15 Jenis dan Makna Motif Batik di Indonesia

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Jenis dan makna motif batik di Indonesia sangat beragam dan memiliki filosofi makna dalam setiap motif. Berikut ini penjelasan mengenai daftar jenis dan makna motif batik di Indonesia.

Batik adalah salah satu kesenian tertua yang ada di nusantara karena sudah ada sejak zaman kerajaan.

Kain digambar dengan berbagai motif dan warna khas yang berbeda-beda di setiap daerah. Keindahan motif batik tertentu dahulu menunjukkan strata sosial.

Seiring dengan berjalannya waktu, batik kini bisa dipakai oleh semua orang. Hanya beberapa jenis dan motif tertentu yang hanya diproduksi dan dipakai khusus keluarga kerajaan di beberapa daerah.

Ada berbagai jenis dan makna motif batik di Indonesia. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Batik Tambal

Batik Tambal berasal dari Yogyakarta. Motif batik ini cukup umum dikenal, bahkan sering digunakan sebagai motif percontohan praktek kesenian batik di sekolah-sekolah.

Makna motif batik Tambal cukup mendalam, yakni arti perbaikan akan suatu hal yang rusak. Kain ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan seseorang yang sedang sakit. Caranya, dengan menyelimuti orang sakit dengan kain batik motif Tambal ini.

2. Batik Cuwiri

Batik yang satu ini dikenal di daerah Jawa. Dahulu, penggunaan kain batik motif Cuwiri hanya terbatas karena menunjukkan strata sosial pemakainya. Sehingga kain ini hanya digunakan saat upacara adat, acara spesial, dan tradisi Jawa lainnya.

Selain itu, batik Cuwiri juga digunakan bagi wanita hamil yang sedang memperingati masa kehamilan 7 bulan. Makna dari motif yang detil pada kain batik Cuwiri adalah simbol keharmonisan, rasa hormat, kebaikan dan kemakmuran.

3. Batik Semen

Bentuk motif batin Semen mengadopsi keindahan alam, flora, dan fauna. Jenis batik ini bisa digunakan di acara apa saja, oleh siapa saja. Sedangkan makna yang terkandung pada motif atik Semen adalah keindahan alam yang ada di Nusantara.

4. Batik Parang Kusumo

Jenis dan makna motif batik di Indonesia asal Solo ini cukup dikenal luas. Motif ombak laut mengandung arti perjuangan hidup, sesuai denganfilosofi yang tergambar dalam ombak yangs eolah menghantam tebing.

Dalam budaya Jawa, perjuangan hidup juga harus senantiasa disandingkan dengan penerapan norma kesopanan dan norma baik lainnya.

(Baca Juga: 6 Motif Batik Paling Populer)

5. Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung juga menjadi jenis dan makna motif batik di Indonesia yang populer. Kain batik ini berasal dari daerah Cirebon.

Motifnya berbentuk awan biru yang berada di langit cerah. Ternyata, makna dari motif batik Mega Mendung adalah cerminan kesabaran manusia yang tidak mudah marah.

6. Batik Sidomukti

Salah satu jenis dan makna motif batik di Indonesia ini berasal dari daerah Magetan dan Solo.

Makna tersembunyi dalam motif berbentuk bambu ini adalah sebuah harapan untuk memperoleh ketenangan lahir dan batin, serta kehidupan yang mulia dan sejahtera.

Nama lain dari batik Sidomukti adalah kain sawitan. Kain batik Sidomukti biasanya dipakai pada upacara adat dan acara penting lainnya.

7. Batik Tujuh Rupa

Pekalongan juga memiliki kain batik dengan motif Tujuh Rupa yang berwarna-warni. Batik ini berasal dari area pesisir Pekalongan, dan biasa dipakai kain sarung, sprei kasur, selendang, dan kegunaan lainnya.

Motif bunga dan dedaunan digambar dengan warna cerah seperti biru, merah muda, ungu, dan hijau.

8. Batik Lasem

Satu lagi batik dari area pesisir yakni Batik Lasem asal Rembang, Jawa Tengah. Warnanya cukup mencolok dengan warna dasar merah, dan motif bunga serta daun berwarna hijau, hitam, jingga dan kuning.

Motif dan warna ini diperkirakan lahir karena perpaduan budaya lokal dan budaya Tiongkok.

Sebab Rembang merupakan salah satu daerah yang disinggahi warga Tionghoa di era Laksamana Cheng Ho. Makna motif batik Lasem adalah simbol persatuan antara dua bangsa.

9. Batik Sekar Jagad

Batik asal Yogyakarta ini memiliki motif yang khas, dengan warna kain cokelat muda. Kata “kar jagad” memiliki arti peta dunia. Sedangkan jenis dan makna motif batik di Indonesia ini mengandung arti keindahan bagi pemakai kain tersebut.

10. Batik Kawung

Jenis dan makna motif batik di Indonesia ini sangat umum digunakan pada kain bawahan alias kain sarung, kain ikat, dan blankon. Kawung sendiri memiliki arti buah kelapa atau kolang-kaling.

Namun, gambar kawung pada kain itu merepresentasikan teratai yang mengandung makna kesucian, keindahan, dan umur yang panjang.

(Baca Juga: Pinjaman Dana untuk Bisnis Kain Tradisional Indonesia)

11. Batik Pekalongan

Pekalongan sebagai sentra perdagangan di Pulau Jawa dan produsen batik terkenal juga memiliki motif khas. Batik Pekalongan memiliki warna cerah yang variatif, serta gambar yang memiliki kesan ceria.

Seperti gambar aneka bunga, dan hewan seperti capung, burung, dan lain-lain. Makna dari motif batik ini menekankan pada unsur keindahan dan kecantikan.

12. Batik Keraton

Ini lah salah satu jenis dan makna motif batik di Indonesia yang sangat eksklusif. Sesuai namanya, dahulu batik Keraton hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan Keraton. Tetapi, sekarang semua orang bisa menggunakan jenis batik ini.

Motifnya mengandung makna keindahan akan seni, kepribadian lingkungan Keraton, etika serta pandangan hidup para Putri Keraton sebagai pencipta motif ini.

13. Batik Jepara

Tak lengkap rasanya jika membahas jenis dan makna motif batik di Indonesia tanpa memasukkan motif batik Jepara.

Motif pada kain menggambarkan keindahan flora dan fauna, seperti dedaunan, gajah, aneka burung, dan lain sebagainya.

Kombinasi warna yang umum ditemui pada batik Jepara adalah cokelat tua, merah, emas, dan krem.

14. Batik Priyangan

Jenis dan makna motif batik di Indonesia selanjutnya adalah batik Priyangan asal Tasikmalaya, Jawa Barat. Bentuk motifnya sangat sederhana, namun memilih warna-warna cerah yang sangat manis.

Rupanya, inilah makna yang terkandung pada motif batik Priyangan. Kain ini merepresentasikan citra perempuan Sunda yang imut, sederhana, prularis, dan terbuka.

15. Batik Sidoasih

Jenis dan makna motif batik di Indonesia yang terakhir adalah batik Sidoasih yang merupakan salah satu batik khas Keraton.

Sesuai dengan kata Sidoasih berarti kasih sayang yang terus menerus, makna dari motif batik ini adalah kehidupan rumah tanggan yang diharapkan selalu penuh kasih sayang.

Tak heran jika kain batik ini sering digunakan oleh pengantin wanita saat upacara pernikahan.

Itulah daftar beragam jenis dan makna motif batik di Indonesia. Belanja kain batik kini makin murah jika kamu memanfaatkan berbagai diskon dari kartu kredit di e-commerce langganan.

Belum punya kartu kredit? Cek saja perbandingan produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu lewat CekAja.com.

Kami akan membantu kamu membandingkan dan memilih kartu kredit yang sesuai dengan keinginan. Limit kartu beragam, cicilan ringan, serta suku bunga kompetitif.

Proses pengajuannya sangat cepat dan mudah karena sistem online. Yuk, mulai cek, bandingkan, dan ajukan kartu kredit untukmu sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah