akhir-akhir ini dealer juga bisa melakukan kredit motor bekas. Jika kamu pergi ke dealer resmi bisa jadi kamu akan mendapatkan promo-promo. Namun kamu juga harus lebih pintar daripada dealer ini. terkadang ada yang ketahuan memainkan harga. Maka dari itu kamu harus tahu harga pasaran motor bekas yang kamu incar. Kredit motor bekas aman di dealer ini mulai banyak dilirik oleh para konsumen karena merasa lebih yakin dengan kredibilitas dealer resmi tersebut.

8.Perhatikan biaya lainnya

Biasanya antar pihak kreditur dengan debitur selalu ada perjanjian dan biaya-biaya lainnya. biaya tersebut antara lain ada biaya administrasi, asuransi dan biaya fidusia. Pilihlah leasing yang menawarkan biaya administrasi termurah saja. Sedangkan biaya fidusia adalah untuk menjamin perjanjian kredit ini. Pada leasing yang besar dan tepercaya kamu juga akan mendapatkan asuransi untuk kredit motor bekas kamu. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

(Baca Juga: Cara Lengkap Merawat Motor Listrik di Daerah Rawan Banjir)

Setelah kamu mengetahui tips kredit motor bekas aman dan tepercaya maka kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangan jika kamu memilih membeli motor bekas entah itu kredit atau tunai. Kali ini kita akan membahas kelebihan jika kamu membeli motor bekas yaitu:

  • Harganya yang murah tentu saja menjadi pertimbangan utamanya. Harga motor bekas bisa hampir setengah dari harga motor baru. Jika kamu pintar memilihnya maka kamu bisa mendapatkan motor bekas yang bagus dengan harga yang murah. Siapa yang tidak tergiur? Dan ini tergantung bagaimana keberuntunganmu menemukannya, karena jika memang rejeki tak kemana. Dan motor bekas yang bagus juga termasuk rejeki loh.
  • Meski namanya motor bekas. Kondisi motor bekas tidak selamanya jelek dan rusak. Ada juga motor bekas yang seperti masih baru karena memang jarang dipakai atau pemilik sebelumnya pintar merawatnya. Mendapatkan motor bekas rasa motor baru bukan hal yang tidak mungkin. Dan ini tergantung juga bagaimana kamu memilih. Jadi pastikan juga saat membeli motor bekas lihat sudah berapa kilometer jarang yang telah ditempuhnya, karena biasanya ini mempengaruhi kondisi mesin, dll.
  • Untuk pengurusan memang lebih terasa ringan karena mayoritas kredit motor bekas aman dan tepercaya sudah ada surat-surat yang lengkap. Dengan ini kamu tidak akan repot-repot mengurusnya.
  • Ada kelebihan ada juga kekurangan. Kredit motor bekas bukan tidak mungkin mempunyai kekurangan loh. Beberapa kekurangan yang mungkin akan kamu hadapi antara lain:
  • Motor bekas tentu saja tidak memiliki garansi. Jika kamu sudah membeli motor bekas maka selanjutnya jika ada kerusakan atau gangguan  maka itu adalah tanggung jawab kamu sepenuhnya.
  • Saat membeli motor bekas maka kamu juga harus perhatian asal motor bekas siapakah itu? Dan apakah motor itu legal yang ditandai dengan adanya surat-surat yang lengkap atau bahkan itu adalah motor curian. Berhati-hatilah kamu jika membeli motor bekas yang tidak ada STNK dan BPKBnya. Karena bisa dipastikan jika motor tersebut bermasalah, dan tak bijak jika kita membelinya.

Nah itu dia tips kredit motor bekas aman dan tepercaya yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan motor bekas yang bagus dan sesuai dengan keinginan kamu. Semoga tulisan ini bisa membantu, dan pastikan untuk selalu jeli dan berhati-hati ya.

Dapatkan kredit motor kesayanganmu hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis