Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kendaraan Futuristik yang Dijamin Bikin Orang Indonesia Terbebas dari Macet

by Surtan Siahaan on 10 Agustus, 2016

Kemacetan adalah makanan sehari-hari warga kota besar di Indonesia. Tingginya pembelian kendaraan dan rendahnya kualitas transportasi publik membuat masalah satu ini terasa mustahil untuk diselesaikan. Tapi, macet tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia saja lho. Sebab, sejumlah kota besar dunia juga masih bermasalah dengan kemacetan. Hal itu pun mendorong sejumlah ahli membangun kendaraan masa depan yang diklaim menjadi solusi kemacetan.

Seperti dikutip CekAja dari berbagai sumber, berikut ini kendaraan futuristik yang bisa membuat lalu lintas bebas macet:

ad_214620185-e1470223900840
Bus setinggi 7,8 meter yang diberi nama Transit Elevated Bus ini sanggup menampung 1.400 penumpang sekali angkut

Bus “ngangkang” buatan China

Banyak moda angkutan masal yang terkadang justru menambah rumit masalah kemacetan. Alasannya, angkutan umum tersebut beroperasi menggunakan jalur jalan yang sudah ada. Akibatnya, ruas jalan pun berkurang dan akibatnya jalanan tetap macet. Sepertinya, bus masa depan buatan China bernama Transit Elevated Bus (TEB) bisa menjadi solusinya. (Baca juga: Beda Gaya Ketika Anak muda dan Orangtua Pensiun)

Sebab, desain bus yang unik itu memungkinkan bus melaju di atas lalu-lintas yang macet. Kendaraan yang bisa menampung 1.400 penumpang sekali angkut ini memiliki kabin penumpang di ketinggian 2 meter dari permukaan jalan. Bus “ngangkang” tersebut juga punya jalur khusus yang membuat pengendara yang melintas di bawah bus tersebut bisa melaju dengan aman. Bus ini pun disebut sebut sebagai solusi nyata kemacetan, karena satu unit TEB setara dengan 40 unit bus biasa. Sayangnya, beberapa hari lalu, pemerintah China menghentikan proyek bus ini lantaran menuai banyak keraguan.

stg_tj_sec5_r
Angkutan udara satu ini rencanannya akan diproduksi masal beberapa tahun lagi. Produk buatan perusahaan China bernama EHang ini disebut sebagai kendaraan anti-macet

 Drone pengangkut orang

Lagi-lagi dari China, sebuah perusahaan bernama EHang memamerkan produknya yang disebut sebagai kendaraan masa depan. EHang memproduksi sejenis drone yang mampu mengangkut satu orang penumpang. Seperti dikutip CekAja dari Liputan6.com, kendaraan yang diberi nama EHang 182 tersebut telah diujicoba mengangkut penumpang. Diketahui juga jika kendaraan ini sangggup terbang selama 23 menit dengan kecepatan 62 mil/ jam.

Untuk menunjang kemampuannya terbang, kendaraan ini dilengkapi oleh delapan rotor drone. (Baca juga: Anak Muda Indonesia Terancam Jadi Tuna Wisma Kalau Mengabaikan Hal Ini)

MJP_PersonalJetpack-1005.png
Salah satu penampakan jetpack yang dikembangkan Martin Jetpack. Rencananya kendaraan ini akan diproduksi masal dalam waktu dekat.

Jetpack

Sepertinya, di masa depan orang mulai meninggalkan transportasi darat dan beralih pada transportasi udara. Alasannya, pertumbuhan mobil dan motor yang tinggi akan sulit dibarengi pertumbuhan jalan baru karena keterbatasan lahan. Seperti ditulis oleh BBC Indonesia, sebuah perusahaan jetpack asal Selandia Baru, Martin Aircraft Company, tengah mengembangkan jetpack berkapasitas satu orang yang akan dijual secara masal. Kendaraan berikut ini diklaim akan menguntungkan penggunanya bukan dari sisi menghemat waktu melainkan ramah bagi lingkungan dan aman.

Tentang Penulis