Jenis-jenis Emas untuk Investasi, Mana yang Jadi Pilihan Terbaik?

Berbicara tentang jenis-jenis emas untuk investasi, sebenarnya ada banyak sekali jenis emas terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Contohnya seperti emas batangan, dinar emas, koin emas, hingga yang paling banyak dipilih, yaitu emas perhiasan.

Jenis-jenis Emas untuk Investasi, Mana yang Jadi Pilihan Terbaik?

Semua jenis emas itu sering dijadikan investasi karena menguntungkan. Namun, selain itu masih banyak lagi jenis-jenis emas untuk investasi lainnya, yang juga tak kalah menarik dan cocok untuk dijadikan pilihan.

Jika kamu ingin tahu jenis-jenis emas untuk investasi tersebut, pada artikel kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Mengenal Emas sebagai Investasi Terbaik

Sebelum kamu tahu lebih jauh tentang jenis-jenis emas untuk investasi, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar terkait emas, dan mengapa barang tersebut menjadi salah satu pilihan investasi terbaik.

Jadi seperti yang diketahui, emas merupakan logam mulia yang memiliki warna kuning gelap dan berkilau.

Umumnya, emas dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai bentuk perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung, anting dan lain sebagainya.

Dalam perhiasan sendiri, emas memiliki nilai yang sangat tinggi. Sehingga, penggunanya merasa seperti memiliki kebanggaan tersendiri, ketika menggunakan perhiasan emas.

Hal itu pula yang menjadi salah satu dasar mengapa emas, termasuk perhiasan emas, sering dijadikan sebagai investasi terbaik.

Karena selain memiliki tampilan yang sangat indah, perhiasan pun memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan cenderung stabil.

Apalagi, emas juga sering dikaitkan dengan simbol kekayaan. Ketika kamu memiliki sejumlah perhiasan emas maupun komoditas emas murni, maka kamu sudah melakukan investasi emas terbaik untuk masa depan.

Tetapi, investasi emas kini cakupannya sudah sangat luas. Bentuk emas yang bisa diinvestasikan pun tidak hanya berupa perhiasan dan emas murni saja, namun juga bisa dalam bentuk koin emas, sertifikat, reksadana, saham perusahaan pertambangan emas dan lain sebagainya.

Semua itu bisa dijadikan sebagai investasi terbaik, apabila diatur dan dikelola dengan baik, agar nantinya menguntungkan untuk masa depan.

(Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan)

Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengenal emas sebagai investasi terbaik, maka kali ini kamu akan mengetahui jenis-jenis emas untuk investasi yang bisa dijadikan pilihan.

Karena, jenis-jenis emas untuk investasi pada dasarnya ada sangat banyak. Beberapa di antaranya pun sudah sempat disinggung di awal pembahasan, seperti emas batangan, emas perhiasan, koin emas, dan dinar emas.

Tetapi tidak hanya itu, sebab jenis-jenis emas untuk investasi masih banyak lagi, yang di antaranya akan diulas lengkap sebagai berikut.

1. Emas Batangan

Emas Batangan - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Satu dari sekian jenis-jenis emas untuk investasi yang paling banyak diinginkan, yaitu emas batangan. Hal itu karena, jenis emas ini sifatnya tetap dan tidak berubah.

Terlebih, emas batangan pun sangat mudah dijual, ketika kamu sedang membutuhkan uang dalam waktu mendesak.

Emas batangan ini sejatinya bentuk investasi yang sangat aman dan menguntungkan, baik itu untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Emas Perhiasan

Emas Perhiasan - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Berikutnya ada emas perhiasan, yang juga masuk ke dalam daftar jenis-jenis emas untuk investasi terbaik, menurut CekAja.com.

Bisa dibilang, emas perhiasan merupakan jenis emas yang seringkali dipilih oleh para ibu-ibu, selain emas batangan.

Hal tersebut dikarenakan, emas perhiasan bisa didapatkan dengan mudah di toko emas. Namun sayang, pembelian emas perhiasan untuk investasi kurang dianjurkan, apabila tujuannya untuk investasi jangka pendek.

Akan lebih baik, jika emas perhiasan dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, keuntungan yang didapat dari emas perhiasan kurang menjanjikan.

Salah satu alasannya, yaitu ketika membeli perhiasan emas, kamu tidak hanya membayar harga emasnya saja, namun juga harga untuk ongkos pembuatannya.

Apabila suatu saat kamu kembali ke toko emas untuk menjual perhiasan emas tersebut, maka toko biasanya tidak akan mau membayar ongkos pembuatannya. Toko hanya akan membayar harga emasnya saja.

Oleh karena itu, jika memang ingin menjadikan emas perhiasan sebagai investasi, maka jadikanlah itu sebagai investasi jangka panjang, bukan jangka pendek yang keuntungannya kurang menjanjikan.

3. Dinar Emas

Dinar Emas - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Buat kamu yang belum tahu tentang dinar emas, ini sejatinya merupakan satu dari sekian banyak jenis-jenis emas untuk investasi yang bisa dijadikan pilihan.

Dinar emas juga merupakan koin, atau keeping emas yang zaman dahulu sering digunakan sebagai alat transaksi.

Tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, kegunaan dinar emas pun ikut bergeser. Benda berharga yang satu itu, lebih digunakan sebagai sarana investasi menguntungkan.

Pasalnya, dinar emas cenderung lebih aman dari gejolak inflasi, dan keberadaannya bisa mengikuti nilai mata uang asing.

4. Koin Emas

Koin Emas - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Selain dinar emas, ada juga koin emas yang menempati bagian dalam jenis-jenis emas untuk investasi versi CekAja.com.

Koin emas yang dimaksud di sini adalah koin emas ONH (Ongkos Naik Haji), karena memang ditujukan untuk orang-orang yang ingin memiliki tabungan persiapan ibadah haji.

Meski tujuan dari investasi emas ini berbeda dari yang lainnya, namun harga emas ini sama seperti jenis emas lain yang juga mengikuti harga mata uang asing, dan relatif aman terhadap inflasi.

5. Emas Kuno

Emas Kuno - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Menyinggung soal emas kuno, mungkin sebagian dari kamu bertanya, “apakah keberadaan emas kuno, kini bisa dijadikan investasi terbaik?”, jawabannya tentu sangat bisa.

Hal itu karena, emas kuno memiliki nilai sejarah yang sangat kuat dan berharga, sehingga nilai jualnya pun sangat tinggi.

Menariknya, selain bisa dijadikan sebagai investasi, emas kuno pun cocok untuk dijadikan koleksi barang-barang berharga.

6. Emas Lokal

Emas Lokal - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Jenis-jenis emas untuk investasi terbaik versi CekAja.com yang terakhir, yaitu emas lokal. Jenis emas ini, merupakan emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri rumah tangga, maupun industri kecil lainnya yang ada di suatu daerah.

Oleh karena itu, jangan heran apabila harga emas lokal di setiap daerah berbeda-beda. Sebab, harga tersebut menyesuaikan dengan tingkat kemurnian emas masing-masing daerah.

Bentuk Investasi Emas Lainnya yang Menguntungkan

Sepertinya belum lengkap, apabila kamu hanya mengetahui informasi seputar jenis-jenis emas untuk investasi, namun tidak mengetahui bentuk investasi emas lainnya.

Pasalnya, bentuk investasi emas yang menguntungkan ada sangat banyak, dan tidak berbentuk fisik seperti enam jenis emas yang dibahas sebelumnya.

Lantas, apa saja bentuk investasi emas yang dimaksud tersebut? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sertifikat Emas

Bentuk investasi emas yang menguntungkan pertama, yaitu sertifikat emas. Ini merupakan salah satu bentuk investasi emas, yang ditunjukkan dalam bentuk selembar kertas dan menjadi bukti kepemilikan atas emas yang tersimpan di bank suatu negara.

Sertifikat emas ini, umumnya tidak dijadikan sebagai investasi utama. Melainkan, dijadikan sebagai alternatif investasi yang tidak mengeluarkan biaya penyimpanan emas, sehingga benar-benar menguntungkan.

Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Tidak hanya sertifikat emas, saham perusahaan pertambangan emas pun menjadi pilihan investasi emas terbaik, terutama ketika kondisi pasar emas sedang naik.

Karena dalam kondisi tersebut, harga saham perusahaan akan ikut bergerak naik jauh lebih cepat, dibandingkan harga emas fisik.

Tetapi perlu diketahui, kalau investasi saham perusahaan pertambangan emas ini pasti memiliki risiko yang cukup tinggi, mengingat keuntungan yang bisa dihasilkan pun sangat besar.

Reksadana Emas

Selanjutnya ada reksadana emas. Ini adalah bentuk investasi emas yang unik, karena tanpa menyimpan emas fisik, kamu selaku investor bisa memetik keuntungan besar.

Apalagi, transaksinya sendiri dilakukan oleh perusahaan pertambangan emas, sehingga investor tidak direpotkan dalam hal apapun.

Reksadana pun ternyata tidak hanya ditanamkan dalam perdagangan emas fisik, namun juga diikutsertakan dalam transaksi saham perusahaan pertambangan emas. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Kontrak Emas Berjangka

Bisa dibilang, ini adalah salah satu bentuk investasi emas paling unik. Karena dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, emas bisa diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka.

Di mana, seseorang tidak lagi harus memegang bentuk fisik emas sebagai bukti investasi. Mereka hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan saja.

Direct Selling atau MLM Emas

Meski terdengar asing dan mungkin banyak orang awam tidak tahu, direct selling atau MLM Emas adalah bentuk investasi emas yang bisa dilakukan melalui jaringan perusahaan penjualan langsung atau MLM.

Jenis investasi ini sebenarnya cukup menguntungkan, hanya saja di Indonesia sendiri masih banyak perusahaan yang menyalahgunakan cara ini untuk hal-hal yang tidak benar.

ETF Emas

Jenis investasi emas terakhir yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Exchange Traded Fund (ETF) Emas, atau yang juga dikenal dengan trading emas.

Sebenarnya, ETF tidak jauh berbeda dengan reksadana, karena perbedaannya hanya terletak pada transaksinya yang dilakukan melalui lantai bursa, dan memiliki prosedur yang lebih rumit dibandingkan jual beli emas secara fisik.

(Baca Juga: Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik)

Itulah jenis-jenis emas untuk investasi, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Semua jenis emas tersebut, tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang maupun jangka pendek.

Dan untuk jenis emasnya sendiri, bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Hanya saja, jika investasi emas dirasa terlalu berat untuk dilakukan saat ini, kamu bisa memilih bentuk investasi lainnya, seperti tabungan uang tunai misalnya.

Tabungan ini bisa menjadi investasi jangka pendek maupun jangka panjang, sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Kamu pun kini bisa membuat tabungan secara online melalui situs perbandingan, seperti CekAja.com.
Karena di sana, proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, sebab CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pembuatan tabungan melalui CekAja.com sekarang juga!