8 Lokasi Paling Berisiko Tularkan Covid-19, Jauhi Selagi Sehat!

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Lokasi paling berisiko tularkan covid-19 harus kamu ketahui untuk mencegah diri tertular dari virus berbahaya ini. Berikut daftar tempat yang harus kamu hindari!

Di Indonesia, penularan virus corona atau Covid-19 semakin menjadi-jadi saja. Kasus per hari terus meningkat hingga ribuan kasus.

Sejak bulan Maret 2020, Pemerintah menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penularan Covid-19. Jika bukan dalam keadaan mendesak, sebaiknya kita tetap berada di rumah saja.

Penerapan protokol kesehatan juga wajib dijalani. Seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer maupun menggunakan sarung tangan bila perlu.

Karena merupakan virus baru, masih diperlukan banyak penelitian lebih lanjut terkait cara penularan, gejala, hingga pembuatan vaksin penangkal.

Waspadai Happy Hypoxia

Kini, gejala baru seseorang yang terinfeksi virus Covid-19 terus ditemukan. Happy hypoxia merupakan gejala yang baru diketahui pada awal September 2020 ini yang diklaim bisa menjadi cara mendeteksi dini keberadaan Covid-19 pada tubuh seseorang.

Happy hypoxia adalah kondisi dimana seseorang yang sudah terjangkit Covid-19 tidak merasakan gejala umum. Mereka seolah baik-baik saja, tidak merasakan demam, batuk, pilek, apalagi sesak napas.

Namun, tanpa disadari, kadar oksigen di dalam darahnya (disebut juga saturasi oksigen) sebenarnya sudah menurun drastis.

Tubuh yang memiliki tingkat saturasi oksigen akan mengalami gangguan fungsi berbagai organ dalam yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius, hingga kematian mendadak.

Seseorang disebut memiliki saturasi oksigen yang rendah jika berada di bawah angka 95 persen. Kadar saturasi oksigen bisa diukur dengan alat bernama Pulse Oximeter.

Virus Covid-19 bisa saja menurunkan kadar saturasi oksigen terlebih dulu, sebelum akhirnya seseorang merasakan gejala umum lainnya. Maka dari itu, kamu harus mewaspadai happy hypoxia dengan menjaga diri dari kemungkinan penularan Covid-19.

Cara Penularan Covid-19 Terbaru

Tidak hanya temuan gejala baru seperti happy hypoxia, cara penularan virus Covid-19 terbaru juga semakin berkembang seiring dengan waktu.

Sejauh ini penularan Covid-19 dapat dipastikan melalui droplet atau cairan mulut penderita yang masuk melalui mata, hidung atau mulut orang lain.

Namun, ada beberapa temuan lain yang dari penelitian terbaru yang harus kamu waspadai.

Yakni temuan efektifitas masker scuba yang ternyata sangat buruk, sehingga tidak disarankan untuk digunakan untuk aktifitas di luar rumah saat pandemi.

Virus Covid-19 bisa ditularkan oleh penderita yang hanya menggunakan masker scuba.

Selain itu, cara penularan virus Covid-19 lainnya diduga dari pertukaran udara pada ruangan sempit.

Ruangan tertutup yang hanya menggunakan AC sebagai pengatur sirkulasi udara membuat pertukaran udara terbatas, dan menyebarkan virus jika ada salah satu suspek di dalam ruangan tersebut.

Terbukti, area perkantoran yang umumnya berada dalam gedung tertutup menjadi salah satu lokasi paling berisiko tularkan covid-19.

Di beberapa kota besar di Indonesia, sebagian pekerja yang sebelumnya diminta kembali bekerja di kantor pada masa new normal akhirnya kembali bekerja dari rumah.

Sebab, pihak perusahaan khawatir dengan risiko penularan virus Covid-19 di kantor.

(Baca Juga: Urutan Gejala Umum pada Pasien Covid-19, Beserta Tipe Gelajanya!)

Karakteristik Lokasi Paling Berisiko Tularkan Covid-19

Pada bulan Juli 2020, lembaga kesehatan dunia World Health Organization (WHO) menyebutkan karakteristik lokasi paling berisiko tularkan covid-19. Di antaranya sebagai berikut:

Lokasi keramaian

Pusat keramaian tentu saja menjadi lokasi paling berisiko tularkan covid-19. Jika kita bergabung dalam tempat yang ramai dipenuhi oleh orang asing, kita sangat mungkin tertular Covid-19.

Setiap orang bisa tertular di mana saja. Jika ada satu orang yang menjadi suspek, maka orang di sekitarnya juga bisa tertular.

Makanya, jauhi keramaian, ya!

Lokasi dengan ruangan sempit

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ruangan sempit akan membuat kita saling berdekatan satu sama lain.

Jika kamu terpaksa harus berada di dalam ruangan sempit seperti ruang antrian atau toilet umum, ingatlah untuk selalu jaga jarak setidaknya dalam radius 2 meter dengan orang lain.

Jangan bersentuhan atau melakukan kontak dalam jarak yang dekat tanpa menggunakan masker.

Lokasi dengan ruangan sempit dan tertutup

Gabungan antara ruangan sempit dan tertutup juga menjadi lokasi paling berisiko tularkan covid-19 paling berbahaya.

Karena terdapat kemungkinan penularan Covid-19 melalui udara, maka sebaiknya kamu jauhi tempat dengan karakteristik seperti itu.

Apalagi jika ventilasi udara pada ruangan tersebut sangat terbatas atau hanya mengandalkan AC.

Daftar Lokasi Paling Berisiko Tularkan Covid-19

Berikut ini daftar lokasi paling berisiko tularkan covid-19 yang harus kamu hindari selama masa pandemi ini:

1. Toilet Umum

Lokasi paling berisiko tularkan covid-19 yang pertama adalah toilet umum. Toilet merupakan salah satu tempat dimana setiap orang membuang kotorannya.

Potensi hinggapnya droplet mengandung virus pada closet atau gagang pintu dan gagang wastafel sangat tinggi.

Pastikan untuk selalu mencuci tagan dengan bersih sehabis pergi ke toilet umum. Jangan memegang mata, hidung atau mulut dalam keadaan tangan yang belum dicuci bersih.

2. Kantor

Area perkantoran umumnya memiliki ruangan tertutup, bahkan ada pula ruangan yang juga sempit. Sedangkan jumlah pekerja yang bekerja di dalam sebuah gedung sangat banyak.

Ini membuat kita dihadapkan pada banyak kontak dengan orang asing yang kita tidak ketahui kondisi kesehatannya.

Maka dari itu, kantor menjadi lokasi paling berisiko tularkan covid-19 dengan risiko penularan yang cukup tinggi.

(Baca Juga: Jenis-jenis Tes Covid-19 di Indonesia, Mana yang Lebih Akurat?)

3. Bar

Beberapa waktu yang lalu, sebagian besar bar dan tempat hiburan malam dikabarkan mulai kembali beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan.

Hal ini sebenarnya tidak bisa menjadi alasan untukmu pergi ke sana. Sebab nyatanya, bar menjadi salah satu lokasi paling berisiko tularkan covid-19.

Karena di bar, semua pengunjung saling melakukan kontak dalam jarak yang berdekatan. Kamu harus mewaspadainya!

4. Pasar

Lokasi paling berisiko tularkan covid-19 yang paling berbahaya lainnya adalah pasar. Baik pasar tradisional maupun supermarket, keduanya sama-sama berpotensi menjadi lokasi penularan.

Kedisiplinan penerapan protokol kesehatan wajib diterapkan bagi siapapun yang pergi ke tempat ini.

Membeli kebutuhan makanan selama masa pandemi memang tak dilarang, namun sebaiknya hanya 1 sampai 2 orang saja yang pergi. Sehingga risiko penularan virus Covid-19 di rumah terbilang kecil.

5. Restoran atau Kafe Indoor

Sirkulasi udara yang baik di dalam sebuah tempat menjadi indikator tempat yang cukup aman di masa pandemi ini.

Restoran dan kafe indoor dengan model ruangan yang tidak terlalu luas dan tertutup menjadi lokasi paling berisiko tularkan covid-19 yang harus diwaspadai.

Ventilasi udara yang terbatas akan membuat risiko menularan virus Covid-19 meningkat. Kamu disarankan untuk hanya memesan makanan dan minuman untuk dibawa pulang.

Hindari berada di dalam restoran atau kafe (baik indoor maupun outdoor) dalam waktu yang lama, dan selalu jaga jarak aman.

6. Fitness Center

Tempat berolahraga seperti fitness center atau gym menjadi lokasi rawan penularan Covid-19.

Karena tempat ini biasanya berada dalam ruangan tertutup, dengan berbagai alat olahraga yang digunakan bergantian oleh banyak orang.

Pengoperasian fitness center dan gym di masa pandemi ini memang terbatas. Namun jika kamu menemukan tempat yang tetap beroperasi, sebaiknya jangan datangi tempat tersebut deh.

Para ahli kesehatan menyarankan masyarakat untuk berolahraga di rumah, dengan peralatan sederhana. Yang penting, kamu tetap berolahraga ringan secara teratur untuk menjaga kesehatan.

7. Rumah Sakit

Tentu saja rumah sakit masuk ke dalam daftar lokasi paling berisiko tularkan covid-19. Di sinilah tempat para pasien dengan masing-masing keluhan kesehatannya berobat.

Sebelum memeriksakan diri ke rumah sakit di masa pandemi ini, sebaiknya kamu melakukan konsultasi dokter online terlebih dulu.

Jika dirasa membutuhkan penanganan lebih lanjut, baru pergi ke rumah sakit dengan menggunakan masker dan penerapan adab ketika bersin atau batuk.

8. Pangkalan Transportasi Umum

Lokasi paling berisiko tularkan covid-19 yang terakhir adalah pangkalan transportasi umum. Speerti bandara, terminal bus, stasiun kereta, dan pelabuhan.

Tidak semua tempat mengharuskan publik untuk melakukan rapid test atau swab test sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Maka dari itu, kemungkinan penularan virus sangat besar di lokasi ini. Jika bukan untuk keperluan mendesak, sebaiknya enggak usah memenangkan ego untuk bepergian deh, ya.

Bagaimanapun, mencegah datangnya penyakit lebih baik daripada menanggulanginya. Lindungi kesehatanmu dengan jaminan layanan kesehatan terbaik dari asuransi terpercaya.

Di CekAja, kamu bisa membandingkan produk asuransi kesehatan terbaik serta mengajukannya secara mudah lewat sistem online. Syarat dijamin mudah, proses cepat, dan yang paling penting, premi bulanan terjangkau.

Yuk, cek rekomendasi asuransi kesehatan terbaik dan ajukan lewat CekAja sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah