Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Merasa haid sering terlambat, hingga tidak teratur? Jangan panik dan khawatir, karena hal tersebut bukan berarti kamu hamil atau mengidap suatu penyakit. Pasalnya, haid terlambat, juga bisa disebabkan oleh gaya hidup hingga mengkonsumsi makanan sembarangan. Berikut deretan makanan penyebab haid terlambat, yang wajib diketahui!

makanan penyebab haid terlambat dan tidak teratur

Namun sebelum membahas terkait soal makanan penyebab haid terlambat, mari simak dulu mengapa haid bisa terlambat. 

Haid Normal Itu Seperti Apa?

Haid, datang bulan, atau menstruasi merupakan suatu keadaan alami di mana harus dialami setiap wanita. Normalnya, haid terjadi selama 3-7 hari dengan siklus 25-35 hari. 

Namun, tidak semua wanita bisa mengalami haid yang normal secara konsisten. Karena, haid juga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, yang menyebabkan haid menjadi terlambat dan tidak teratur. 

Hal yang menjadi faktor utama penyebab telatnya haid selain hamil adalah pola makan, dan makanan yang dikonsumsi. Dari makanan, semua bisa mempengaruhi faktor lainnya, misalnya seperti mood swing, munculnya penyakit, hingga perubahan hormon. 

(Baca Juga: Kenapa Menstruasi Bisa Telat? Ini Faktor Penyebabnya)

Beberapa Makanan Juga Bisa Sebabkan Masalah Perut dan Memicu Siklus Haid

Tidak hanya membuat haid terlambat, beberapa makanan juga bisa menyebabkan gejala, yang biasa timbul saat haid datang. Seperti nyeri, kram, kembung, hingga gangguan pencernaan. 

Sehingga, jika kamu merasakan gejala haid yang sangat mengganggu hingga siklus berantakan, bisa jadi disebabkan oleh makanan yang kamu makan pada saat itu, atau satu minggu sebelum haid datang. 

Sebut saja, ketika satu minggu sebelum haid datang, kamu mengonsumsi minuman berkarbonasi, sehingga mengakibatkan perut kembung. Kondisi perut kembung bisa membuat siklus haid menjadi tertunda, bahkan perut kembung juga bisa jadi tanda-tanda kehamilan karena adanya perubahan hormon. 

Adapun berikut deretan makanan penyebab haid terlambat atau tertunda, yang dilansir dari laman byrdie.com.

Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

1. Minuman Beralkohol dan Bersoda

Minuman Beralkohol dan Bersoda - Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Penyebab haid terlambat yang pertama adalah minuman beralkohol dan bersoda. Minuman beralkohol dan bersoda bisa mengakibatkan perut kembung, karena memiliki kandungan karbonasi. 

Nah, kembung yang meningkat, bisa menyebabkan siklus haid menjadi terhambat, sehingga bisa terjadi keterlambatan haid dan tidak teratur. 

2. Minuman Berkafein

Minuman Berkafein - Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Tidak hanya minuman beralkohol dan bersoda, minuman berkafein seperti kopi pun bisa membuat meningkatkan gas dan memicu perut kembung. Sehingga, dipastikan bahwa kamu tidak mengkonsumsi minuman berkafein beberapa hari sebelum haid datang.

3. Makanan Olahan

Makanan Olahan - Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Selain minuman di atas, makanan olahan juga masuk ke dalam daftar makanan penyebab haid terlambat. Pasalnya, makanan olahan mengandung sodium tinggi, yang juga bisa menyebabkan kembung. 

Selain itu, makanan olahan juga adalah sumber natrium terbesar, sehingga bisa menyebabkan asupan garam turun, dan perut menjadi kembung.

4. Makanan dengan Lemak Berlebih

Makanan dengan Lemak Berlebih - Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Makanan tinggi lemak juga memiliki efek kuat pada aktivitas hormon, sehingga bisa menyebabkan nyeri dan peradangan. Hindari daging dan susu, dan kontrol asupan lemak agar kadar estrogen bisa diatur.

5. Kacang Merah

Kacang Merah - Makanan Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Kacang merah, kacang hitam, buncis, polong, hingga makanan yang terbuat dari olahan biji-bijian juga bisa menyebabkan kembung. Selain itu, makanan yang terbuat dari olahan biji-bijian juga memiliki kandungan gizi yang kecil. 

Hal tersebut, akan mengakibatkan kadar gula darah tak terkontrol hingga nafsu makan terganggu. Nah, kedua faktor tersebut bisa menjadi perhatian karena bisa membuat siklus haid terlambat.  

Makanan yang Bantu Lancarkan Haid

  • Pepaya

Selain bisa menginduksi kontraksi pada otot uterus, pepaya juga memiliki kandungan karoten yang bisa merangsangkan hormon estrogen, sehingga bisa membuat haid lebih lancar. 

  • Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini bisa dijadikan minuman herbal, karena bisa membantu wanita agar haid bisa datang lebih cepat. Kunyit juga membuat panas dalam rahim dan merangsang aliran darah ke rahim.  

  • Pisang

Kaya akan magnesium, pisang sangat baik untuk mengurangi retensi atau penahanan cairan selama haid. Pisang juga bisa mengatur mood swing hingga meningkatkan hormon serotonin.

  • Brokoli

Sayuran hijau lezat yang satu ini juga bisa mengurangi perut kembung ketika haid. Bahkan, 91 persen brokoli adalah air yang bibsa mengurangi gas dalam tubuh. 

  • Salmon

Miliki nutrisi tinggi, salomn juga mengandung asa lemak omega tiga yang bisa meringankan gejala haid, hingga memperlancar haid. Bahkan, enam gram minyak ikan yang terkandung dalam salmon, bisa membuat haid terasa lebih ringan, dan nyeri berkurang.  

(Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur)

Sudah Jaga Pola Makan dan Konsumsi Makanan Sehat, Kok Haid Tetap Telat?

Jika kamu sudah berusaha mengatur pola makan dan megnonsumsi makanan sehat, namun haid masih terambat dan tidak teratur, mungkin kamu mengalami hal ini:

  • Gangguan rahim
  • Stres berat
  • Luka pada rahim
  • Olahraga yang berlebihan dan lainnya

Namun, agar diagnosanya lebih pasti, segeralah konsultasikan ke dokter spesialis, sehingga kamu bisa mengetahui kondisi yang sedang dialami. 

Agar konsultasi ke dokter spesialis terasa aman dan nyaman, pastikan kamu gunakan asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan, pelayanan yang akan kamu dapatkan juga lebih maksimal. 

Asuransi kesehatan juga akan memberikanmu penanganan terbaik, dari pilihan rumah sakit yang beragam dan tentunya memiliki fasilitas yang baik.

Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu sekarang juga, hanya di CekAja.com dan jangan sampai kamu telambat untuk konsultasi dengan alasan mahal!