Jurusan Paling Favorit di SNMPTN, Pilihanmu Termasuk?

3 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, memang menjadi salah satu impian, bagi para calon mahasiswa. Terlebih, beberapa universitas negeri di Indonesia dikenal memiliki jurusan bagus, sehingga banyak calon mahasiswa bersaing memperebutkan jurusan paling favorit di SNMPTN, atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tersebut.

Selain memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni, PTN juga menawarkan biaya pendidikan yang lebih rendah, ketimbang perguruan tinggi swasta berakreditasi A. Jalur SNMPTN sendiri merupakan sebuah cara untuk para calon mahasiswa, untuk bisa masuk ke univesitas negeri serta jurusan pilihan mereka, berdasarkan nilai akademik di sekolah.

Selain itu, jalur yang memiliki banyak peminat untuk masuk PTN ini, ternyata bisa dijadikan sebagai patokan, terkait jurusan yang paling diminati para calon mahasiswa. Sehingga, dari jalur ini, kita juga bisa melihat jurusan paling favorit di SNMPTN di setiap tahunnya.

Informasi terkait jurusan paling favorit di SNMPTN, juga bisa memberikan gambaran untuk para calon mahasiswa, agar mereka bisa bersaing di jurusan yang akan dituju.

Pasalnya, jurusan favorit tentunya akan memiliki jumlah pendaftar terbanyak. Sehingga, jika kamu memilih jurusan paling favorit di SNMPTN, itu artinya persaingan akan lebih berat, ketimbang memilih jurusan yang minim peminat.

Informasi ini juga bisa digunakan sebagai ancang-ancang, agar kamu tidak sia-sia memilih jurusan yang memiliki peluang kecil. Nah, daripada salah memilih jurusan di SNMPTN tahun 2020 nanti, tidak ada salahnya untuk kembali melihat jurusan apa saja yang memiliki tingkat persaingan tinggi di SNMPTN tahun sebelumnya.

Data Pendaftar SNMPTN Tahun 2019

Dihimpun dari laman Kompas.com, berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT tahun 2019, setidaknya ada 92.331 siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019. Untuk jumlah pendaftarnya sendiri adalah total sebanyak 478.608 siswa, termasuk 26.217 siswa, yang di antaranya merupakan penerima beasiswa Bidikmisi.

Lalu apa saja jurusan paling favorit di SNMPTN tahun 2019 kemarin? Untuk lebih jelas terkait jurusan paling favorit di SNMPTN 2019, berikut masing-masing 10 jurusan saintek (sains dan teknologi) dan soshum (sosial humaniora) yang paling difavoritkan.

10 Jurusan Saintek Paling Favorit di SNMPTN 2019

1. Jurusan Teknik Informatika di Universitas Padjajaran: 1,39 %
2. Jurusan Teknik Informatika di Universitas Hasanuddin: 1,71 %
3. Jurusan Farmasi Unversitas Jenderal Soedirman: 1,77 %
4. Jurusan Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soerdirman: 1,80 %
5. Jurusan Farmasi Universitas Padjajaran: 1,80 %
6. Jurusan Farmasi Universitas Syah Kuala: 1,81 %
7. Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro: 1,82 %
8. Jurusan Psikologi Universitas Padjajaran: 1,83 %
9. Jurusan Ilmu Gizi Universitas Jenderal Soedirman: 1,86 %
10. Jurusan Keperawatan UPN Veteran Jakarta: 1,99 %

10 Jurusan Soshum Paling Favorit di SNMPTN 2019

1. Jurusan Manajemen di Universitas Negeri Jakarta: 0,71 %
2. Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta: 1,16 %
3. Jurusan Akutansi di Universitas Negeri Jakarta 1,17 %
4. Jurusan Manajemen di Universitas Padjajaan: 1,30 %
5. Jurusan Pendidikan Suru SD di Universitas Sriwijaa: 1,32 %
6. Jurusan Sastra Inggris di Universita Negeri Jakarta: 1,55 %
7. Jurusan Pariwisata di Universitas Gadjah Mada: 1,72 %
8. Jurusan Manajeman di Universitas Negeri Yogyakarta: 1,90 %
9. Jurusan Hubungan Internasonal di Universitas Gadjah Mada 1,91 %
10. Jurusan Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Jakarta: 1,92 %

Cara Daftar SNMPTN 2020, Mulai dari Registrasi Akun LTMPT Hingga Cetak Kartu

Setelah kamu mengetahui jurusan apa yang paling diminati atau yang paling favorit, sekarang saatnya kamu mempersiapkan diri, dengan cara mengetahui cara daftar SNMPTN tahun 2020. Pasalnya, LTMPT telah membuka pendaftaran SNMPTN tahun 2020 pada 2 Desember 2019 kemarin.

Pasalnya, untuk para calon mahasiswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2020 maupun SBMPTN 020, wajib melakukan registrasi akun LTMPT di sini. Berikut tahapan pendaftaran SNMPTN:

  • Bagi siswa pendaftar yang telah memenuhi kriteia pemeringkatan oleh sekolah, bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2020 dengan menggunakan email dan password login ke lama LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id)
  • Selanjutnya, siswa pendaftar mengisi biodata sebagai berikut:
    a. Pilihan PTN
    b. Pilihan program studi
    c. Unggah pas photo resmi dan terbaru
    d. Unggah dokumen prestasi tambahan (jika ada)
  • Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah, menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Selanjutnya, siswa pendaftar, bisa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Cari tahu juga informasi terkait pinjaman dana pendidikan, demi menggapai impian kuliah di PTN terbaik dan jurusan terfavorit, hanya di CekAja!