Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Legitnya Bisnis Kue Khas Lebaran yang Tak Lekang Waktu

by Teti Purwanti on 16 Mei, 2019

Selain bersilaturahmi dan bertemu dengan keluarga yang jarang-jarang terjadi, momen Lebaran adalah saat yang tepat untuk makan sepuasnya. Bahkan beberapa keluarga memiliki menu dan kue favorit yang selalu disajikan saat lebaran.

Meski ada banyak kue khas dari berbagai daerah, namun beberapa kue yang sejak dulu dikenal sebagai kue Lebaran tetap menjadi favorit sepanjang masa. Mau tahu apa saja kue yang wajib ada di meja tamu keluarga kamu dan juga cepat juga ludesnya? Berikut daftarnya:

  1. Nastar

Kue kering ini identik dengan nanas yang menjadi isiannya. Beberapa orang suka dengan rasa nanas yang sedikit asam, namun beberapa orang ada yang suka rasa manisnya.

(Baca juga: Mau Berburu Kue Lebaran? Cek Hal-hal ini!)

Seperti juga pilihan martabak, kue kering ini juga memiliki dua pilihan mentega yang berbeda. Dengan mentega yang lebih baik, kue kering ini akan sangat lembut dan lumer di mulut bahkan tanpa digigit.

Adapun bentuk nastar diperbaharui terus bentuknya, ada yang hanya seperti tomat dengan cengkeh di atasnya. Ada pula dengan keju sehingga makin menambah cita rasa si nastar.

  1. Kastengel

Karena keju tidak pernah salah, termasuk saat menjadi kue kering. Tidak banyak yang tahu kalau menggunakan jenis keju yang berbeda akan membuat cita rasa kastengel juga berbeda. Berbeda dengan nastar yang cenderung manis dan asam, kastengel didominasi rasa gurih yang bikin ketagihan.

  1. Putri Salju

Putri salju merupakan kue kering yang umumnya memiliki bentuk seperti bulan sabit lalu ditaburi dengan gula halus dingin atau bisa juga susu bubuk yang menyerupai salju. Supaya camilan ini terasa lebih nikmat, biasanya potongan kacang mede akan ditambahkan ke dalam adonan atau bisa juga keju.

Bahkan bersama zaman, ada pula putri salju rasa green tea, sehingga kue tersebut hijau dan dibalut gula. Putri salju sangat cocok untuk dinikmati dengan kopi, sambil menghangatkan obrolan dengan keluarga yang sudah lama tidak ditemui.

  1. Lidah Kucing

Lidah kucing adalah kue yang berasal dari Belanda dengan bentuk tipis dan panjang menyerupai lidah. Kalau kue lain berbahan dasar mentega dan terigu, lidah kucing adalah kue dengan bahan dasar putih telur. Seiring zaman, kue ini juga ada yang berwarna pelangi, green tea, dan juga keju.

  1. Biji Ketapang

Kue ini berasal dari Betawi dan meski dibuat dengan bahan yang cenderung murah namun hanya ada saat momen lebaran. Kue ini tidak memerlukan mentega, hanya terigu, santan, dan parutan kelapa sangria. Meski murah dan terkesan biasa saja, kue ini tidak kalah jika rasanya diadu dengan kue kekinian.

  1. Kue Cornflake

Bisa dibilang kue cornflake cenderung baru dibandingkan kue-kue lainnya. Biasanya cornflake dicampur dengan lelehan cokelat kemudian dibentuk bulat-bulat lalu didinginkan. Untuk mempercantik bentuknya, kue cornflake biasanya ditaburi coklat warna-warni.

  1. Kue Kacang

Kue kering lebaran ini punya rasa yang legit, gurih, dan renyah banget. Sensasi crunchy ini tercipta dari cincangan kacang yang sudah disangrai.

Kalau kue lain menggunakan mentega, kue ini menggunakan takaran jumlah minyak goreng yang hampir sama dengan terigu dan gula. Kue ini juga sangat enak untuk teman ngeteh bersama keluarga.

  1. Kacang-kacangan

Entah darimana asal-usulnya, kacang-kacang seperti kacang tanah digoreng yang dikenal dengan nama kacang bawang dan kacang mede hampir selalu ada pada hari lebaran. Bersama waktu, jenis kacang-kacangan ini juga bertambah, temasuk kacang almond yang lebih mahal, atau kacang disko dan kacang telur.

  1. Rengginang

Rengginang dikenal sebagai isi pengganti dari toples-toples yang sudah habis, padahal kue ini punya rasa yang tidak kalah dari kue-kue lainnya. Rasanya renyah, gurih dan bikin mau lagi, meski rengginang hanyalah kue pengganti untuk pengisi toples.

  1. Dodol

Kue hitam pekat ini juga sangat ditunggu-tunggu kala lebaran, apalagi kalau kamu tinggal di Betawi. Kue ini dibuat dengan sangat serius oleh banyak orang dan membutuhkan waktu yang panjang sebelum bisa dinikmati. Saat kue ini sudah mengeras, bisa digoreng tepung dan rasanya kembali enak dan lembut.

(Baca juga: Parcel Lebaran Isi Makanan Bikin Bosan? Ini 6 Ide yang Bisa Kamu Coba)

Apakah kamu sudah memesan kue lebaran untuk disuguhkan? Atau artikel ini justru membuatmu tertarik untuk kembali mengeluarkan resep kue kering dari orang tua, dan membuatnya dalam jumlah banyak untuk dijual secara online?

Jangan pernah memendam hasrat untuk berniaga dengan alasan kekurangan modal ya. Pilih kredit tanpa agunan (KTA) atau kredit usaha kecil menengah (UKM) yang bisa kamu dapatkan lewat CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.