Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Lima Cara Meraup Uang dari Instagram

by CekAja on 15 Oktober, 2019

Kehadiran Instagram langsung menarik perhatian bagi pengguna media sosial di seluruh dunia. Aplikasi berbagi foto dan video ini ternyata tidak hanya dijadikan ajang menjaga eksistensi diri di dunia maya, namun sebagian penggunanya justru mendapatkan uang dengan cerdas dari Instagram. Terlebih, Instagram juga selalu berinovasi untuk menambahkan fitur-fitur baru yang lebih interaktif.

belanja online - CekAja.com

Instagram sudah berusia 9 tahun pada 6 Oktober 2019 kemarin, media sosial ini telah memiliki ratusan jutaan pengguna, baik yang menggunakannya sebagai hiburan semata hingga untuk membuka peluang usaha.

Aplikasi besutan Kevin Systrom dan Mike Krieger ini juga telah diakusisi Facebook pada tahun 2012 lalu, sehingga kini Instagram telah menjadi keluarga Facebook, dan keberadaannya pun semakin berkembang.

Pasalnya, kini selain menjadi media sosial untuk tempat mencari inspirasi atau motivasi, Instagram juga telah merambah menjadi platform e-commerce. Di mana beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram, sangat bisa dilakukan. Bahkan, tidak sedikit brand-brand baru lokal Indonesia, yang sukses di Instagram.

Terlebih, dengan adanya fitu-fitur baru seperti fitur bisnis dan belanja, membuat para pelaku bisnis semakin mudah dalam memanfaatkan Instagram, sebagai media sosial yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Namun, selain perusahaan besar yang bisa memanfaatkan Instagram sebagai platform e-commerce, ternyata kamu juga bisa menggunakan cara lainnya untuk mendapatkan uang dari Instagram, tanpa modal sekalipun.

Simak deretan cara mendapatkan uang dari Instagram berikut ini:

1. Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Menjual Produk

Untuk mendapatkan uang dari Instagram yang pertama dan paling sering dilakukan adalah dengan menjual produk. Produk di sini, bisa berbagai macam, yakni mulai dari makanan, pakaian, kosmetik, barang bekas, barang elektronik, produk digital seperti, hingga properti.

Namun, tidak sedikit dari para pelaku usaha ini, yang tidak membuat produknya sendiri. Mereka yang tidak memiliki produk sendiri, biasanya berjualan dengan sistem dropship atau reseller dari toko online.

(Baca juga: Jangan Panik, Ini Dua Langkah Mudah Pulihkan Akun Instagram yang Diretas)

Selain itu, jika kamu berjualan barang di media sosial juga tidak dipungut biaya sepeserpun dari pihak Instagram. Sehingga, kamu bisa mengambil keuntungan yang cukup besar. Bagaimana, sudah ada rencana untuk bisa mendapatkan uang dari Instagram dengan berjualan?

2. Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Menawarkan Jasa

Cara mendapatkan uang berikutnya dari Instagram yang tak kalah menguntungkan adalah dengan menjual jasa. Jenis jasa yang bisa kamu jual juga beragam, yakni mulai dari jasa membuat desain (logo, kartu nama, banner, poster, dan lain-lain), lalu kamu juga bisa menjual jasa pembuatan website atau blog, dan bahkan jasa interior.

Nah, buat kamu yang mempunyai keahlian di atas, manfaatkanlah media sosial Instagram sebagai cara mendapatkan uang yang praktis dan gratis.

3. Mendapatkan Uang dari Instagram Lewat Bisnis Jasa Titip Beli Barang Branded

Selain menjual jasa yang berasal dari keahlian, kamu ternyata juga bisa membuka jasa titip beli barang branded, sebagai cara mendapatkan uang dari Instagram, yang asyik dan menyenangkan.

Cara ini sangat cocok dilakukan oleh kamu yang senang jalan-jalan ditambah sering update di Instagram, bisnis yang satu ini sangat memungkinkan untuk bisa mendapatkan uang.

Penyedia layanan tersebut dikenal dengan istilah personal shopper atau jasa titip (jastip) ini ternyata kebanyakan para wanita loh. Terlebih mereka tentunya sangat selektif dalam mencari barang branded atau barang unik untuk direkomendasikan kepada calon pelanggan.

Tidak hanya di dalam negeri saja seperti membeli barang branded di mal, kamu yang sering pergi ke luar negeri juga bisa membangun usaha jastip, untuk membeli barang branded yang tidak dijual di Indonesia. 

4. Berjualan Foto di Instagram

Cara selanjutnya untuk bisa mendapatkan uang dari Instagram adalah dengan menjual foto. Untuk kamu yang senang dengan dunia fotografi, peluang ini mungkin bisa dijadikan ladang penghasilan.

Dengan mem-posting foto-foto hasil karyamu di Instagram, kamu bisa membanderolnya misal untuk kebutuhan proyek, media, penelitian, iklan atau hal lainnya.  

(Baca juga: 5 Tempat Wisata ‘Instagramable’ yang Sedang Tren)

Namun, sebelum di-posting, sebaiknya foto-fotomu diberikan watermark terlebih dahulu, agar tidak mudah dicuri. Sehingga, jika ada pihak yang menginginkan foto hasil karyamu tanpa watermark, mereka harus membelinya terlebih dahulu.

5. Menjadi Endorser

Jasa endorsement juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram. Namun tidak sembarang orang bisa menekuni pekerjaan ini, karena jika kamu ingin mendapatkan sebuah endorse dari sebuah produk, harus memiliki pengikut atau followers yang banyak.

Pekerjaan endorser sendiri merupakan pekerjaan di mana seseorang mempromosikan barang dari suatu brand dari yang terkenal hingga brand rumahan, lalu sang endorser nantinya akan dibayar oleh pihak pemilik brand dan mendapatkan produk yang dipromosikan secara gratis. Namun, seperti yang sudah di bahas di atas, endorser setidaknya adalah seorang yang terkenal, mempunyai banyak pengikut di Instagramnya.

Nah, itu dia beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram, yang bisa kamu coba. Namun, meski Instagram tidak memungut biaya sebagai platform yang sangat efektif untuk mendapatkan uang, setidaknya kamu juga perlu modal untuk menjalankan beberapa bisnis, yang sudah direkomendasikan di atas.

Karena, Instagram di sini hanya sebagai alat atau media promosi, untuk bisa memulai bisnis hingga menjual jasa, kamu tentunya butuh modal usaha. Nah, bicara tentang modal usaha, jika kamu belum memiliki banyak uang untuk membangun usaha, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mendapatkan pinjaman dana cepat untuk modal usaha dengan mudah lewat situs Cekaja.com.

Tentang Penulis