Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kenali Proses Pengajuan Kredit Bank Hinga Pencairan Dana

by Satrya Agung on 22 Mei, 2016

pinjaman uang cepat_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Modal mempunyai peranan penting dalam bisnis. Bukan hanya sebagai bahan bakar awal, tapi juga sebagai amunisi tambahan di tengah perjalanan atau ketika bisnis hendak ekspansi.

Maka untuk mewujudkan itu semua saat kondisi keuangan menipis adalah dengan mengajukan kredit modal usaha di bank. Hal ini sudah menjadi lumrah tentunya. Tapi apakah kamu tahu bagaimana proses kredit bank itu?

Yuk kita bahas.

Bandingkan 

Sebelum mengajukan kredit, akan lebih baik jika kamu melakukan perbandingan terlebih dahulu antara satu bank dengan bank yang lain. Agar kamu bisa memilih kira-kira bank mana yang mempunyai tawaran terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk membandingkannya kamu tidak usah bingung. Cukup masuk ke website CekAja.com dan pilih jenis pinjaman atau kredit yang kamu butuhkan. Dari hasil pencariannya kamu akan mendapatkan daftar bank mana saja dan apa saja yang ditawarkan. Selanjutnya kamu tinggal pilih dan seterusnya proses pengajuan kredit akan dibantu tim CekAja.com.

Lengkapi persyaratannya 

Setelah menentukan akan memilih bank yang mana, selanjutnya lengkapi semua persyaratan yang diminta. Kalau ada yang kamu tidak mengerti tanyakan langsung pada pihak bank tersebut. Lengkapnya persyaratan yang kamu lampirkan akan memudahkan serta mempercepat proses penyetujuan kredit.

Ajukan kreditmu 

Dengan mengajukan kredit di CekAja.com kamu tidak perlu repot-repot untuk mendatangi bank. Semua proses akan dilakukan secara online. Jadi kamu masih punya waktu untuk mengurus bisnismu.

Setelah dokumenmu lengkap tim CekAja.com akan melakukan klarifikasi. Dan melanjutkan ke pihak bank yang kamu pilih. Kamu akan mendapatkan panggilan telepon dari pihak bank untuk proses klarifikasinya.

BI checking 

Selanjutnya pihak bank akan melakukan BI Checking yang mana untuk menelusuri apakah kamu mempunyai riwayat kredit yang buruk atau tidak. Jika kamu pernah mengajukan kredit dan pada masa pembayarannya sering terkena kendala maka akan susah bagi pihak bank untuk memberikan persetujuannya. Jadi mulai sekarang bayarlah tagihanmu tepat waktu ya. Dan ingat kredit motor atau mobil juga termasuk lho ya.

Akad kredit 

Proses kredit bank selanjutnya jika semua persyaratan sudah lengkap dan kamu lulus dari BI Cheking yang berarti kamu mempunyai catatan kredit yang baik maka pihak bank akan melakukan akad kredit dengan kamu sebagai penerima kredit.

Akad kredit ini sebagai dasar persetujuan antara bank dan kamu akan syarat dan ketentuan dari kredit yang diajukan. Persetujuan tersebut akan dituangkan dalam dokumen yang kemudian ditanda tangani baik oleh kamu sebagai debitur atau penerima pinjaman maupun pihak bank sebagai kreditur atau pemberi pinjaman.

Pencairan dana pinjaman

Selanjutnya adalah pencairan dana pinjaman. Ada beberapa bank yang saat kita mengajukan pinjaman maka disarankan untuk membuka rekening juga di bank tersebut. Tapi yang pasti ketika semua proses telah dilewati dan pengajuan pinjaman kamu disetujui maka dana pinjaman akan dikirimkan ke rekening kamu.

Perlu diingat, dari jumlah pinjaman yang kamu ajukan akan ada potongan untuk biaya administrasi. Sehingga dana yang kamu terima tidak akan kamu terima bulat seperti yang kamu ajukan. Dan proses pun selesai.

Itulah tadi gambaran mengenai proses kredit bank. Semoga bisa menambah wawasan kamu. Dan jangan lupa, jika kamu butuh pinjaman, baik itu untuk modal usaha, atau untuk kebutuhan lain, langsung saja masuk ke website CekAja.com. Prosesnya cepat dan gampang!

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami