Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kiat 4 Orang Sukses yang Bangkit dari Kebangkrutan Ini Bikin Semangat

by Tisyrin N. T on 5 Mei, 2017

bangkit dari bangkrut_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Menjadi sukses adalah dambaan setiap orang. Tapi, dibalik sebuah kesuksesan, kerap tersimpan sederet cerita tentang kegagalan hingga kebangkrutan.

Dan, tak setiap orang mampu bangkit dari kebangkrutan lalu meraih kejayaan. Banyak orang membuktikan bahwa bangkrut bukanlah halangan untuk tetap melangkah maju. Inilah hal yang dilakukan 4 orang ternama untuk bangkit dari kebangkrutan:

Gary Heavin, pengusaha

Di usia yang terbilang muda, pria ini membuka pusat kebugaran bernama Women’s World of Fitness. Perusahaan tersebut sukses besar dan dia menjadi kaya raya di umur yang baru menginjak 25 tahun.

Dia kemudian melakukan ekspansi secara agresif dan menambah berbagai fasilitas yang biaya perawatannya mahal. Ternyata langkah tersebut justru menjadikan bisnisnya harus tutup.

Kebangkrutan tidak menghentikan langkahnya. Heavin tidak menyerah, dia mencoba menjalankan kembali bisnis yang sama dan lebih berhati-hati, dengan menjadikan kegagalan di masa lalu sebagai pelajaran. Selain itu, dia juga telah menikah sehingga lebih bersemangat.

Heavin dan istrinya Diane membuka pusat kebugaran khusus wanita di Texas pada 1992 dan sukses. Pusat kebugaran tersebut dijadikan waralaba dan hingga kini sudah ada 10.000 cabang di berbagai lokasi di dunia.

Walt Disney, pengusaha

Walt Disney adalah nama yang tak asing lagi bukan? Dibalik kesuksesannya, dia juga pernah mengalami kegagalan dan kebangkrutan. Dia pernah dipecat sebuah perusahaan media cetak karena dianggap kurang kreatif. Lalu dengan modal usaha US$15.000, dia membangun perusahaan animasi Laugh-O-Gram, tetapi berujung pada kebangkrutan.

Saat situasi sulit, dia mencoba membujuk anggota keluarganya untuk menanamkan modal dan membangun perusahaan Disney Brothers Studio. Perusahaan tersebut sempat sukses lewat film Alice in Wonderland. Namun, permasalahan lain datang lagi, yaitu produser hanya membayar dalam jumlah sedikit.

Disney tidak putus asa, dia terus berkreasi dan menciptakan tokoh animasi baru. Dia melahirkan tokoh Mickey Mouse berkat pengamatannya pada gerak-gerik tikus. Dia pun berhasil dan menciptakan deretan tokoh animasi lain yaitu Donald Duck dan sebagainya.

Abraham Lincoln, pengusaha dan Presiden Amerika Serikat ke-16

Presiden Amerika Serikat ke-16 ini awalnya seorang pengusaha dan kerap mengalami kebangkrutan bisnis. Untungnya, dia punya sifat pantang menyerah dan terus berusaha meski berkali-kali gagal. Suatu ketika saat terlilit utang, dia diberi kesempatan mencicil dalam jangka waktu lama yaitu 17 tahun.

Setelah menikah, dia mendirikan biro hukum yang membawanya meraih kesuksesan. Dia menjadi pengacara terkenal. Waktu menempanya menjadi pribadi yang cerdas dan pandai bicara. Dia pun terpilih menjadi presiden.

Elton John, penyanyi dan penulis lagu

Nama Elton John tak asing di dunia hiburan. Pada 2002, dia mendaftarkan kebangkrutan ke pengadilan. Ternyata perilaku boroslah yang membuatnya kehabisan uang. Majalah Time bahkan menyatakan John menghabiskan hingga US$2 juta per bulan saat itu.

Dia kembali bangkit dengan cara mengeluarkan album yang berisi lagu-lagunya di masa tahun 1970-2002, yang terjual hingga 5 juta kopi. Kesuksesan itu membawanya tur keliling dunia dan berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang kembali.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami