Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kepoin Profil Istri-istri Menteri Baru; Muda, Cantik, Kaya!

by Sindhi Aderianti on 24 Oktober, 2019

Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi telah mengumumkan susunan menteri dalam kabinet yang akan bergotong royong membangun pemerintahan di periode 2019-2024.

istri menteri
Foto: Instagram/Diolah

Dari total 34 menteri yang dilantik, ada beberapa dari periode sebelumnya yang kembali dipercaya. Sebut saja Sri Mulyani, Pratikno, Basuki Hadimuljono, Yasonna Laoly, dan Luhut Binsar Panjaitan. Meski begitu, banyak juga deretan orang baru di Kabinet Indonesia Maju. Bahkan pendiri Gojek, Nadiem Makarim menjadi satu-satunya perwakilan millennial yang dimandatkan presiden sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain itu, Jokowi pun mengubah beberapa kementerian dan lembaga. Misalnya Badan Ekonomi Kreatif yang kini digabung dengan Kementerian Pariwisata. Nomenklatur baru juga terlihat pada Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. Sebelumnya, kementerian itu hanya fokus pada kemaritiman. Namun sekarang di bawah pimpinan Luhut Panjaitan, ia akan turut mengoordinasikan berbagai hal yang berkaitan dengan investasi.

Bukan hanya latar belakang dan kiprahnya saja yang menjadi sorotan, tetapi kehidupan pribadi para menteri-menteri baru ini pun tak kalah ramai diperbincangkan netizen termasuk sosok istri-istrinya. Muda, cantik, kaya! Siapa sajakah mereka?

1. Gista Putri, Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama

Perempuan berdarah Sunda ini mengawali kariernya sebagai covergirl sebuah majalah. Tahun 2011, ia dipercaya memerankan tokoh dalam film drama musikal berjudul ‘Simfoni Luar Biasa’. Lalu di awal berdirinya NET TV, Gista juga sempat bermain dalam sitkom The East. Beberapa tahun kemudian, ia diberitakan cinlok dengan sang bos, Wishnutama, dan menikah pada tanggal 20 September 2015.

Saat pelantikan, Wishnutama ditemani istri cantiknya itu. Gista nampak anggun dengan mengenakan kebaya ungu muda, dibalut kain berwarna plum di bagian pundak. Rambutnya disanggul dengan riasan wajah natural, membuat perempuan 32 tahun ini sangat menarik perhatian. Sekarang, Gista diketahui tengah mengandung anak pertamanya dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut.

(Baca juga: Rilis Kabinet Baru, Ini Pencapaian Jokowi Selama 5 Tahun!)
2. Loemongga Kartasasmita, Istri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang

Loemongga merupakan jebolan GADIS Sampul 1989. Dari situ, perempuan cantik kelahiran 1973 tersebut terus mengembangkan sayapnya di dunia modeling. Nama besar yang kian disanggahnya tersebut kemudian membuat supermodel ini didapuk oleh stasiun televisi untuk mengisi beberapa program yang sempat hits pada masanya sebagai presenter.

Selain menjadi model dan presenter, ibu tiga anak itu juga memiliki karier cemerlang sebagai pebisnis. Bukan kaleng-kaleng, bisnis yang dijalankannya adalah properti berupa kawasan apartemen mewah di bilangan elit Senopati, Jakarta Selatan. Di bawah naungan perusahaan Asian Group, Loemongga menjabat sebagai presiden direktur. Perusahaannya ini pernah memperoleh penghargaan ‘Best Boutique Developer’ pada Indonesia Property Awards 2016.

Ada tiga restoran pula yang berhasil ia dirikan hingga sekarang, yaitu Soul Food Kemang dan Namu Gaji Senopati. Sementara di San Fransisco, Amerika Serikat, ia membangun restoran dengan konsep berbau Asia. Berkat kesuksesannya meniti bisnis-bisnis kelas kakap tersebut, ia pun diberi penghargaan ‘Most Inspiring Women’ dari Forbes Indonesia.

3. Franka Franklin, Istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

Jarang mengekspos keluarga, Nadiem Makarim, Mendikbud yang masih tergolong muda itu ternyata bukan lagi seorang lajang. Pada 2014 lalu, ia menikahi sang pujaan hati bernama Franka Franklin. Franka merupakan alumni Fashion Raffles Design Institute dan Northumbria University di Belanda.

Serupa dengan sang suami, Franka pun memiliki karier gemilang di ranah digital dan komunikasi. Ia sempat bergabung dengan Indonesia Mengajar sebagai Spesialis Komunikasi Strategis tahun 2010. Setahun kemudian, kariernya menanjak saat ia bergabung dengan Kanmo Retail Group sebagai Manajer Grup Digital dan E-commerce. Di samping itu, Franka pernah menjadi Analis Merek Senior saat bergabung bersama MakkiMakki Branding Consultant.

Bersama artis Happy Salma, Franka diketahui tengah menjalin kerja sama menjual perhiasan bernama Tulola. Label aksesoris lokal asal Pulau Dewata, Bali tersebut kini telah membuka gerai terbesarnya di Plaza Indonesia. Dari pernikahannya tersebut, Nadiem dan Franka dikaruniai seorang puteri cantik yang diberi nama Solara Franklin Makarim.

(Baca juga: 6 Kementerian dan Lembaga yang Kelola Anggaran di Atas Rp50 Triliun)
4. Tri Suswati, Istri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Di balik kesuksesan mantan Kapolri ini dalam mencapai kariernya, selalu ada dukungan dari istri tercinta, Tri Suswati. Sosok Tri bisa dibilang wanita yang tangguh. Meski sering berpenampilan anggun setiap kali go public, ia ternyata memiliki hobi menyelam. Kebetulan, perempuan kelahiran 1964 itu membangun komunitas Wanita Selam Indonesia (WASI) dan menjabat sebagai ketua di sana.

Bersama WASI, Tri pernah memecahkan tiga rekor selam yang masuk ke dalam Guinnes World Record. Hobi menyelamnya ini tak luput dari pengaruh suami. Tri dan Tito kerap menjajal titik selam di berbagai daerah. Di antaranya Labuan Bajo, Bali, Wakatobi, Bunaken, Maratua, Derawan, Bangka Belitung, Selat Sunda, Sabang, hingga sejumlah titik selam lain di luar negeri.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.