7 Kota Terunik di Dunia dengan Ciri Khas Keren, Wajib Dikunjungi!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Kota terunik di dunia memiliki ciri khasnya masing-masing. Sebagian di antaranya disebut unik karena memiliki tata letak kota yang agak aneh, sebagian lainnya justru memiliki kebiasaan yang berbeda. Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Siapapun pasti ingin berjalan-jalan keliling dunia dengan mengunjungi berbagai kota terunik di dunia.

Pengalaman seperti ini tentu sangat tak perlupakan dan menempel menjadi kenangan indah.

Apalagi, jika kegiatan traveling dilakukan bersama keluarga, kerabat dekat, maupun pasangan.

Kota terunik di dunia sendiri tersebar di berbagai negara di belahan benua. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai destinasi wisata yang ditentukan dengan seleramu.

Perhatikan Hal Ini Sebelum ke Kota Terunik di Dunia

Karena kota terunik di dunia umumnya memiliki ciri khas dalam berbagai macam bentuk, maka ada beberapa hal nih yang wajib kamu perhatikan sebelum mengunjunginya.

Beberapa hal itu di antaranya adalah:

Hargai Budaya Setempat

Setiap daerah tentu memiliki kebudayaan berupa kebiasaan, kepercayaan, dan acara khusus. Pastikan kamu selalu bertindak sopan dengan menghargai setiap kebudayaan yang ada.

Walau ideologi dan kepercayaan pribadimu bertentangan dengan kebudayaan setempat, hormati dengan sopan tanpa harus menghakimi.

Lagi pula, mengenal kebudayaan baru adalah keseruan dari setiap kegiatan traveling, kan?

Patuhi Peraturan yang Ada

Selain menghargai kebudayaan, kamu juga wajib mematuhi peraturan yang ada. Baik itu peraturan yang berasal dari kepercayaan yang disakralkan, maupun peraturan hukum yang berlaku.

Menjadi wisatawan tertib juga akan membuat nama baik negaramu terjaga.

Mengetahui Detil Lokasi

Ketiga, jangan lupa juga untuk mengetahui detil lokasi kota atau daerah wisata yang kamu kunjungi. Hal ini diperlukan agar kamu bisa mengantisipasi hal buruk yang bisa saja terjadi.

Misalnya terpisah dari rombongan tour, atau harus pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan dan layanan kesehatan.

Baca, kenali, dan catat detil lokasi beserta lokasi tempat-tempat penting. Tidak lupa dengan mengingat lokasi yang disakralkan atau tak boleh didatangi, serta pelajari sedikit kalimat sederhana dengan bahasa setempat jika diperlukan.

(Baca Juga: 10 Bandara Tersibuk di Dunia 2020)

Daftar Kota Terunik di Dunia

Meskipun masih dalam suasana new normal dengan tingkat persebaran virus corona yang tinggi, tak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh mengenai kota terunik di dunia.

Kamu bisa memasukkannya ke dalam wish list-mu. Selain itu, siapa tahu kamu akan menemukan waktu yang pas untuk mengunjunginya langsung.

Berikut ini daftar kota terunik di dunia dengan ciri khas yang keren dan berbeda.

1. Nagoro (Jepang)

Kota terunik di dunia yang pertama adalah Nagoro yang berada di Jepang. Tepatnya berada di 550 kilometer di sebelah Selatan ibu kota Tokyo.

Keunikan yang terpampang nyata di desa ini terlihat dari banyaknya boneka yang tersebar di berbagai sudut.

Bentuk boneka ini mirip dengan orang-orangan sawah, dengan ukuran setinggi anak-anak hingga orang dewasa.

Uniknya, semua boneka mengenakan busana layaknya penduduk setempat. Bahkan ada yang memakai topi dan syal.

Rupanya, keunikan ini bermula dari ide seorang pria tua yang merasa kesepian tinggal di Nagoro.

Maklum saja, jumlah lansia di desa ini lebih banyak dibandingkan jumlah angka kelahiran. Sehingga desa ini sepi dari riuh suara anak-anak.

Untuk mengatasi kesepian dan kerinduan pada anak-anak, maka pria tua tersebut memiliki ide untuk membuat boneka yang mirip dengan anak-anak.

Boneka itu dikenakan pakaian dan diletakkan di berbagai sudut hingga jumlahnya sangat banyak sampai sekarang.

2. Neft Daslari (Azerbaijan)

Nama kota Neft Daslari mungkin masih asing di telingamu. Wajar saja, sebab letaknya berada di Azerbaijan, sebuah negara timur tengah yang berada di dekat Laut Kaspian.

Neft Daslari disebut sebagai kota terunik di dunia karena merupakan area dengan lahan buatan di Laut Kaspian. Sebenarnya, kota ini bukan sepenuhnya menjadi pemukiman, karena didominasi oleh kantor pekerja tambang minyak bumi.

Ya, Azerbaijan yang memiliki sumber daya minyak bumi yang cukup melimpah membuat Neft Daslari memang dirasa perlu dibangun. Fungsinya untuk menunjang kegiatan tambang minyak sebagai penyokong ekonomi.

Kalau ada kesempatan, coba deh datang ke sini!

3. Roswell (Amerika Serikat)

Kota Roswell di Amerika Serikat menjadi kota terunik di dunia karena konsep yang unik, yakni semuanya serba dihias dengan hiasan alien! Konsep ini lahir dari sejarah yang terjadi pada tahun 1947. Di maa sebuah UFO dikabarkan jatuh di kota ini.

Karena banyak sebagian orang yang meyakini isu tersebut, dan sebagian pihak lainnya merasa ini menjadi peluang untuk menarik ciri khas Kota Roswell, maka jadilah konsep kota unik tersebut.

Beberapa pajangan bernuansa alien dan UFO dipasang di beberapa sudut kota. Keunikan ini cukup menarik para wisatawan.

(Baca Juga: Deretan Kota Terkotor di Dunia, Yakin Mau Singgah?)

4. Slab City (Amerika Serikat)

Ada istilah yang mengatakan “peraturan dibuat untuk dilanggar”. Tapi, bagaimana jika sebuah kota justru eksis karena tidak memiliki peraturan sama sekali? Jangan kaget, sebab kota terunik di dunia ini bernama Slab City yang terletak di Amerika Serikat.

Slab City diklaim sebagai kota terbebas di Amerika Serikat, tanpa peraturan sama sekali. Tidak ada biaya parkir, aliran air dan listrik resmi, toilet umum, bahkan hukum kota. Seru sih, tapi kamu juga harus waspada dengan keamanannya, ya!

5. Setenil de las Bodegas (Spanyol)

Kota terunik di dunia yang selanjutnya adalah Setenil de las Bodegas yang berada di Spanyol. Keunikan dari kota ini adalah letak pemukiman warga yang berada di antara perbukitan bebatuan.

Meskipun terkesan berbahaya, keamanan kondisi geografi Setenil de las Bodegas terjamin kok. Kota ini bahkan dijadikan tujuan wisata unik di Spanyol.

6. Coober Pedy (Australia)

Coober Pedy adalah sebuah kota yang terletak di Australia Selatan, 846 kilometer dari Utara Adelaide. Hanya ada sekitar 1.700-an warga yang tinggal di sini.

Sebab, Coober Pedy merupakan kota bersuhu panas menyengat. Sehingga warganya memutuskan membangun ruangan bawah tanah. Tak hanya rumah, cafe, hotel, gereja, dan tempat-tempat lainnya berada di bawah tanah. Unik banget!

7. Hallstat (Tiongkok)

Kota terunik yang terakhir adalah Hallstat di Tiongkok. Letaknya di Luoyang, Boluo County, Tiongkok.

Sebagian besar pembangunan dan tata letak kota di sini meniru gaya arsitektur kota dengan nama yang sama di Austria.

Peniruan kota ini dilakukan oleh perusahaan properti swasta, dengan tujuan untuk memberi nuansa Austria tanpa harus pergi ke negara tersebut. Sebab, jaraknya jauh dan tidak semua warga setempat bisa bepergian ke luar negeri.

Kota Hallstat di Tiongkok tak kalah bersih dengan yang ada di Austria. Cocok banget dikunjungi wisatawan Asia karena jaraknya lebih dekat.

Jadi, kamu tak perlu repot-repot pergi jauh ke Austria, kan?

Mengunjungi kota terunik di dunia akan makin aman jika kamu memiliki asuransi kesehatan. Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan sesuai kebutuhan.

Klaim manfaat bahkan bisa cair di rumah sakit luar negeri. Bepergian kemana pun akan jadi terasa lebih aman. Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah