Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kamu yang Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu, Ini Trik Anti Boros untuk Menggunakannya

by Rafly Aditia on 19 April, 2016

daftar kartu kredit online - CekAja.com

Dalam dunia perencanaan keuangan, kartu kredit sering diibaratkan pisau bermata dua. Apabila digunakan dengan baik, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Tetapi, kalau tidak digunakan dengan bijak, justru bisa mendatangkan bencana keuangan.

Untuk kamu yang punya kartu kredit lebih dari satu, diperlukan trik dalam menggunakan kartu saktimu tersebut agar tidak boros. Caranya mudah, kok. Cukup patuhi lima aturan ini, kamu yang punya banyak kartu kredit bisa terhindar dari boros.

Maksimal dua kartu kredit

Agar tidak terjebak utang yang menumpuk akibat keseringan gesek kartu kredit sana sini, batasi kepemilikan kartu kredit paling banyak dua buah saja. Mengapa? Karena semakin banyak kartu kredit yang menghuni dompet, kamu akan semakin tergoda untuk belanja berlebihan. Hasilnya justru kamu akan dikejar utang yang menumpuk karena tidak mampu membayar. Jadi, kendalikan keinginan untuk memiliki kartu kredit lebih banyak.

Jangan berikan pada orang lain

Kalau kamu punya pasangan, sahabat atau anak sekalipun, sebisa mungkin jangan berikan kartu kredit kamu kepada mereka apa pun alasannya. Mengapa demikian? Karena kamu tidak tahu, apa yang akan mereka lakukan dengan kartu kredit tersebut.

Bisa saja mereka menggunakannya untuk berbelanja barang-barang tidak penting. Padahal kamu yang menanggung beban utangnya, belum tentu akan menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang tersebut.

 Kartu-kredit-syariah

Atur limit dengan bijak

Dengan gaji Rp 3 juta hingga Rp 10 juta, idealnya kamu hanya punya dua kartu kredit. Kedua kartu tersebut seharusnya sudah cukup memenuhi kebutuhan kamu untuk bertransaksi. Tetapi ingat untuk tidak mengajukan permohonan limit kartu kredit di luar batas kemampuan kamu. Cukup miliki limit dua kali gaji bulanan saja untuk mencegaj pengeluaran kamu membengkak nantinya. Jangan sampai kamu kebanyakan utang hingga pasak lebih besar daripada tiang.

(Baca juga: 5 Tindakan yang Bisa Membuat Kamu Tertular Jadi Kaya)

Lakukan bujeting

Ketika sedang belanja atau sekadar jalan-jalan di mal, tentu godaan untuk membeli banyak barang dengan kartu kredit sangat besar. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan budgeting penggunaannya.

Misalnya, limit yang kamu miliki adalah Rp 10 juta, penggunaan maksimal hanya boleh sebesar Rp 5 juta saja. Terkecuali ada hal mendesak dan memang benar-benar dibutuhkan, baru kamu boleh menggunakan sampai dengan batas maksimal.

KUis Kartu Kredit - CekAja.com

Manfaatkan promo dan diskon

Terakhir, setiap kartu kredit pasti memiliki promo dan diskon di beberapa merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu. Sebaiknya, ketika belanja atau makan di restoran kamu lihat apakah ada promo ataupun diskon jika bertransaksi dengan kartu kredit milikmu. Tentunya kamu jadi menghemat pengeluaran dan dapat menyimpan selisihnya untuk menambah tabungan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami