Jenis-jenis Emas untuk Investasi, Mana yang Jadi Pilihan Terbaik?

Emas seringkali dipilih sebagai salah satu bentuk investasi. Tapi tahukah kamu bahwa terdapat banyak jenis emas?

Jenis-jenis Emas untuk Investasi, Mana yang Jadi Pilihan Terbaik?

Emas batangan atau perhiasan emas seringkali menjadi pilihan utama untuk berinvestasi. Apa saja jenis emas tersebut? Yuk simak di bawah ini!

(Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan)

Jenis-jenis Emas untuk Investasi

1. Emas Batangan

Emas Batangan - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Seperti yang sudah kamu ketahui, emas batangan merupakan bentuk investasi emas yang banyak dipilih. Hal ini dikarenakan emas batangan memiliki sifat tetap dan tak berubah. Emas batangan juga merupakan bentuk emas yang paling mudah untuk dijual-belikan.

2. Emas Perhiasan

Emas Perhiasan - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Selain emas batangan, perhiasan emas juga menjadi jenis investasi yang banyak dipilih. Sayangnya, perhiasan emas ini sebenarnya kurang dianjurkan sebagai bentuk investasi. Karena kamu tak hanya dikenakan harga emas tetapi juga ongkos pembuatan. 

Selain itu, saat menjual kamu juga akan dikenakan biaya susut sehingga alih-alih mendapatkan keuntungan, kamu malah mendapatkan pengurangan harga jual.

3. Dinar Emas

Dinar Emas - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Dinar emas atau koin keping emas yang digunakan sebagai alat transaksi. Namun, di Indonesia, dibandingkan menjadi alat transaksi, dinar lebih banyak digunakan sebagai alat investasi. Serupa dengan emas batangan, dinar juga banyak dipilih sebagai bentuk investasi jangka panjang.

4. Emas Kuno

Emas Kuno - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Bagi kolektor barang antik, mungkin tak lagi asing dengan emas kuno sebagai investasi. Jangan salah, emas kuno memiliki nilai sejarah yang tinggi serta berharga, sehingga tak jarang memiliki nilai jual yang juga tinggi.

5. Emas Lokal

Emas Lokal - Jenis-jenis Emas untuk Investasi

Jenis-jenis emas untuk investasi terbaik yang terakhir adalah emas lokal. Emas lokal merupakan emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri rumah tangga.

Harga emas lokal biasanya berbeda-beda tiap daerah karena menyesuaikan dengan tingkah kemurnian emas pada masing-masing daerah.

Bentuk Investasi Emas Lainnya yang Menguntungkan

Investasi emas tak hanya dapat dilakukan dengan emas yang memiliki bentuk fisik! Karena saat ini, selain emas dalam bentuk fisik, sudah banyak pula metode investasi emas lain yang dapat kamu pilih.

Lantas, apa saja bentuk investasi emas yang tersebut? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sertifikat Emas

Bentuk investasi emas yang menguntungkan pertama, yaitu sertifikat emas yang merupakan bukti kepemilikan emas yang disimpan di bank.

Sertifikat emas ini, umumnya tidak dijadikan sebagai investasi utama. Namun, karena investasi yang satu ini tak membutuhkan biaya penyimpanan, keuntungan yang ditawarkan dapat menjadi lebih besar.

Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Tidak hanya sertifikat emas, saham perusahaan pertambangan emas pun menjadi pilihan investasi emas terbaik, terutama ketika kondisi pasar emas sedang naik.

Karena dalam kondisi tersebut, harga saham perusahaan akan ikut bergerak naik jauh lebih cepat, dibandingkan harga emas fisik.

Seperti hal nya saham pada umumnya, saham perusahaan emas juga memiliki risiko yang lebih tinggi karena bergantung dengan kondisi pasar.

Reksadana Emas

Selanjutnya ada reksadana emas. Ini adalah bentuk investasi emas yang unik, karena tanpa menyimpan emas fisik, kamu selaku investor bisa memetik keuntungan besar.

Apalagi, transaksinya sendiri dilakukan oleh perusahaan pertambangan emas, sehingga investor tidak direpotkan dalam hal apapun.

Reksadana pun ternyata tidak hanya ditanamkan dalam perdagangan emas fisik, namun juga diikutsertakan dalam transaksi saham perusahaan pertambangan emas. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Kontrak Emas Berjangka

Bentuk investasi emas yang satu ini adalah salah satu bentuk investasi emas paling unik. Karena dengan kontrak emas berjangka, kamu tak lagi harus memegang emas dalam bentuk fisik. Kamu hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan emas saja!

Direct Selling atau MLM Emas

Meski terdengar asing dan mungkin banyak orang awam tidak tahu, direct selling atau MLM Emas adalah bentuk investasi emas yang dilakukan melalui jaringan perusahaan penjualan langsung atau MLM.

Jenis investasi ini sebenarnya cukup menguntungkan, hanya saja di Indonesia sendiri masih banyak perusahaan yang menyalahgunakan cara investasi ini.

ETF Emas

Jenis investasi emas terakhir yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Exchange Traded Fund (ETF) Emas, atau yang juga dikenal dengan trading emas.

Tak jauh berbeda dengan reksadana, perbedaan utama ETF hanya terletak pada transaksinya yang dilakukan melalui lantai bursa, dan memiliki prosedur yang lebih rumit dibandingkan jual beli emas secara fisik.

(Baca Juga: Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik)

Itulah jenis-jenis emas untuk investasi, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Semua jenis emas tersebut, tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang maupun jangka pendek.

Masih merasa kesulitan atau ragu untuk investasi emas? Tak usah pusing! kamu bisa memilih bentuk investasi lainnya, seperti tabungan uang tunai misalnya.

Tabungan ini bisa menjadi investasi jangka pendek maupun jangka panjang sesuai dengan kebutuhan. Buat rekening tabungan investasi kamu di CekAja.com! Berikut rekomendasinya:

Karena di sana, proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, sebab CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pembuatan tabungan melalui CekAja.com sekarang juga