Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Kemudahan Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk SMA

by Kyla Damasha on 22 Juni, 2020

Kemudahan pinjaman dana Pendidikan untuk masuk SMA mungkin memang perlu diketahui bagi orang tua yang tengah mempersiapkan biaya Pendidikan untuk buah hati mereka. Saat ini, Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting yang harus didapat oleh setiap lapisan masyarakat.

Kemudahan pinjaman dana pendidikan untuk masuk SMA

Hanya saja, biaya pendidikan yang kian meningkat dari waktu ke waktu membuat para orang tua dituntut untuk memiliki kondisi finansial yang baik agar buah hati mereka dapat mendapatkan pendidikan yang layak hingga jenjang tertinggi.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, orang tua sebenarnya sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya Pendidikan anak, karena saat ini sudah semakin banyak lembaga yang memberikan kemudahan masyarakat dalam mengenyam Pendidikan, mulai dari beasiswa hingga pinjaman dana.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kemudahan pinjaman dana pendidikan untuk masuk SMA. Yuk disimak bersama-sama.

Apa itu Pinjaman Dana Pendidikan?

Pinjaman dana Pendidikan merupakan salah satu produk yang ditawarkan, baik oleh bank maupun lembaga keuangan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam membayar biaya Pendidikan anak.

Pada umumnya, pinjaman dana Pendidikan ini hanya diperuntukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Tetapi, seiring berjalannya waktu, sudah semakin banyak yang juga memberikan kemudahan pinjaman dana Pendidikan untuk masuk SMA.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Pendidikan yang Terjangkau)

Tak hanya itu, pinjaman dana Pendidikan ini bahkan juga sudah tersedia bagi kamu yang ingin menyekolahkan sang buah hati ke bangku Sekolah Dasar ataupun Sekolah Menengah.

Selain memiliki proses pengajuan yang cukup sederhana, suku bunga yang ringan serta jangka waktu pembayaran yang cukup panjang membuat pinjaman dana pendidikan bisa dijadikan sebagai solusi terbaik.

Keuntungan Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan

Keuntungan Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan

Biaya pendidikan yang semakin mahal dari waktu ke waktu membuat pinjaman dana pendidikan seringkali menjadi solusi terbaik bagi para orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi sang buah hati.

Selain itu, sebenarnya banyak sekali keuntungan yang dihasilkan dari mengajukan dana pendidikan lho, diantaranya adalah:

  • Bunga yang Terjangkau

Salah satu perbedaan pinjaman dana pendidikan dan pinjaman lainnya yaitu terletak pada suku bunga yang dibebankan. Banyak sekali produk pinjaman dana yang memberikan beban bunga cukup berat bagi peminjamnya, sehingga hal ini seringkali menjadi faktor banyak orang yang masih ragu untuk mengajukan pinjaman dana.

Namun nyatanya, hal ini justru berbeda dari pinjaman dana pendidikan lho. Karena salah satu keuntungan mengajukan pinjaman dana pendidikan yaitu suku bunganya yang jauh lebih terjangkau.

Biasanya, suku bunga yang dibebankan berkisar di angka 1 sampai 2 persen per bulannya. Tak hanya itu, banyak pula lembaga yang memberikan fixed rate sehingga nilai bunga tak akan fluktuatif yang membuat kamu sebagai peminjam dapat memperkirakan berapa kisaran angsuran yang harus dibayar per bulannya.

  • Setara dengan Investasi

Setara dengan Investasi

Selanjutnya, pinjaman dana pendidikan ternyata juga bisa setara dengan investasi lho. Mengapa? Berbeda jika kamu melakukan kredit untuk sesuatu yang bersifat konsumtif, pinjaman dana nyatanya memberikan manfaat yang sangat besar, yakni ilmu yang didapat di dalam mengenyam pendidikan itu sendiri. Sehingga, mengajukan pinjaman dana pendidikan merupakan investasi tiada tara.

Ditambah lagi jika kamu juga ingin mengajukan pinjaman dana sampai ke bangku Perguruan Tinggi, jelas hal tersebut akan memberikan dapat yang cukup besar di masa yang akan datang, salah satunya seperti peluang karir yang lebih cemerlang.

  • Pengajuan Lebih Mudah

Di sejumlah lembaga penyedia pinjaman dana, banyak yang memberikan persyaratan yang cenderung rumit serta memberlakukan syarat jaminan bagi peminjam nya. Nah, hal ini berbeda dengan pinjaman dana pendidikan yang pada umumnya memberikan persyaratan yang relatif lebih sederhana.

Sebagai contoh, pengajuan pinjaman dapat dilakukan oleh wali atau orang tua yang bersangkutan dan kamu tak perlu berusia di atas 21 tahun untuk melakukan pengajuan. Selain itu, biasanya terdapat beberapa lembaga yang akan langsung mencairkan dana ke institusi yang bersangkutan sehingga kamu tak perlu repot mengurus hal-hal lainnya yang berhubungan dengan biaya pendidikan. Sangat mudah, bukan?

Syarat Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan

Syarat Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan

Kemudahan pinjaman dana pendidikan untuk masuk SMA bisa dilihat dari persyaratannya yang tidak terlalu muluk, yaitu adalah:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Tercatat sebagai nasabah dari bank tertentu
  • Memiliki Riwayat pembayaran angsuran yang lancar
  • Memiliki penghasilan tetap
Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk SMA

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa saat ini sudah semakin banyak lembaga-lembaga yang memberikan kemudahan pinjaman dana Pendidikan untuk masuk SMA. Maka dari itu, berikut kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi pinjaman dana Pendidikan untuk buah hati kamu yang tengah bersiap untuk masuk bangku SMA. Apa sajakah itu?

1. Pintek

Pintek - Kemudahan Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk SMA

Kemudahan pinjaman dana Pendidikan untuk masuk SMA yang pertama diberikan oleh Pintek yang merupakan penyedia layanan pinjaman dana pendidikan terjangkau. Melalui lembaga satu ini, kamu tak hanya bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan untuk jenjang SMA dan Perguruan Tinggi, melainkan juga untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, bahkan hingga kursus sekalipun.

Namun hanya saja, Pintek hanya memberikan pinjaman untuk beberapa institusi tertentu saja, sehingga pastikan bahwa buah hati kamu merupakan siswa dari salah satu institusi yang bekerjasama agar pinjaman dana dapat diajukan dengan mudah.

Meski begitu, lembaga satu ini memiliki keunggulan yang layak untuk kamu pertimbangkanlah lho, yaitu suku bunga yang ringan, bahkan bisa mencapai 0 persen di beberapa institusi. Tetapi secara keseluruhan, suku bunga yang diterapkan mulai dari 1,50 persen per bulan dengan biaya admin 1 persen dari total pinjaman yang diajukan.

Sementara itu, untuk pengajuannya itu sendiri bisa dilakukan oleh wali yang telah memiliki penghasilan tetap dengan melampirkan KTP, Kartu Keluarga, NPWP, mutasi rekening selama 3 bulan terakhir, slip gaji, serta surat izin usaha (jika ada).

2. Kredit Pendidikan BTN

Kredit Pendidikan BTN - Kemudahan Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk SMA

Kemudahan pinjaman dana pendidikan untuk masuk SMA selanjutnya juga diberikan oleh bank BTN dengan programnya, Kredit Pendidikan. Jika ingin mengajukan untuk dana pendidikan sekolah, maka yang bisa mengajukan yaitu orang tua atau wali yang bersangkutan dengan penghasilan tetap dan telah melengkapi sejumlah persyaratan yang diterapkan.

(Baca Juga: Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak)

Sedangkan suku bunga yang dibebankan sebesar 6,5 persen per tahun dengan jangka waktu pembayaran selama 5 tahun. Sementara itu, untuk plafon pinjaman, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp200 juta, tergantung dari penghasilan dan kemampuan peminjam dalam membayar.

Tetapi, untuk persyaratannya, selain kamu harus berstatus sebagai WNI, kamu juga diwajibkan untuk menjadi nasabah bank BTN terlebih dahulu dengan Riwayat angsuran yang lancer dan wajib menjadi debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN minimal satu tahun.

3. KTA CekAja

KTA CekAja - Kemudahan Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk SMA

Nah, kemudahan pinjaman dana pendidikan untuk masuk SMA yang terakhir diberikan oleh CekAja.com. CekAja merupakan sebuah portal layanan informasi dan perbandingan yang dapat membantu masyarakat Indonesia dalam memecahkan berbagai permasalahan finansial yang mereka hadapi sekaligus membuat keputusan cerdas yang berhubungan dengan keuangan.

Produk KTA dari CekAja tak hanya dapat digunakan sebagai biaya pendidikan buah hati, melainkan juga dapat kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Dengan suku bunga yang bersaing dan persyaratan yang tidak terlalu rumit, jelas KTA dari CekAja.com layak dijadikan sebagai pilihan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pendidikan.

Selain itu, melalui CekAja.com kamu juga bisa melakukan perbandingan mengenai produk pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga kamu tak perlu bingung lagi untuk memilih produk yang dianggap paling baik.  

Oleh karena itu, yuk segera ajukan KTA untuk kemudahan pinjaman dana pendidikan untuk masuk SMA bagi sang buah hati yang tengah beranjak remaja hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda