Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jemput Rezeki Jelang Idul Adha, Ini 5 Pilihan Bisnisnya

by Sindhi Aderianti on 2 Agustus, 2019

Beberapa minggu lagi umat Muslim bakal merayakan hari raya yang identik dengan pemotongan hewan kurban, yakni Idul Adha. Hari keagamaan ini diperingati setiap 10 Dzulhijjah, dimana merupakan bulan terakhir pada tahun Hijriah dalam penanggalan Islam.

Bisnis Idul Adha, Smartphone, Ponsel, Hari Raya, Koko

Idul Adha dirayakan untuk memperingati peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS. Bila sudah akhil baligh dan mampu secara materil, seseorang diwajibkan berkurban baik itu sapi, kambing, atau domba.

Seperti hari raya lain, Idul Adha dengan segala prosesinya juga membuka peluang bisnis tersendiri. Siap menjemput rezeki? Ini 5 pilihan bisnis yang dimaksud.

1. Hewan kurban

Hewan Kurban - Pililhan Bisnis Idul Adha

Bisnis Idul Adha ini sudah pasti menjanjikan. Modalnya tidak sedikit memang, tapi jelas sebanding dengan keuntungan yang nantinya didapat. Untuk memulainya, cobalah untuk mencari peternakan yang memiliki hewan ternak sehat. Perhatikan kesehatan hewan dari kondisi kaki, tanduk, dan mata.

(Baca juga: Saingan Ketat di Jagat Bisnis Online? Yuk, Manjakan Konsumen!)

Adapun hewan yang mencukupi dan sah digunakan berkurban adalah sebagai berikut:

  • Domba (dlo’nu), apabila sudah berumur satu tahun sempurna dan memasuki tahun yang kedua.
  • Kambing kacang/ jenis kecil (ma’zu), apabila sudah berumur dua tahun sempurna dan memasuki tahun yang ketiga.
  • Sapi, apabila sudah berumur dua tahun sempurna dan memasuki tahun yang ketiga.

Kamu bisa mengawali bisnis ini dengan modal sebesar Rp 100 juta. Dana tersebut cukup untuk membeli paling tidak 50 ekor kambing. Pilihlah tepi jalan raya yang mudah dilihat sebagai lapakmu berdagang hewan ternak. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan para peternak hewan kurban untuk menjualnya secara online yang memang kini semua sudah serba digital.

2. Peralatan nyate

Peralatan sate - Pililhan Bisnis Idul Adha

Tiap orang yang berkurban sudah pasti mendapat jatah daging, paling tidak sepertiganya. Daging tersebut nantinya akan diolah menjadi beberapa macam masakan. Kebetulan sate adalah olahan masakan yang paling favorit.

Melihat tradisi ini, kamu bisa memulai bisnis dengan menjual peralatan nyate karena tentu banyak dicari orang. Kamu bisa menjual panggangan sate, tusuk sate, kipas, hingga berbagai jenis arang.

3. Kemasan pembungkus daging

Kemasan pembungkus daging - Pililhan Bisnis Idul Adha

Daging hewan kurban yang sudah dipotong-potong, tentu membutuhkan pembungkus agar mudah saat nanti dibagikan. Menjelang Idul Adha, kebutuhan kantung plastik meningkat. Namun perlu diingat, pemerintah DKI Jakarta tidak menyarankan lagi penggunaan plastik.

Solusinya adalah mengganti plastik pembungkus daging kurban dengan wadah yang lebih ramah lingkungan. Nah, kamu bisa menjual besek bambu, keranjang, daun jati, daun pisang atau sejenisnya. Lalu tawarkan ke beberapa kepanitiaan kurban yang pasti amat membutuhkan kemasan tersebut.

4. Fesyen muslim

Fashion Muslim - Pililhan Bisnis Idul Adha

Hampir sama dengan Idul Fitri, di lebaran haji pun tak sedikit masyarakat yang ingin menggunakan pakaian baru. Terkadang ada saja orang yang merasa ‘kehabisan’ baju, terutama untuk hari raya.

Itulah mengapa baju muslim seperti baju koko, gamis, hingga kaftan pasti banyak dicari jelang perayaan kurban ini. Kamu juga bisa menjual perlengkapan ibadah untuk keperluan shalat. Mulai dari sajadah, mukena, sarung, dan kopiah.

5. Bumbu siap pakai

Bumbu siap pakai - Pililhan Bisnis Idul Adha

Daging hewan kurban yang telah disembelih tentu membutuhkan bumbu untuk menambah cita rasa. Kebanyakan ibu rumah tangga tak memiliki banyak waktu untuk membuat bumbu sendiri.

Bila kamu jago masak, manfaatkan peluang ini dengan meracik bumbu siap pakai. Mulai dari bumbu sate, tongseng, barbeque, gulai, rendang, dan lain sebagainya. Berikut ini resep membuat bumbu kacang untuk sate yang praktis namun juga tahan lama:

Bahan-bahan
  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah kemiri, bagi dua
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 170 ml air
  • 70 ml santan
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat
  • Blender kacang tanah goreng, kemiri, lombok merah, bawang putih, bawang merah, dan air. Namun, jangan terlalu halus supaya kacang masih ada teksturnya.
  • Panaskan minyak di atas wajan, tuangkan bumbu kacang, lalu tumis hingga berminyak. Masukkan santan, aduk lagi beberapa saat.
  • Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Aduk hingga teksturnya mulai kental, tapi jangan sampai kering

Dalam menjual bumbu siap pakai ini, jangan lupa gunakan sistem pemesanan PO (pre-order). Tujuannya agar tetap fresh ketika sampai di tangan pembeli.

(Baca juga: 5 Pilihan Bisnis Modal Kecil Seputar Dunia Pendidikan)

Itulah 5 ide bisnis menjelang Idul Adha yang bisa kamu coba. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk mengurungkan niat berbisnis hanya karena modal pas-pasan.

Manfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tentunya akan mempermudah bisnismu. Ajukan langsung melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.