Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kuasai Cara Cek Kuota Internet Smartfren Biar Gak jadi Latte Factor

by CekAja on 13 Mei, 2019

Kecanggihan teknologi seharusnya membuat orang lebih mudah mengelola kondisi finansial pribadi. Selain mudah mengecek saldo rekening dan membayar tagihan, melakukan cek kuota internet Smartfren atau provider lainnya juga semakin praktis. Sehingga kamu dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja.

smartphone 2018

Sayangnya, generasi milenial tanah air justru kerap terjebak latte factor yang berujung pada perilaku boros.

Latte factor adalah pengeluaran-pengeluaran kecil yang dilakukan secara terus-menerus tanpa kita sadari. Akibatnya, pengeluaran kamu pun membengkak karena latte factor tersebut.

Ingin tahu apa saja hal-hal yang menjadi latte factor bagi generasi milenial? Inilah ulasannya!

  1. Kuota Internet

Tak dapat dipungkiri bahwa kuota internet juga menjadi salah satu latte factor bagi generasi milenial. Terutama bila kamu sering bermain game, streaming, atau mengakses media sosial yang butuh kuota internet. Akibatnya, pengeluaran kamu jadi boros karena kuota internet bisa habis dalam waktu singkat.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah melakukan proses cek kuota internet secara teratur. Sehingga kamu tergugah untuk menghemat penggunaan kuota internet sampai batas masa aktifnya berakhir.

(Baca juga: Jurus Jitu Kumpulkan Uang Nikah Dalam 1 Tahun!)

Kalau kamu adalah pengguna provider Smartfren, cara mengecek kuota internetnya dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Cara Cek Kuota Internet Smartfren melalui Dial Telepon

Jika ingin mengecek kuota internet Smartfren melalui dial telepon, kamu tinggal mengakses *995#. Maka kamu akan segera mendapatkan informasi mengenai sisa kuota internet secara praktis.

  • Cara Cek Kuota Internet Smartfren melalui SMS

Cara cek kuota internet Smartfren melalui SMS juga tak kalah mudah dibandingkan telepon. Kamu tinggal mengetik kata “CEK” lalu mengirimkannya ke nomor 995. Sistem Smartfren akan mengirimkan SMS balasan berisi informasi kuota internet kamu.

  • Cara Cek Kuota Internet Smartfren via Aplikasi MySmartfren

Kamu dapat mengunduh aplikasi MySmartfren melalui Google Play Store atau App Store agar proses cek kuota internet jadi lebih praktis. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kamu harus segera login menggunakan nomor HP. Maka kamu pun bisa segera mengakses informasi seputar sisa kuota internet yang ada.

  • Cara Cek Kuota Internet Smartfren via Website

Satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kuota internet Smartfren yaitu melalui website. Setelah berhasil masuk ke URL https://my.smartfren.com/, kamu harus melakukan registrasi dan melengkapi data diri. Barulah nanti kamu bisa login dengan username dan password untuk mengakses informasi sisa kuota internet.

  1. Jajan Lewat Aplikasi Ojek Online

Layanan delivery makanan dari ojek online memang sangat menyenangkan dan praktis. Kamu bebas memilih makanan dan minuman sesuai selera kemudian segera memesannya.

Tanpa harus keluar rumah atau kantor, pesanan kamu akan segera diantarkan oleh pengemudi ojek online. Sayangnya, semua kemudahan tersebut membuatmu semakin boros. Karena kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk harga makanan yang lebih mahal serta biaya antar ojek online.

Kalau kamu sering jajan melalui aplikasi ojek online, kemungkinan besar pengeluaranmu akan semakin berlipat ganda.

  1. Sering Membeli Makanan

Selain jajan melalui aplikasi ojek online, membeli makanan di luar juga menjadi latte factor bagi generasi milenial. Karena harga makanan kelas menengah kini dibanderol dengan harga cukup tinggi. Terutama jika kamu hobi berwisata kuliner.

Sebagai gantinya, alangkah lebih baiknya bila kamu memasak makanan sendiri dan membawa bekal dari rumah. Tak hanya lebih murah, membawa bekal sendiri juga membuat kamu bisa menyesuaikannya dengan porsi dan selera.

  1. Fast Fashion

Membeli produk-produk bernuansa fast fashion dianggap lebih efisien karena harganya cukup terjangkau. Kamu pun bisa bergaya mengikuti tren fashion terkini dengan modal ratusan ribu rupiah saja.

Sayangnya, fast fashion didesain agar kamu sering berbelanja dalam kurun waktu beberapa bulan sekali. Sehingga pengeluaran kamu tetap jadi boros jika sering membeli aneka item fashion yang sedang tren. Padahal, pakaian yang sudah kamu miliki pasti lebih dari cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

  1. Nongkrong bersama teman

Nongkrong di kafe kini memang menjadi gaya hidup yang tak lepas dari kebiasaan generasi milenial. Aktivitas nongkrong di kafe dilakukan untuk bersantai, bekerja remote, maupun bertemu dengan klien bisnis.

Sesekali nongkrong di kafe tentu tak jadi masalah. Namun, hal tersebut akan jadi masalah besar kalau kamu sering melakukannya. Karena butuh biaya besar setiap kali nongkrong di kafe.

Apalagi bila kamu mengunjungi kafe yang instagramable dan pilihan menunya dibanderol dengan harga mahal.

  1. Sering Naik Ojek Online

Ojek online menjadi solusi tepat untuk menghadapi kemacetan di kota-kota besar. Namun, kamu jadi lebih boros bila sering naik ojek online saat beraktivitas. Karena kini ongkos ojek online memang terbilang tidak murah.

Alangkah lebih baik jika kamu menyiasatinya dengan cara mengendarai motor pribadi atau memilih moda transportasi umum lainnya.

Tak cuma membuat upaya penghematan jadi efektif, kamu pun bisa menghemat waktu tempuh saat beraktivitas. Saat ini, sudah banyak moda transportasi umum yang murah dan tepat waktu di berbagai kota besar di Tanah Air.

(Baca juga: Puasa dan Lebaran Zaman Now: Pakai Gadget Buat Permudah Ibadah)

Selain beberapa latte factor tersebut, tentu masih ada berbagai latte factor lainnya yang akrab dengan kehidupan generasi milenial. Kamu harus cermat meminimalkan latte factor tersebut demi meminimalkan pengeluaran bulanan.

Kalau kamu terbiasa hidup hemat, pasti tak akan kesulitan mengurangi latte factor. Maka pendapatan kamu pun akan berlebih dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan penting lainnya.

Namun, kalau kamu masih tetap tidak bisa mengurangi pengeluaran latte factor, memanfaatkan promo dan diskon dari kartu kredit bisa membuatmu sedikit berhemat bukan? Ajukan aplikasi kartu kredit sesuai kebutuhanmu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami