Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kenapa Harga Baju Anak Lebih Mahal Dibandingkan Baju Orang Dewasa?

by Ariesta on 23 Desember, 2016

baju anak - CekAja.com

Selain popok dan susu, pakaian anak adalah benda yang seringkali membuat pusing orangtua. Alasannya karena baju anak sama mahal bahkan lebih mahal dari baju orang dewasa.

Coba saja tengok konter baju anak-anak yang ada di mal. Kok bisa harga baju anak lebih mahal? Padahal anak cepat sekali tumbuh besar. Pasti kamu pernah bertanya-tanya. Berikut penjelasan mengapa harga baju anak lebih mahal daripada baju orang dewasa.

1. Biaya produksi sama dengan baju orang dewasa

Baju anak memang menghabiskan kain 30 persen lebih sedikit kain daripada baju orang dewasa. Tapi ketika kamu membeli sepotong baju untuk anak, kamu membeli sesuatu yang dipotong dan dijahit oleh tangan buruh, didistribusikan oleh buruh, dan dijual di toko yang membutuhkan sewa dan biaya listrik oleh pelayan yang digaji.

Harga dari sepotong baju, meski ukurannya lebih kecil, harus menutupi upah buruh dan ongkos produksi lainnya. Sama halnya dengan di restoran di mana harga setengah porsi terkadang tidak beda jauh dengan satu porsi. Karena kamu membayar biaya yang sama untuk ongkos penyajian, kebersihan, gaji koki, dan pelayan. Inilah alasan pertama yang membuat pakaian anak bisa lebih mahal dari orang dewasa.

(Baca juga: Ini Bisnis Sampingan yang Bisa Bikin Kamu Kaya di Tahun 2017)

2. Dibuat oleh tenaga manusia

Untuk lebih memahami mengapa harga sepotong pakaian mahal, kamu harus tahu kalau pakaian tidak dibuat oleh mesin, tapi oleh tenaga manusia. Sampai saat ini tidak ditemui mesin yang cukup canggih untuk membuat sepotong celana secara rapi.

Memang peran mesin juga digunakan seperti untuk menjahit dan membordir. Tapi pola hingga pengerjaannya tetap melibatkan keterampilan manusia. Semakin banyak keterlibatan manusia, maka semakin mahal harganya. Inilah kenapa baju buatan desainer sangat mahal karena kamu turut membayar ide dari sang desainer. Itu tadilah alasan kedua kenapa baju anak bisa lebih mahal dari baju orang dewasa.

3. Material lebih nyaman

Berbeda dengan baju orang dewasa di mana orang dewasa bisa beradaptasi dengan semua jenis bahan, material dalam baju anak memang diprioritaskan bisa membuat anak nyaman dalam memakainya. Hal ini juga turut membuat harga baju anak jadi melambung. Dengan bahan yang lebih berkualitas, jangan heran jika pada umumnya baju anak menjadi lebih mahal dari baju dewasa.

4. Lebih detil

Selain material, proses penjahitan baju anak juga lebih rumit. Detail busana yang cukup sulit membuat harga produksi meningkat. Apalagi tingkah anak yang sering macam-macam, seperti menggigit kancing, membuat produsen busana membuatkan rancangan baju yang mengedepankan sisi keselamatan anak. Dengan tingkat kesulitan yang tinggi ini, rasanya wajar jika baju anak bisa menjadi lebih mahal dari baju dewasa.

Tentang Penulis