10 Jenis Beauty Blender beserta Fungsinya yang Ampuh Bikin Makeup Tampak Flawless

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Buat pemula, mungkin kamu belum tahu beberapa jenis beauty blender beserta fungsinya yang beragam. Sebab, rata-rata beauty blender yang banyak ditemukan dipasaran adalah yang berjenis rain drop.

Beauty blender sendiri pada dasarnya merupakan spons aplikator untuk foundation, concealer, bedak dan beberapa produk makeup lainnya, yang dapat memberikan hasil akhir layaknya makeup profesional.

Sesuai dengan definisinya, beauty blender pun sejatinya terbuat dari spons bebas lateks, yang lebih dari daripada kuas dalam memberikan sentuhan akhir makeup yang natural namun terlihat flawless.

Namun, jenis beauty blender pun ada sangat banyak. Semuanya memiliki bentuk unik yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum membeli dan menggunakan beauty blender, ketahui terlebih dahulu fungsi dari beauty blender itu sendiri.

Dan untuk memudahkanmu mengetahui fungsi setiap beauty blender, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnnya sederet jenis beauty blender beserta fungsinya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Jenis Beauty Blender beserta Fungsinya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau jenis beauty blender ada sangat banyak. Dan fungsi dari setiap beauty blender pun berbeda-beda.

Maka dari itu, untuk bisa membedakan fungsi dari setiap beauty blender, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 jenis beauty blender beserta fungsinya, yang akan diulas sebagai berikut.

1. Rain drop

Jenis beauty blender yang pertama, yaitu Rain drop. Ini merupakan jenis beauty blender yang memiliki bentuk seperti telur, namun bagian ujung atasnya berbentuk sedikit runcing.

Bentuk runcing tersebut sengaja dibuat untuk meratakan makeup yang belum rata, di beberapa bagian wajah yang sulit dijangkau. Seperti misalnya, bagian ujung mata atau samping cuping hidung.

Sementara untuk bagian yang memiliki permukaan lebar, umumnya digunakan untuk memakai pressed powder atau bisa juga untuk meratakan foundation, agar lebih ter-blend dengan sempurna.

Rain drop sendiri merupakan salah satu jenis beauty blender yang paling banyak ditemukan dipasaran, serta paling sering digunakan oleh para beauty vlogger.

2. Gourd

Jenis beauty blender lainnya yang juga banyak ditemukan dipasaran, yaitu Gourd. Memiliki bentuk seperti labu, beauty blender yang satu ini memiliki permukaan yang lebih lebar di bagian bawah, serta bagian atas yang cenderung melengkung namun tidak runcing.

Lebarnya bagian bawah beauty blender ini, sengaja dirancang untuk meratakan foundation ataupun concealer di permukaan wajah yang besar.

Sedangkan bagian atasnya lebih cenderung digunakan untuk contouring wajah, khususnya di bagian rahang dan samping tulang pipi, agar terlihat lebih tirus.

(Baca Juga: 6 Beda Foundation dan BB Cream)

3. Dumb bell

Disebut Dumb bell, karena jenis beauty blender yang satu ini memiliki bentuk layaknya dumb bell alat olahraga.

Hanya saja, dumb bell yang satu ini memiliki bagian yang salah satu ujungnya berbentuk cekung.

Yang mana, bentuk cekung ini berfungsi untuk meratakan (blend) foundation dalam jumlah banyak.

Sehingga, jenis beauty blender ini sering digunakan oleh para Makeup Artist (MUA) untuk wedding, engagement, dan lain sebagainya yang membutuhkan makeup heavy coverage.

Nah untuk bagian lainnya yang berbentuk bulat, biasanya digunakan untuk meratakan makeup di bagian dahi dan perbatasan rambut agar lebih rapi.

4. Olive

Di urutan keempat ada Olive, sebagai salah satu jenis beauty blender yang memiliki bentuk unik.

Bagaimana tidak, pasalnya beauty blender ini memiliki bentuk oval yang menyerupai buah zaitun.

Meski berbentuk oval, namun salah satu ujung beauty blender ini lebih runcing. Sebab, ujung tersebut berguna untuk mengoreksi dan merapikan makeup yang salah.

Ujung lainnya dari beauty blender ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan dan meratakan eyeshadow di kelopak mata. Bahkan, bagian tengah beauty blender ini pun dapat digunakan untuk meratakan makeup ke seluruh permukaan wajah.

5. Peg tap

Selain empat jenis di atas, Peg tap juga menjadi jenis beauty blender yang patut dicoba. Hal tersebut dikarenakan, beauty blender ini memiliki dua bentuk yang serupa dengan ujung runcing, namun berbeda ukuran.

Walaupun bentuk yang dimiliki beauty blender ini sama, tetapi kegunaannya berbeda. Untuk sisi yang lebih kecil, biasanya digunakan untuk mengaplikasikan concealer di beberapa bagian kecil pada wajah yang harus ditutupi, seperti jerawat dan noda hitam.

Sementara, sisi yang lebih besar seringkali digunakan untuk mengaplikasikan highlight pada bagian tengah dahi, serta tulang pipi agar wajah terlihat lebih segar dan berkilau.

6. Flat ended

Jika berbicara tentang jenis beauty blender beserta fungsinya, Flat ended merupakan jenis beauty blender yang memiliki bentuk seperti beauty blender Olive, hanya saja salah satu ujungnya lebih cekung.

Beauty blender ini mungkin sedikit berbeda dari jenis lainnya, karena memiliki fungsi yang sangat beragam, atau bisa dikatakan all in one.

Salah satu ujung yang berbentuk runcing, biasa digunakan untuk mengaplikasikan foundation di area mata dan samping cuping hidung, agar lebih rapi dan rata.

Ujung lain dari beauty blender ini yang berbentuk cekung dan pipih, lebih difungsikan untuk contouring dan menaburkan bedak.

Sehingga, buat kamu yang ingin menggunakan teknik baking, beauty blender ini sangat cocok dan sempurna untuk digunakan.

7. Diamond shaped

Sesuai dengan namanya, Diamond shaped merupakan jenis beauty blender yang memiliki bentuk menyerupai diamond.

Buat orang yang belum tahu dan asing dengan bentuk beauty blender ini, mungkin akan menganggapnya sebagai saja dan hanya dibuat untuk kepentingan estetika saja.

Padahal, beauty blender ini memiliki banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan dari setiap bagiannya. Untuk ujung yang runcing, biasanya digunakan untuk merapikan makeup di area-area yang sulit dijangkau.

Dan setiap sisi lainnya, bisa digunakan untuk mengaplikasikan berbagai jenis produk. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk meratakan foundation, contour, blush on dan bedak.

8. Small tear drop

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Small tear drop? Jenis beauty blender yang memiliki bentuk seperti Rain drop namun versi mini-nya ini, memiliki segudang fungsi yang bisa digunakan.

Salah satunya yaitu untuk mengaplikasikan dan meratakan foundation atau concealer di beberapa area yang sulit dijangkau, seperti bawah mata, samping cuping hidung maupun ujung mata.

Namun selain itu, beauty blender satu ini juga bisa digunakan untuk shading, agar ter-blend semakin rata, rapi dan menyatu dengan wajah serta makeup lainnya yang diaplikasikan terlebih dahulu.

9. Flat shaped

Di urutan kesembilan ada Flat shaped. Jenis beauty blender yang satu ini memiliki bentuk sangat unik dan berbeda dari lainnya.

Sebab, beauty blender ini memiliki permukaan yang rata di seluruh bagiannya. Tidak hanya itu, tekstur dari beauty blender ini pun sangat lembut. Sehingga, bisa memberikan tampilan makeup yang lebih menawan.

Jika umumnya beauty blender digunakan untuk meratakan foundation, maka beauty blender yang satu ini lebih banyak digunakan untuk mengaplikasikan bronzer atau bedak, agar makeup lebih menyerap dan tahan lebih lama.

10. Double cone

Jenis beauty blender yang terakhir adalah Double cone. Bentuk yang dimiliki beauty blender ini sangat unik, karena memiliki dua bagian yang ujungnya sama-sama kerucut dan runcing.

Ujung beauty blender yang runcing tersebut, bisa digunakan untuk mengaplikasikan atau merapikan makeup di area-area yang sulit dijangkau.

Sementara untuk sisi lainnya yang rata, bisa digunakan untuk meratakan foundation atau concealer di area dahi dan pipi.

Kemudian untuk strip yang ada di bagian tengah sendiri, berguna untuk meletakkan jari agar tetap bersih dari paparan makeup yang tak jarang menodai tangan.

Cara Menggunakan Beauty Blender

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa jenis beauty blender, maka kali ini kamu akan mengetahui cara menggunakan beauty blender yang tepat.

Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pemula yang menggunakan beauty blender begitu saja, tanpa tahu cara tepat menggunakannya.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com akan memberikan cara menggunakan beauty blender yang tepat untuk pemula, seperti berikut ini.

  • Basahi spons atau beauty blender dengan air mengalir
  • Kemudian peras spons atau beauty blender hingga setengah basah, agar nantinya foundation dapat terserap dengan baik dan hasil blend yang diberikan maksimal
  • Setelah itu, tuang foundation secukupnya pada sisi beauty blender yang bundar, lalu usap perlahan ke seluruh permukaan wajah dan tekan dengan lembut
  • Jika ingin mengaplikasikan atau merapikan makeup di area-area yang sulit dijangkau, gunakan bagian ujung beauty blender yang runcing
  • Usahakan rajin membersihkan beauty blender, setidaknya setiap habis digunakan agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

(Baca Juga: 5 Brand Makeup Lokal Terbaik)

Nah, beberapa jenis beauty blender beserta fungsinya sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Dan tidak hanya itu, kamu pun sudah mengetahui cara menggunakan beauty blender yang benar.

Dari semua jenis beauty blender tersebut, kamu bisa memilih satu di antaranya yang memiliki fungsi paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Apalagi, semua jenis beauty blender itu pun bisa ditemukan dengan mudah di drugstore maupun e-commerce yang menjual produk-produk kecantikan.

Agar lebih hemat, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit. Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang juga ingin menikmati promo-promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani