Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kenapa Pendinginan Setelah Olahraga Penting? Berikut Alasannya!

by Rafly Aditia on 1 Agustus, 2017

manfaat pendinginan _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Dalam berolahraga, setidaknya ada tiga fase yang tidak boleh dilupakan. Pertama pemanasan, kedua latihan, dan ketiga adalah pendinginan. Namun nyatanya, seringkali orang melupakan fase yang paling akhir karena dianggap tidak penting.

Padahal, pendinginan ternyata memiliki segudang manfaat dan jika tidak dilakukan justru akan memberikan kerugian bagi tubuh. Mengapa pendinginan setelah olahraga itu penting? Langsung saja simak 5 alasan berikut!

Pendinginan mencegah terjadinya cedera

Salah satu alasan mengapa pendinginan itu penting adalah untuk mencegah terjadinya cedera. Ya, cedera bukan hanya dapat terjadi sebelum latihan saja tetapi setelah latihan juga ada risiko terjadinya cedera.

Untuk itu, diperlukan gerakan pendinginan agar otot-otot dan ligamen yang habis berkontraksi saat berolahraga.

Menjaga Fleksibilitas

Sering melihat orang-orang bertubuh besar dan berotot namun terlihat kaku? Salah satu penyebabnya adalah mereka tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga.

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat pendinginan setelah berolahraga penting untuk tetap menjaga otot tetap tumbuh dengan fleksibilitas yang baik. Sudah tahu kan betapa pentingnya pendinginan setelah berolahraga?

Mengurangi kelelahan otot setelah latihan

Saat berolahraga, maka otot akan meningkatkan kecepeatan metabolisme guna memenuhi kebutuhan energi. Dari sinilah, biasanya otot akan menghasilkan sisa metabolisme berupa asam laktat yang menimbulkan rasa lelah pada otot.

Lewat pendinginan, maka penumpukan asam laktat setelah latihan dapat dikurangi. Dimana kontraksi otot yang ringan saat pendinginan akan membantu untuk memompa aliran darah yang membawa asam laktat keluar dari otot.

Membantu denyut jantung dan pernapasan kembali normal

Dengan melakukan pendinginan, manfaat lain yang didapatkan adalah membantu denyut jantung dan pernapasan kembali normal secara berahap.

Ketika berolahraga, tubuh manusia akan mengalami peningkatan frekuensi denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah, sementara setelah selesai maka akan turun kembali.

Namun, penurunannya tidak boleh secara mendadak karena dapat membahayakan seseorang terutama yang mengalami penyakit jantung. Untuk itu, dilakukanlah pendinginan agar denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah dapat kembali normal secara bertahap dan tidak berbahaya.

Mencegah terjadinya sakit setelah latihan

Faktor penyebab seseorang sakit setelah berolahraga berat adalah karena tidak melakukan pendinginan. Mengapa demikian? Karena saat seseorang selesai melakukan olahraga yang intens, maka suhu tubuh akan menurun.

Disinilah pendinginan memiliki peran untuk mencegah terjadinya penurunan suhu tubuh secara mendadak. Karena apabila penurunan suhu tubuh terjadi secara mendadak, dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang enak badan keesokan harinya. Lalu apa kerugiannya? Sangat besar, karena metabolisme otot akan menjadi terganggu dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami