5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Untuk mendapatkan tubuh ideal, banyak orang melakukan diet. Tapi, diet yang dijalani para penderita maag memerlukan asupan makanan yang aman bagi lambung. Berikut lima makanan diet yang aman bagi penderita maag yang wajib kamu ketahui.

5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Diet Aman untuk Penderita Maag

Anggapan kalau diet harus memaksakan diri untuk makan sesedikit mungkin bisa menjadi momok bagi para penderita maag. Bayangan seketika perut akan mulas gara-gara asam lambung yang naik karena makan terlambat dengan porsi yang sangat sedikit bisa bikin merinding dan semakin ogah untuk melakukan diet.

Padahal, dengan pengaturan diet yang betul, orang yang sakit maag juga boleh diet kok!

Tipe makanan diet yang aman untuk para penderita maag adalah makanan yang dapat dicerna dengan mudah dan lunak, tidak merangsang naiknya asam lambung seperti makanan asam dan pedas, serta asupan makan yang teratur.

Jadi, buat kamu yang menderita sakit maag tapi ingin diet, wajib menentukan jam makan yang terjadwal dan tidak menunda-nundanya karena bisa menyebabkan iritasi pada lambung kamu, lho!

Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

1. Makanan Dengan Kadar Karbohidrat yang Pas

Makanan Dengan Kadar Karbohidrat yang Pas

Apa kamu pernah menonton film Imperfect yang tayang pada tahun 2019 lalu? Dalam film itu, Rara, dimainkan oleh Jessica Mila, jatuh sakit karena kekurangan karbohidrat! Nah, kamu enggak mau, kan, tiba-tiba pingsan gara-gara menghindari zat gizi utama tubuh ini?

Kebanyakan orang yang lagi diet menghindari karbohidrat, padahal kamu membutuhkan kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat sebagai sumber utama energi.

Kalau kamu ragu untuk mengonsumsi nasi putih seperti biasa, kamu bisa menggantinya dengan oatmeal, roti gandum, atau nasi merah. Makanan alternatif ini bisa menstabilkan kadar asam lambung dan bikin kamu merasa kenyang lebih lama.

Kentang rebus atau biji-bijian juga masuk ke dalam makanan diet yang aman bagi penderita maag. Jika bosan dengan sumber karbohidrat yang itu-itu saja, kamu bisa menggantinya sesuai selera.

Nah, mumpung kamu lagi melaksanakan program diet, hindari juga konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Terutama karbo yang berasal dari makanan manis seperti donat dan kue.

Mereka memang sangat enak, tapi gula rafinasi yang terdapat di makanan manis bisa mengakibatkan gula darah meningkat. Jika sampai ini terjadi, perut kamu bakal semakin perih.

(Baca Juga: Resep Sandwich Tempe dan Kurma yang Ampuh Atasi Maag)

2. Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Daging dan Ikan Tanpa Lemak - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Seperti disebutkan di atas, protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Tapi, bagi penderita maag dianjurkan pula untuk meringankan beban kerja lambung dengan makan. Hal ini bisa kamu jalani sekaligus dengan mengonsumsi daging dan ikan tanpa lemak.

Apa saja sih ikan yang cocok untuk penderita maag? Ada banyak kok! Kamu bisa makan ikan seperti salmon, tuna, kod, dan sarden.

Semua itu adalah makanan diet yang aman bagi penderita maag, karena rendah lemak tapi tinggi protein. Mengonsumsinya berguna untuk pembentukan sel pada tubuh dan cocok untuk perut sensitif kamu.

Sedangkan untuk daging, kamu diperbolehkan memakan daging sapi dan ayam tanpa lemak atau kulit. Putih telur juga menjadi makanan diet yang aman untuk penderita maag.

Meskipun kamu sudah yakin bahwa daging yang akan kamu konsumsi mempunyai kadar lemak yang rendah, pastikan kamu juga mengolahnya dengan tepat, ya.

Olahan bersantan kental seperti gulai, kare, dan opor atau bumbu pedas yang pakai sambal, saus cabai, atau merica yang berlebihan, malah bisa mengiritasi dinding lambung kamu!

3. Sayuran Rendah Asam

Sayuran Rendah Asam - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Ternyata, tidak semua sayuran masuk ke dalam makanan diet yang aman bagi penderita maag. Kamu wajib makan sayuran yang tidak mengandung gas dan memiliki kadar asam yang rendah supaya tidak memicu asam lambung naik.

Asparagus, kacang hijau, seledri, dan brokoli adalah makanan diet yang aman untuk penderita maag. Sebab, sayuran hijau tersebut tingkat keasamannya tergolong rendah dan punya banyak serat yang bisa bikin usus tetap sehat.

Brokoli sendiri terbukti ampuh mengurangi rasa sakit di lambung akibat maag. Si hijau yang satu ini berperan sebagai antibakteri yang mengandung zat sulforaphane, fungsinya bisa melawan helicobacter pylori, bakteri buruk di saluran pencernaan kita yang sifatnya negatif.

Sayuran umbi akar juga menjadi makanan diet yang aman untuk penderita maag karena minim gas. Misalnya seperti kentang, wortel, dan bit.

Namun, ada pula beberapa sayur yang malah bikin perut kamu nyeri karena asam lambung naik. Yakni sayuran dengan kandungan gas tinggi semacam kembang kol, sawi, dan kubis. Sayuran yang diolah menjadi makanan dengan tingkat keasaman tinggi seperti acar dan asinan harus dihindari.

(Baca Juga: 7 Obat Alami Penderita Maag Herbal)

4. Buah-buahan Rendah Asam

Buah-buahan Rendah Asam - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang dapat berfungsi untuk pembentukan energi dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Sama seperti sayuran, buah-buahan yang masuk sebagai makanan diet yang aman bagi penderita maag adalah buah yang tidak memiliki tingkat keasaman tinggi.

Kamu harus menghindari buah dengan tingkat keasaman tinggi seperti lemon, jeruk, dan tomat. Walau mengandung vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh, kamu tetap tak boleh mengonsumsinya secara berlebihan agar maag tidak kambuh.

Juga, tinggalkan jauh-jauh buah-buahan dengan kadar gas tinggi seperti nangka, kedondong, dan pisang ambon. Buah-buahan yang memproduksi gas setelah kamu makan dapat memicu naiknya asam lambung.

5. Tanaman Herbal

Tanaman Herbal - 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag

Tanaman herbal tentu saja menjadi salah satu makanan diet yang aman bagi penderita maag. Seperti jahe yang bisa mengendalikan rasa lapar dan mempercepat pembakaran lemak tubuh. Di sisi lain, jahe juga bermanfaat mengatasi iritasi lambung.

Selain sebagai bumbu dapur, olahan jahe yang enak dikonsumsi adalah wedang jahe hangat atau ronde dan tahwa.

Untuk cemilan, lidah buaya yang berkhasiat melancarkan pencernaan bisa dimakan mentah atau dijus. Dengan catatan harus direndam semalaman agar rasa pahit dan lendirnya hilang.

Lidah buaya ampuh mencegah produksi asam lambung yang berlebihan dan mengakibatkan peradangan.

Setelah mengetahui makanan diet yang aman untuk penderita maag, kamu wajib juga menghindari makanan bersantan, berlemak tinggi dan yang punya level kepedasan tinggi. Semuanya demi keberhasilan diet yang dijalani.

Selain berdiet, kesehatan tubuh juga perlu dilindungi dengan asuransi. Bandingkan dan ajukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya melalui tahapan mudah di CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah