Jurusan Paling Favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek Dan Soshum

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Nama Universitas Sriwijaya kini makin dikenal dengan peminat yang banyak. Berikut jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum 2020 untuk kamu yang akan masuk kuliah tahun ini.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek Dan Soshum

Sekilas Tentang Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya atau biasa disebut juga dengan Unsri adalah sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang sudah ada sejak 29 Oktober 1960 di Provinsi Sumatera Selatan. Ada dua kampus atau Gedung besar yang dimiliki, yakni kampus yang berlokasi di Kota Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) dan di kawasan Bukit Besar (Kota Palembang).

Ada total 56 jurusan yang tersedia di universitas ini untuk tingkat S1. Beberapa di antaranya menjadi jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya dengan jumlah peminat yang terus bertambah.

Juga ada puluhan jurusan lain untuk tingkat Diploma, Profesi, S2, S3, dan Spesialis. Untuk akreditasi, sebagian besar jurusan di Universitas Sriwijaya mengantongi Akreditasi A dan B dari Badan Akreditasi Nasional.

Universitas Sriwijaya juga mencetak alumnus terbaik, bahkan menjadi tokoh terkenal di Indonesia. Sebut saja Antasari Azhar (Mantan Ketua KPK), Taufiq Kiemas (Mantan Ketua MPR RI), Marzuki Alie (Mantan Ketua DPR RI), Elfin Pertiwi Rappa (Runner-Up I Puteri Indonesia 2014), dan masih banyak lagi.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek Dan Soshum

Jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum banyak disasar para calon mahasiswa. Selain banyak yang sudah mendapatkan Akreditasi A dan B, letak Universitas Sriwijaya yang berada di tengah Pulau Sumatera menarik minat mahasiswa rantau.

Berikut daftar jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum yang bisa menjadi pilihanmu. Perlu diketahui, daftar ini tidak berurutan atau memberi peringkat berdasarkan posisi urutan daftar jurusan favorit.

Juga, data ini berdasarkan analisa dari jumlah peminat tahun ajaran 2019/2020 yang diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan tahun ajaran 2020/2021.

1. Pendidikan Dokter (Kedokteran)

Passing grade: 47,80%

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum yang pertama adalah Jurusan Pendidikan Dokter. Persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangat ketat. Di tahun 2019, ada total 1.609 pendaftar yang memperebutkan kursi mahasiswa yang hanya tersedia 125 kursi.

2. Farmasi

Passing grade: 31,20%

Akreditasi: B

Selanjutnya, ada Jurusan Farmasi yang mempelajari seluk-beluk tentang racikan obat-obatan serta penggunaannya. Jumlah peminat jurusan favorit ini tahun 2019 lalu adalah 1.190 orang dari jumlah kursi yang tersedia 60 kursi.

3. Teknik Sipil

Passing grade: 27,60%

Akreditasi: A

Jika kamu berminat untuk mempelajari pembangunan ilmu bangunan, jurusan favorit di Universitas Sriwijaya ini sangat cocok. Tingkatkan kemampuan intelegensi mu, sebab tahun lalu ada total 1000 peminat yang memperebutkan 70 bangku mahasiswa baru untuk jurusan ini.

4. Teknik Informatika

Passing grade: 38,60%

Akreditasi: B

Tenaga ahli dari Jurusan IT diprediksi akan banyak dibutuhkan di masa depan. Tak heran jika di Universitas Sriwijaya, jurusan ini punya banyak peminat. Tahun lalu, perbandingan kesempatan masuk jurusan Teknik Informasi adalah 1:10.

5. Kesehatan Masyarakat

Passing grade: 29,60%

Akreditasi: B

Sedangkan untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat, jumlah peminat tahun lalu ada sebanyak 1.061 orang yang memperebutkan 110 kursi. Tahun 2020 ini, bukan tidak mungkin jumlah peminatnya akan lebih banyak.

(Baca Juga: 10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia Jurusan Saintek dan Soshum)

6. Teknik Pertambangan

Passing grade: 35,80%

Akreditasi: B

Jurusan Teknik Pertambangan mempelajari teknik eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam dan mineral. Indonesia sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam dan mineral pasti membutuhkan banyak lulusan Jurusan Teknik Pertambangan.

7. Sistem Informasi

Passing grade: 25,60%

Akreditasi: B

Gaji dari pekerjaan Jurusan Sistem Informasi digadang-gadang akan terus naik seiring dengan kebutuhan tenaga ahlinya. Nah, buat kamu yang mau bekerja di bidang komputer dan sistem, jurusan ini bisa menjadi pilihan.

8. Agribisnis

Passing grade: 25,80%

Akreditasi: A

Jurusan Agribisnis Universitas Sriwijaya adalah jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Biologi. Kamu akan mempelajari bisnis dari hasil pertanian. Selain menjadi entrepreneur yang bermanfaat, lulusan jurusan ini juga akan membantu para petani di seluruh daerah.

9. Manajemen

Passing grade: 32,10%

Akreditasi: A

Salah satu jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum adalah Manajemen. Persaingan untuk masuk ke jurusan yang mempelajari pengelolaan perusahaan atau organisasi ini cukup ketat.

Tahun lalu, jumlah peminat ada sebanyak 1.503 orang, padahal ketersediaan kuota hanya ada 100 kursi untuk mahasiswa baru.

10. Ilmu Hukum

Passing grade: 25,40%

Akreditasi: A

Sejak dulu, Jurusan Ilmu Hukum memang banyak diminati, termasuk di Universitas Sriwijaya. Kualitasnya terbilang baik dengan Akreditasi A. Salah satu lulusan hebat dari jurusan ini adalah sosok Antasari Azhar.

11. Akuntansi

Passing grade: 35,60%

Akreditasi: B

Jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya tahun lalu menyediakan 100 kursi untuk mahasiswa baru. Namun, jumlah peminatnya hampir 10 kali lipat yakni sebanyak 920 peminat.

12. Ilmu Administrasi Negara

Passing grade: 33,50%

Akreditasi: A

Dengan raihan label Akreditasi A, Jurusan Ilmu Administrasi Negara di Universitas Sriwijaya jadi makin populer dibidik calon mahasiswa. Jurusan ini berada dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Perbandingan kemungkinan untuk masuk jurusan dengan passing grade tinggi ini adalah 1:9.

13. PGSD

Passing grade: 30,20%

Akreditasi: B

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) juga memiliki peminat yang tinggi. Ketersediaan karir untuk lulusan ini juga terbilang berpeluang besar, sebab industri pendidikan di Indonesia yang semakin berkembang.

14. Ilmu Komunikasi

Passing grade: 38,98%

Akreditasi: B

Ilmu Komunikasi mengkaji bentuk-bentuk komunikasi dari hubungan antar-manusia. Lulusannya bisa bekerja di bidang humas, industri periklanan, media, dan lain sebagainya.

Tahun lalu, jurusan yang satu ini memiliki jumlah peminat 1.356 dari total kursi yang disediakan sebanyak 150 kursi.

15. Sosiologi

Passing grade: 21,50%

Akreditasi: A

Ini dia jurusan dengan akreditasi A namun nilai passing grade-nya tidak terlalu tinggi. Materi pelajaran Sosiologi bisa diaplikasikan di banyak bidang kerja.

Perbandingan kemungkinan untuk lolos ke Jurusan Sosiologi adalah 1:11, dimana jumlah peminat tahun lalu sebanyak 1.116 dan jumlah kursi tersedia adalah 100 kursi.

16. Ekonomi Pembangunan

Passing grade: 28,60%

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum yang terakhir adalah Jurusan Ekonomi Pembangunan. Yakni dengan jumlah peminat 862 orang, dari ketersediaan kursi untuk 100 mahasiswa baru.

Cari biaya tambahan kuliah kini enggak perlu ribet lagi. Kamu bisa ajukan KTA cicilan ringan untuk berbagai kebutuhan melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah