12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Kesenian tradisional Kalimantan Tengah yang menjadi warisan Suku Dayak patut kita lestarikan. Meskipun tidak membuat pertunjukan secara langsung, paling tidak kamu harus mengetahui daftar lengkapnya.

12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Pulau Kalimantan atau Borneo memiliki suku asli bernama Suku Dayak. Suku ini diperkirakan merupakan orang-orang dengan ras Indonesia-Tiongkok yang sudah mendiami Pulau Kalimantan sejak abad ke-11.  Sebagai suku asli, mereka adalah pembentuk kesenian Kalimantan yang kita kenal hingga saat ini.

Setiap daerah di Kalimantan memiliki kesenian yang berbeda-beda. Demikian pula dengan kesenian tradisional Kalimantan Tengah. Hal ini dipengaruhi oleh Suku Dayak yang terbagi lagi ke dalam sub-suku yang beragam di setiap bagian daerah di Kalimantan.

Tetapi, pada dasarnya setiap kesenian itu mempunyai kemiripan karena sama-sama berasal dari warisan suku yang sama.

Daftar Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah

Kesenian tradisional Kalimantan Tengah didominasi oleh tarian. Ada banyak varian tari tradisional khas daerah dengan julan Bumi Tambun Bungai ini.

Sedangkan kesenian lainnya diisi oleh syair lagu tradisional yang kini masih terus berusaha dipertahankan agar menjadi warisan kesenian yang kekal hingga di masa mendatang.

Berikut ini daftar kesenian tradisional Kalimantan Tengah terlengkap yang wajib kamu ketahui.

1. Tari Kayau

Tari Kayau - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Tari Kayau merepresentasikan bentuk keberanian Suku Dayak saat berperang di masa lampau. Di mana mereka sangat menjaga daerah kekuasaan dan melindungi suku dari ancaman musuh dengan penuh keberanian. Sekalipun harus memotong kepala musuh.

Kayau atau mengayau sendiri berarti memotong kepala musuh. Alat yang digunakan adalah Mandau atau parang panjang khas Kalimantan Tengah. Kini, tari Kayau dipertunjukkan di upacara adat yang mempersembahkan kepala babi.

2. Tari Giring-giring

Tari Giring-giring - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Tari kesenian tradisional Kalimantan Tengah yang namanya unik ini identik dengan gerakan penari yang menghentakkan tongkat bambu. Isian kerikil pada tongkat tersebut akan memunculkan suara nyaring yang menjadi ciri khas Tari Giring-giring.

Suku Dayak Maanyan lah yang mempopulerkan tari ini.

(Baca Juga: 12 Kesenian Tradisional Khas Maluku)

3. Tari Kinyah Mandau

Tari Kinyah Mandau - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Tidak hanya pada Tari Kayau, senjata Mandau juga digunakan kala penari mempertunjukkan Tari Kinyah Mandau. Kesenian tradisional Kalimantan Tengah mengombinasikan tari dengan seni teaterikal.

Cerita yang ditampilkan adalah kisah peperangan menggunakan Mandau, yang mana setiap kubu terlihat seolah berusaha memenggal kepala musuh.

4. Tari Mandau

Tari Mandau - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Jika daerah Jawa Tengah memiliki Tari Jathilan atau Kuda Lumping yang melibatkan unsur magis di dalamnya, maka kesenian tradisional Kalimantan Tengah memiliki Tari Mandau.

Penari melakukan ritual khusus untuk memohon keselamatan saat mempertunjukkan Tari Mandau. Senjata Mandau dan tameng digunakan sembari menunjukkan atraksi berbahaya oleh penari yang mengayunkan dan menggigit Mandau tersebut.

5. Tari Tuntung Tulus

Tari Tuntung Tulus - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Tarian ini ditampilkan untuk menghibur para rakyat saat acara perlombaan, penyambutan tamu, acara pernikahan, acara adat, acara keagamaan, atau acara istimewa lainnya.

Penari perempuan berjumlah sekitar 6 orang akan menampilkan Tari Tuntung Tulus dengan kostum khas Suku Dayak yang berwarna merah dan hitam, dengan formasi khusus.

Meskipun hanya dijadikan sebagai pertunjukan yang menghibur, tari ini juga mengandung unsur mistis yang membuat penonton tanpa sadar seolah merasa sangat takjub.

6. Tari Manganjan

Tari Manganjan - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Kesenian tradisional Kalimantan Tengah yang satu ini mengandung unsur kesakralan yang kuat. Sebab, hanya ditampilkan saat prosesi upacara pengantaran roh para leluhur yang sudah meninggal bertahun-tahun lalu.

Suku Dayak percaya bahwa mereka harus mengantarkan roh para leluhur ke alam baka dengan upacara Tiwah. Upacara Tiwah dilakukan dengan menyucikan dan memindahkan jasad (biasanya berupa tulang-belulang) yang sebelumnya ada di liang kubur ke rumah kecil bernama sandung.

Di dalam upacara inilah terselip Tari Menganjan yang juga harus ditampilkan.

7. Tari Putri Melawen

Tari Putri Melawen - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Sejak zaman kerajaan dulu, Tari Putri Melawen ditampilkan sebagai tarian yang sifatnya menghibur penonton. Sehingga tak ada unsur magis atau nilai sakral pada tarian ini. Sesuai dengan namanya, penari yang tampil membawakannya merupakan perempuan asal Danau Melawen.

Hingga saat ini, Tari Putri Melawen ditampilkan pada acara pesta hiburan rakyat, atau pertunjukan khusus untuk tamu dan wisatawan.

(Baca Juga: 7 Kesenian Tradisional Khas Bali yang Belum Banyak Orang Tahu)

8. Tari Manasai

Tari Manasai - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Tari yang satu ini dibawakan oleh penari laki-laki dan perempuan yang berbaris membentuk sebuah lingkaran. Pertunjukan Tari Manasai mengandung unsur rasa bahagia dan ekspresi kegembiraan yang diperuntukkan saat penyambutan tamu istimewa.

Yang unik dari kesenian tradisional Kalimantan Tengah ini adalah penari akan mengajak beberapa penonton untuk masuk ke dalam lingkaran, dan ikut menari bersama. Sehingga suasana ramai dan meriah akan terasa saat menonton pertunjukan ini.

9. Tari Hugo dan Huda

Tari Hugo dan Huda - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Setiap daerah rasanya selalu memiliki tarian khusus yang ditujukan sebagai permohonan turunnya hujan saat masa kemarau panjang. Demikian pula dengan kesenian tradisional Kalimantan Tengah yang memiliki Tari Hugo dan Huda.

Permintaan turunnya hujan ditujukan pada dewa-dewa di langit, agar rakyat diberkahi oleh hujan yang bermanfaat bagi hasil panen tani yang baik yang kemudian mendatangkan rejeki.

10. Tari Balean Dadas

Tari Balean Dadas - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Dahulu, kesenian tradisional Kalimantan Tengah ini dipertunjukkan sebagai tarian permohonan kepada Tuhan untuk meminta kesembuhan dari sebuah penyakit yang diderita seseorang. Istilah Balean Dadas berarti dukun perempuan yang juga ikut serta dalam tarian ini.

Di masa modern di mana perkembangan dunia kesehatan dan pengobatan penyakit sudah maju, maka tarian ini tidak lagi memiliki tujuan yang sama. Melainkan hanya digunakan sebagai tarian penyambutan tamu istimewa atau acara peresmian.

11. Tari Tambun dan Bungai

Tari Tambun dan Bungai - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Dahulu kala, ada cerita legenda yang mengisahkan usaha perampasan hasil panen rakyat Palangkaraya oleh musuh yang kemudian dihalau oleh pahlawan bernama Tambun dan Bungai. Keduanya berhasil mengusir musuh tersebut, dan menyelamatkan rakyat.

Kedua pahlawan legendaris ini dipercaya berasal dan tinggal di Kabupaten Gunung Mas. Cerita heroik ini kemudian berusaha dilestarikan lewat sebuah tarian yang dinamakan Tari Tambun dan Bungai.

12. Karungut

Karungut - 12 Kesenian Tradisional Kalimantan Tengah Terlengkap

Kesenian tradisional Kalimantan Tengah yang terakhir ini bukanlah tarian, melainkan sastra lisan yang kemudian ditampilkan sebagai kesenian musik tradisional. Syair yang ditulis dengan Bahasa Dayak Ngaju. Bentuknya mirip seperti pantun yang kemudian dilagukan.

Instrumen alat musik yang mengiringi Karungut adalah alat musik Sape yang bentuknya mirip seperti gitar. Nyanyian Karungut sangat khas dengan suara merdu sang penyanyi, syair yang menyejukkan hati, lengkap dengan petikan Sape yang sangat enak didengar.

Traveling Saat New Normal Makin Irit dengan Kartu Kredit

Mempelajari kesenian tradisional Kalimantan Tengah bakal lebih asyik dengan mengunjungi daerahnya secara langsung. Jika kamu warga lokal yang ingin berwisata serta staycation, wajib pilih penginapan ternyaman dengan diskon dari kartu kredit pilihan.

Di CekAja.com, ada berbagai pilihan kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Kami akan membantumu membandingkan, lalu kamu bisa mengajukannya secara mudah via online.

Siap mendapatkan banyak keuntungan dari promo kartu kredit tahun ini? Yuk, miliki kartu kreditmu sekarang lewat CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah