Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jangan Cuma Sayang-sayangan, Ini 5 Cara Meraup Cuan Jelang Valentine

by Gito on 5 February, 2020

Setiap tanggal 14 Februari, masyarakat dunia merayakan hari kasih sayang atau Valentine. Pada hari itu, setiap pasangan menunjukkan perasaannya kepada orang terkasih melalui pemberian bunga ataupun coklat.

Namun daripada cuma sayang-sayangan, kamu juga bisa mendulang cuan loh. Ada berbagai macam bisnis dadakan yang bisa kamu geluti menjelang Valentine.

Setiap orang pasti memiliki pikiran yang sama untuk memberikan hadiah yang pantas untuk sang kekasih lalu menyiapkan makan malam romantis bersamanya.

Euforia Valentine begitu kuat dirasa karena pusat-pusat perbelanjaan juga sudah siap menyongsong datangnya hari kasih sayang untuk memaksimalkan penjualan.

Tengok saja berbagai macam hiasan yang ada di sudut-sudut kota, bentuknya sudah dipenuhi dengan hiasan berbentuk bunga ataupun balon bergambar hati. Selain itu, beberapa restoran juga ada yang memberikan promo menarik untuk kamu yang ingin menggelar makan malam romantis saat Valentine tiba.

Menilik kebelakang, sejarah Valentine sendiri ternyata memiliki beberapa versi. Ada yang meyakini momentum Valentine lahir karena Pendeta Roma, Valentine yang harus menemui hukuman pancung lantaran menikahkan pasangan muda pada saat itu.

Kemudian ada juga yang menyebutkan hari Valentine lahir dari festival Lupercalia bangsa Romawi yang bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada Dewi Kesuburan.

Valentine di Indonesia

Di Indonesia sendiri, perayaan Valentine masih menuai pro dan kontra. Tidak mengakarnya budaya tersebut menjadi salah satu alasan banyaknya perdebatan tentang boleh dan tidaknya merayakan Valentine di Indonesia.

Bahkan beberapa lembaga keagaaman di daerah sudah ada yang secara resmi melarang perayaan tersebut. Meski begitu gaung yang sama tidak terdengar di kota-kota besar.

Masih banyak masyarakat yang pada dasarnya tidak merayakan Valentine namun tetap ingin merasakan euforianya. Namun terlepas dari itu, adanya Valentine bisa dijadikan sarana untuk kamu mendulang untung.

Jadi ketimbang sekadar sayang-sayangan, lebih baik memupuk penghasilan tambahan untuk tabunganmu. Nah berikut beberapa bisnis yang bisa kamu geluti menjelang Valentine tiba. SImak yuk!

1. Coklat

Tidak lengkap rasanya merayakan Valentine tanpa coklat. Kamu dapat membuat beragam coklat dengan bentuk menarik untuk dijual. Bahan yang diperlukan cukup mudah, yakni coklat dan sentuhan kreativitas.

(Baca juga: Harga 7 Coklat Termahal di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala)

Menurut data salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia, penjualan coklat pada tahun 2017 jelang Valentine berhasil tumbuh 650 persen.

Jadi ketimbang ikut berpolemik tentang boleh atau tidaknya merayakan Valentine. Lebih baik kamu manfaatkan momentum tersebut untuk menambah penghasilan. 

2. Buket Bunga

Bunga juga merupakan komoditas yang berharga saat Valentine tiba. Biasanya kaum Adam membutuhkan buket bunga untuk diberikan kepada pasangannya. Pemberian bunga melambangkan perasaan dari si pasangan.

Jika sudah dirangkai dan dihias dalam suatu keranjang cantik, kamu dapat menjualnya dengan harga tinggi. Disamping itu, bunga juga biasanya disandingkan dengan coklat, jadi kamu dapat membandrol dua barang sekaligus.

Namun sekali lagi, di sini sisi kreativitas dan juga imajinasi kamu sangat dibutuhkan. Tidak ada salahnya untuk mulai belajar melakukan teknik merangkai bunga.

Supaya hasil rangkaian bunga kamu berbeda dengan penjual yang lain. Kamu mungkin bisa menggunakan seni merangkai bunga dari Jepang, Ikebana.

Kamu bisa mengumpulkan beberapa referensi teknik merangkai bunga dari internet. Siapa tahu bisnis yang awalnya sampingan bisa menjadi sumber pemasukan utama kamu kedepannya.

3. Kaus Pasangan

Kamu yang memiliki keahlian dalam mendesain baju, mungkin dapat memikirkan jenis usaha ini untuk menumpuk rupiah saat Valentine tiba. Kebanyakan pasangan muda ingin menunjukkan betapa serasinya mereka dengan menggunakan baju atau kaus pasangan.

Kebanyakan desain kaus yang diinginkan pun cukup sederhana. Kadang hanya berupa kalimat ataupun gambar lucu yang mereprentasikan masing-masing pasangan.

Kamu bisa membeli kaus polos sebagai bahan dasarnya. Untuk bisa mendapatkan harga miring, usahakan membelinya dalam jumlah banyak. Biasanya kaus tersebut dijual per kodi. Satu kodi berisi 20 kaus.

Tidak perlu repot datang langsung ke toko pakaian. Kamu bisa memesannya secara online dan meminta ukuran serta warna yang diinginkan.

4. Boneka

Untuk wanita, boneka selalu menjadi barang yang diterima dengan baik. Bulu lembutnya yang halus dan rupanya yang menggemaskan membuatnya menjadi barang yang susah untuk ditolak.

Oleh karena itu tak aneh jika penjualan boneka saat Valentine selalu mengalami lonjakan yang signifikan. Karena biasanya boneka digunakan pria untuk mendapatkan hati sang kekasih.

Selain itu, boneka juga banyak digunakan sebagai hadiah untuk anak-anak. Cara bisnisnya mudah kok, kamu hanya perlu membeli beberapa boneka yang melambangkan kasih sayang seperti boneka pasangan ataupun boneka berbentuk hati

Setelah itu kamu tinggal melingkarkan pita bertuliskan kalimat yang melambangkan kasih sayang di boneka tersebut. Pemasarannya bisa dilakukan lewat jalur online. Manfaatkan media sosial yang kamu miliki untuk mendulang untung.

5. Parcel

Meskipun tidak masuk dalam momen besar keagamaan ataupun hari nasional, perayaan Valentine juga banyak membutuhkan parcel loh. Biasanya parcel dipesan oleh pasangan yang sudah menikah untuk memberikan kejutan kepada kekasih.

(Baca juga: Parcel Lebaran Isi Makanan Bikin Bosan? Ini 6 Ide yang Bisa Kamu Coba)

Mayoritas isi parcel tersebut adalah makanan, mug, kaus, atau barang premium lainnya. Namun untuk memulai bisnis ini kamu harus merogoh kocek agak dalam.

Tetapi keuntungannya sebanding dengan modal yang kamu keluarkan. Disini kamu juga perlu memaksimalkan sisi kreativitas dan juga imajinasi.

Jika kamu sudah lihai merangkai parcel, kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama. Karena selain Valentine, kamu juga bisa menerima pesanan untuk pembuatan parcel lebaran, natal ataupun hari besar lainnya.

Bagaimana, menarik bukan. Jadi ketimbang ikut berpusing tentang boleh tidaknya merayakan Valentine, lebih baik mencari tambahan penghasilan saat momen tersebut.

Butuh modal? Jangan khawatir, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapatkan penawaran pinjaman menarik dari berbagai lembaga keuangan. Kamu tidak perlu ikut antri di bank cukup gunakan ponsel pintar kamu untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit