Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ke Bali, Dana Sendiri Vs Paket Wisata, Mana Lebih Hemat?

by Kartika Ratnasari on 13 Agustus, 2017

traveling hemat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Banyak wisatawan yang berlibur ke Bali menggunakan agen wisata. Jika dibandingkan dengan perencanaan sendiri, mana yang lebih hemat?

Rutinitas pekerjaan dan segala tuntutan hidup tentu membuat pikiran penat. Meski libur panjang masih cukup jauh, tak ada salahnya untuk merencanakan perjalanan liburan dari sekarang. Siapa tahu hanya dengan membayangkannya, beban pikiran bisa hilang sejenak. Tapi sebelumnya, pastikan dulu kita sudah memiliki destinasi tujuan untuk liburan.

Jika berencana pergi saat libur akhir tahun dan belum menyiapkan bujet besar, sebaiknya cukup berwisata di dalam negeri saja. Selain biayanya cenderung lebih sedikit, kita akan lebih mudah dalam melakukan perencanaan.

Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah Bali. Selain tak jauh dari Pulau Jawa, Bali masih menyimpan banyak keindahan tersembunyi yang harus dijelajahi. Ketika menyusun rencana liburan, tak jarang muncul pertanyaan, lebih menguntungkan perjalanan pribadi atau menggunakan paket wisata? Jika dilihat dari segi bujet dan waktu, merencanakan perjalanan sendiri akan lebih menguntungkan.

Berlibur ke Bali Tanpa Paket Wisata Bisa Lebih Menguntungkan

Salah satu alasan para wisatawan lebih memilih untuk ikut paket wisata adalah kepraktisan. Cukup mengeluarkan dana, kita tak perlu memikirkan akomodasi, penginapan, hingga jadwal perjalanan karena semua keperluan liburan telah diatur oleh agen wisata. Karena itu pula, biaya liburan dengan menggunakan jasa agen wisata akan lebih mahal ketimbang mengurusnya sendiri.

Jika mau repot sedikit, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengatur perjalanan sendiri. Selain jauh lebih hemat, kita lebih puas dan fleksibel ketika menelusuri destinasi. Inilah yang membuat liburan dengan perencanaan pribadi lebih menguntungkan ketimbang menggunakan agen wisata:

  1. Bisa Manfaatkan Promo Membeli Tiket Pesawat ke Bali

Bali menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan domestik dan wisatawan asing, tak heran banyak maskapai yang memberi promo besar untuk perjalanan ke sana. Jika dulu harga tiket pesawat ke Bali bisa mencapai jutaan rupiah untuk sekali jalan. Tapi saat ini banyak sekali yang memberi harga di kisaran ratusan ribu rupiah untuk rute pulang pergi. Namun, biasanya promo besar ini tak berlaku di musim liburan.

Untuk yang berencana pergi ke Bali ketika libur panjang, tenang saja. Masih banyak cara untuk bisa mendapatkan tiket murah, salah satunya dengan menggunakan promo kartu kredit. Banyak maskapai yang bekerja sama dengan layanan jasa kartu kredit. Kita berpotensi untuk mendapat harga spesial yang tentunya bikin lebih hemat.

Keuntungan ini hanya bisa didapatkan dengan merencanakan perjalanan sendiri. Biasanya agen paket wisata Bali menawarkan paket liburan saat musim padat kunjungan. Jadi akan lebih sulit untuk mencari tiket murah.

  1. Mendapatkan Hotel di Bali dengan Harga Terbaik

Di Bali banyak sekali tersebar hotel-hotel, mulai dari yang paling mewah hingga paling murah, dan berlokasi di tempat pada wisatawan hingga tempat terpencil sekalipun. Kebanyakan agen paket wisata bekerja sama dengan beberapa hotel, sehingga seluruh peserta tur akan dibawa menginap di hotel tersebut. Jika pergi ke Bali tanpa mengikuti paket wisata, kita bisa mencari hotel dengan harga paling sesuai bujet. Untuk mendapat harga terbaik, gunakan jasa pemesanan hotel online dan membandingkannya terlebih dahulu.

Ditambah lagi, jasa pemesanan hotel online biasanya memberi diskon tambahan yang bisa bikin makin hemat. Atau jika  baru mau mencari hotel setibanya di Bali, kunjungi kawasan padat wisatawan seperti Kuta. Penginapan mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per malam bia ditemukan di sana.

  1. Bebas Menentukan Destinasi

Apa yang mau dilakukan di Bali? Menantang adrenalin dengan melakukan watersport di Tanjung Benoa? Bersantai di pinggir pantai tersembunyi? Atau hanya menikmati fasilitas hotel? Apapun tujuannya, tak ada jadwal yang harus diikuti seperti jika kita menjadi peserta paket wisata.

Tak ada yang bisa memprediksi jika sakit tiba-tiba melanda, atau mood untuk bepergian jauh seketika hilang. Ketika terjadi hal seperti itu, tak perlu merasa menyesal karena tidak maksimal saat menjelajah destinasi.

Lain hal jika menjadi peserta paket wisata. Biaya yang dibayarkan di awal biasanya sudah termasuk tiket menuju objek wisata, jadi mau tak mau harus mengikuti jadwal yang telah disusun oleh mereka jika tak mau rugi.

Widget TRV Insurance

  1. Bebas Berkeliling Bali Menggunakan Motor atau Mobil Sewaan

Transportasi umum di Bali jumlahnya sangat terbatas. Apabila memiliki anggaran cukup besar untuk liburan ke Bali, kita bisa menggunakan taksi lokal. Namun selain lebih mahal, naik taksi akan membuatmu kurang fleksibel untuk mengelilingi Bali.

Apabila liburan bersama rombongan, kita bisa menyewa mobil. Pilihan mobilnya beragam, biasanya dihargai mulai dari Rp 200 ribu per mobil, belum termasuk bensin. Kita juga bisa menyewa jasa supir yang sudah satu paket dengan sewa mobil.

Namun jika hanya sendiri atau berdua, motor bisa jadi alternatif lain. Dihargai mulai dari Rp 60 ribu per hari, sewa motor menjadi solusi tepat. Selain murah, motor bisa menjelajah banyak tempat yang sulit dijangkau dengan mobil.

  1. Fleksibel dalam mengatur waktu

Ketika melakukan perjalanan sendiri tanpa agen wisata, kita bisa fleksibel dalam mengatur waktu. Tak masalah jika kita ingin bangun lebih siang dan bermalas-malasan. Kita juga bebas membatalkan kegiatan yang telah direncanakan dari awal.

Tentu kondisinya akan berbeda ketika kita masuk dalam paket wisata. Peserta lain akan merasa dirugikan jika ada salah satu peserta yang telat atau bahkan tidak mengikuti jadwal yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara.

 

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami