Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Kuliah Jurusan IT? Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Didapat

by Sindhi Aderianti on 18 Oktober, 2018

Secara umum, teknik merupakan suatu jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari cara merekayasa sesuatu sehingga hal tersebut bermanfaat untuk banyak orang. Di era serba canggih seperti sekarang, salah satu jurusan yang amat berpengaruh di hampir semua bidang adalah teknik informatika (IT).

mahasiswa tingkat akhir - CekAja.com

Lihat saja produk-produk teknologi berbentuk software yang kini sedang berkembang dan maju seperti platform aplikasi ojek online atau marketplace. Inovasi itu semua bisa dibilang berakar dari ilmu IT.

Rata-rata mata kuliah di informatika mengajarkan bagaimana membuat suatu kode program menggunakan computer dengan algoritma dan logika tertentu dalam rangka menyelesaikan suatu permasalahan. Biasanya disebut pula dengan istilah coding.

Kuliah di jurusan IT memberi Anda banyak peluang untuk berkarir sebagai profesional di masa depan. Ada banyak pekerjaan bergengsi yang nantinya bisa Anda perani. Bonusnya, gaji yang didapat pun cukup besar dengan kisaran Rp 8 juta sampai dengan Rp 15 juta. Berikut 5 pekerjaan tersebut:

1. Software Engineer

Tugas dari seorang software engineer ialah mengembangkan suatu perangkat lunak untuk nantinya dipakai menjalankan sebuah sistem. Misalnya, mengembangkan software pendidikan, bisnis, hiburan, games, dan lain sebagainya. Seperti aplikasi-aplikasi smartphone tadi.

Bagi Anda yang suka menciptakan hal baru, pekerjaan ini sangat cocok dilakoni. Jika seluruh sistem sudah sepenuhnya dirancang, tanggung jawab software engineer selanjutnya hanya seputar menguji, debug, dan pemeliharaan.

(Baca juga: Cek! 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik)

2. Programmer

Menjadi seorang programmer, berarti Anda merupakan inti dan tulang punggung dalam software development karena tidak akan terwujud sebuah software aplikasi tanpa adanya programmer. Cakupan bidang seorang programmer ini luas.

Anda bisa menjadi seorang programmer di dunia industri, pertelevisian, media, perbankan, instansi pemerintah, bisnis, dan masih banyak lagi. Pemrograman komputer membutuhkan sebuah kode etik, dan kebanyakan dari kode-kode etik ini disadur berdasarkan kode etik yang kini digunakan oleh perkumpulan programmer Internasional.

(Baca juga: Cek Perhitungan Biaya Pendidikan untuk Anak)

IT Consultant

Dengan pemahaman lebih mengenai teori teknologi, bahasa pemograman, serta keahlian menciptakan program berbasis komputer yang lebih efektif, Anda juga bisa menjadi seorang IT consultant. Pekerjaan bergensi ini biasanya selalu dibutuhkan banyak perusahaan.

Terutama perusahan yang selalu up to date dengan perkembangan zaman seperti advertising agency. Tugas utama seorang terdiri dari merencanakan hingga evaluasi penerapan teknologi. IT consultant juga akan memberi ide untuk perusahaan atau klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis mereka.

(Baca juga: Cara Persiapkan Biaya Pendidikan dengan Modal Minim)

Web Developer

Pekerjaan di bidang IT selanjutnya ada web developer. Web Developer adalah orang yang pekerjaannya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman seperti Java, PHP, .NET, atau Python.

Mungkin secara sederhananya, web developer dapat dikatakan sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengelola website dari nol. Sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, tugas web developer juga mencakup penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website.

5. UI/UX Designer

Saat menggunakan aplikasi digital seperti memesan paket wisata online, Anda akan dibawa melalui beberapa halaman hingga sistem menyatakan bahwa Anda berhasil memesan paket wisata tersebut. Semua komponen itu termasuk ke dalam UI (User Interface).

Tugas UI Designer adalah mendesain halaman halaman tersebut, dan juga mendesain bagaimana interaksi setiap elemen yang ada di halaman sehingga Anda tidak kebingungan untuk melalui proses pemesanan paket wisata.

Sebelum mendesain halaman tersebut, seorang UI Designer biasanya bekerja dengan designer bagian UX (User Experience) untuk merancang alur dari proses tersebut.

Lulusan IT dengan kata lain sangat terjamin masa depannya. Mengingat semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga pakar teknologi demi kelangsungan operasional dan progres kantor mereka secara digital.

Untuk itu dari sekarang, kembangkan terus skill IT yang Anda punya. Karena perusahaan yang mempekerjakan tenaga IT akan lebih mempertimbangkan keahlian seseorang dibandingkan dari universitas mana Anda berasal. Sehingga nantinya setelah lulus, Anda bisa langsung diterima menjadi salah satu dari lima pekerjaan di atas.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.