Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Lima Bali Baru Buat Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

by Miftahul Khoer on 28 November, 2019

Selama ini Bali menjadi destinasi wisata utama andalan Indonesia yang banyak menarik minat wisatawan lokal ataupun mancanegara. Saking terkenalnya Bali, banyak juga turis mancanegara yang lebih mengenal Bali dibanding Indonesia.

Padahal, Bali merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada periode Januari-September 2019 tercatat ada 4.651.334 turis asing yang berkunjung ke Bali melalui bandara I Gusti Ngurah Rai.

Oleh karena kesuksesan Bali pula, pemerintah berencana membuat lima Bali baru. Kawasan mana sajakah Bali baru tersebut? Yuk simak bersama, siapa tau bisa jadi inspirasi destinasi wisata liburan kamu akhir tahun ini.

Danau Toba

Danau Toba

Ikon wisata ini terkenal karena danau alami yang berada di ketinggan 900 meter di atas permukaan laut dengan ukuran yang sangat gigantis. Apalagi di tengah-tengahnya terdapat pulau bernama Samosir. Danau Toba tengah dibangun secara serius oleh pemerintah sebagai Bali baru dengan digelontorkannya dana hingga Rp2,2 triliun.

Di kawasan ini sudah berdiri The Kaldera-Toba Nomadic Escape di lahan Zona Otoritas Kabupaten Toba Samosir. Selain ini, kapasitas bandara Silangit di Siborong-borong juga terus ditingkatkan agar siap menampung kunjungan wisatawan yang ditargetkan bisa mencapai 1 juta wisatawan mancanegara per tahun.

Borobudur

Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Budha di Magelang, Jawa Tengah, yang terletak sekitar 100 km di Barat Daya Semarang, 86 km sebelah Barat Surakarta, dan 40 km sebelah Barat Laut Yogyakarta.

Candi dengan bentuk stupa ini didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana pada sekitar tahun 800-an masehi di masa pemerintahan dinasti Syailendra. Candi yang sempat menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini merupakan kuil Budha terbesar di dunia.

(Baca juga: 10 Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2019, Minat Wisata ke Sini?)

Karena daya tariknya tersebut, pemerintah menyiapkan Rp2,1 triliun untuk pengembangan destinasi ini sehingga bisa lebih banyak lagi menarik minat dari wisatawan mancanegara.

Untuk mendukung pengembangan kawasan wisata ini, pemerintah telah membangun Yogyakarta International Airport di Kulon Progo yang melayani 66 penerbangan dengan kapasitas bandara mencapai 3 juta penumpang.

Labuan Bajo

Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah salah satu desa dari 19 desa dan kelurahan yang ada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara TImur.

Desa tersebut saat ini dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata andalan karena memiliki panorama dan keindahan alam yang tak terbantahkan.

Ada beberapa tujuan wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan saat berkunjung ke sana, antara lain Pulau Rinca, air terjun Cunca Wulang, Pulau Kanawa, gua Rangko, Pulau Padar, dan Wae Rebo.

Di kawasan tersebut saat ini sudah banyak dibangun hotel, kawasan komersial, hingga pelabuhan ferry dengan alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp6,3 triliun.

Mandalika

Mandalika

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini resmi menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata sejak 2017.

Destinasi wisata ini cocok menjadi tempat liburan yang menyenangkan dengan adanya beberapa fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel dan fasilitas rekreasi lainnya.

Setidaknya ada 7 titik wisata alam yang menawan di kawasan ini antara lain Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Sereting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, dan Pantai Gerupuk.

Selain itu, di kawasan ini juga sedang dibangun sirkuit internasional yang nantinya akan digunakan untuk ajang balapan MotoGP tahun 2021. Sirkuit tersebut memiliki panjang 4,3 km dengan 17 tikungan untuk balapan sebanyak 24 hingga 27 putaran. Pemerintah menganggarkan Rp1,9 triliun untuk pengembangan kawasan tersebut.

Likupang

Likupang

Pemerintah menganggarkan Rp773,71 miliar untuk pengembangan kawasan Likupang yang menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas. Destinasi wisata ini sebenarnya masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, namun menyimpan potensi dan keindahan alam yang tidak diragukan lagi.

Terdapat beberapa pantai yang indah untuk dikunjungi antara lain Pantai Pulisan, Pantai Paal, dan Ekowisata Bahoi. Likupang adalah destinasi wisata di Sulawesi Utara yang menawarkan potensi wisata laut yang mengagumkan dan sayang untuk dilewati oleh para traveler domestik maupun mancanegara.

Diskon Besar Pakai Kartu Kredit BRI

Dari lima Bali baru ini mana yang mau kamu kunjungi dahulu pada 2020 mendatang? Manfaatkan beragam promo menarik dari kartu kredit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang memanjakan nasabah pemegang kartu kreditnya dengan menyediakan 14 pilihan promo kategori travel and transportations di akhir tahun ini.

(Baca juga: Yuk, Liburan ke 6 Destinasi Wisata Romantis Bebas Visa Bersama Pasangan)

Beberapa rekomendasi promo kartu kredit BRI yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat biaya liburan di akhir tahun, antara lain:

1. Year End Sale Zenrooms

Dengan menggunakan kartu kredit BRI jenis apapun, kamu bisa memesan kamar melalui website dan aplikasi Zen Rooms dan cukup membayar 2 malam untuk lama menginap 3 malam di jaringan penginapan domestik atau internasional yang bekerja sama dengan Zen Rooms.

Pesan kamar di destinasi liburan akhir tahun kamu sekarang juga, karena promo ini berlaku hanya untuk pemesanan yang dilakukan maksimal 31 Desember 2019.

2. Diskon 50% di OYO Rooms

Pemilik kartu kredit BRI jenis apapun bisa menikmati diskon 50 persen untuk menginap maksimal 7 hari dan 7 malam di seluruh jaringan OYO Hotel di Indonesia. Kamu cuma perlu memastikan tarif penginapan kamu minimal Rp300.000 dan sudah bisa menikmati promo tersebut sampai 31 Desember 2019.

Buat kamu yang belum punya kartu kredit BRI, buruan pilih dan ajukan secara online lewat CekAja.com buat nikmatin promo-promo tersebut. Ajukan sekarang juga, lewat sini!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.