Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi yang Mudah Ditemukan

by Vera Khairifah on 29 November, 2019

Penderita tekanan darah tinggi atau biasa juga disebut hipertensi membutuhkan perhatian khusus. Mulai dari mengonsumsi makanan untuk penderita darah tinggi, hingga membatasi aktivitas maupun tekanan emosi yang memicu tekanan darah ikut naik.

10 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi yang Mudah Ditemukan

Gejala Darah Tinggi

For your information, tekanan darah yang lebih dari 120/80 mmHG dikategorikan sebagai darah tinggi. Kamu bisa memeriksakan tekanan darah dengan harga sangat murah di Puskesmas, klinik, maupun apotek terdekat.

Gejala dari darah tinggi sendiri muncul dengan keluhan pusing, sakit kepala parah, penglihatan buram, telinga berdengung, detak jantung tak beraturan, gelisah, mual, mudah lelah, nyeri di bagian dada, sulit bernapas, urin berwarna (merah, merah muda, atau kecokelatan), terasa sensasi berdetak di dada, leher dan telinga, serta bisa saja kerap mengalami mimisan.

Hindari Makanan Pemicu Darah Tinggi

Darah tinggi bisa menjadi penyebab berbagai penyakit timbul. Tekanan darah tinggi memang tak bisa disembuhkan, tapi kamu bisa mengendalikannya.

Jika tekanan darahmu sudah tinggi, kamu harus segera mengantisipasinya dengan tidak memakan makanan pemicu darah tinggi.

Seperti garam, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan berlemak, dan minuman beralkohol.

Juga, kamu harus menghindari stres atau hal-hal yang memicu kondisi psikologis dan emosi yang tak stabil. Sebab hal ini juga mempengaruhi kesehatan fisikmu.

Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Nah, sebaliknya, kamu disarankan mengonsumsi makanan untuk penderita darah tinggi. Makanan ini mudah ditemukan dan bisa kamu beli di pasaran. Di antaranya sebagai berikut:

1. Buah-buahan

Kita semua tentu sudah tahu bahwa buah-buahan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Untuk penderita darah tinggi, disarankan memakan buah-buahan tertentu.

Seperti pisang yang mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan kadar natrium di dalam tubuh, serta kandungan potasiumnya yang juga amat baik.

Lalu ada buah beri (strawberi, blueberry, raspberry) yang mengandung flavonoid yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Kemudian semangka dengan asam amino citrulline yang baik karena mampu meningkatkan kadar oksida nitrat tubuh.

Oksida nitrat sendiri berfungsi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. Buah lainnya yang menjadi makanan untuk penderita tekanan darah tinggi yakni delima, alpukat, dan tomat.

(Baca Juga: Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi beserta Cara Mencegahnya)
2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau benar-benar penting dalam menurunkan tekanan darah. Sebab, sayuran hijau memiliki kandungan kalium dan kalsium yang merupakan mineral penting bagi penderita darah tinggi.

Kamu disarankan mengonsumsi bayam, kale, selada, sawi, seledri, mentimun dan sayuran hijau lainnya.

3. Susu dan Yogurt

Karena asupan kalsium dibutuhkan, maka susu dan yogurt masuk ke dalam deretan makanan untuk penderita darah tinggi. Disarankan untuk memilih susu maupun produk olahan susu lainnya yang rendah lemak.

4. Kentang

Kentang juga memiliki kandungan yang baik, yakni kalium dan magnesium. Kamu bisa mengganti nasi dengan kentang sebagai sumber serat dan karbohidrat. Pastikan untuk mengonsumsinya dengan cara direbus tanpa garam, ya.

5. Bawang Putih

Siapa sangka, ternyata bumbu dapur yang satu ini juga membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan oksida nitratnya. Sebagian penderita darah tinggi mengonsumsi bawang putih dengan cara dibakar. Bawang putih bakar memiliki tekstur yang lembut seperti umbi bakar yang beraroma khas.

6. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe sebagai makanan untuk penderita darah tinggi sangat mudah ditemukan. Ya, kacang kedelai memang membantu penurunan darah tinggi.

Hasil penelitian para ahli menunjukkan adanya perbedaan penderita darah tinggi yang rutin mengonsumsi kacang kedelai dengan yang tidak mengonsumsinya.

7. Ikan

Ikan yang mengandung omega 3 seperti tuna, makarel dan salmon disarankan untuk dikonsumsi. Ikan makarel kalengan umumnya paling banyak dijual di pasaran dengan harga lebih murah dibandingkan tuna dan salmon.

8. Cokelat

Jenis cokelat yang menjadi makanan untuk penderita darah tinggi adalah dark chocolate. Cokelat ini mengandung kalsium, magnesium, protein, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan antioksidan. Batas konsumsi dark chocolate hanya boleh 40 gram per hari.

9. Kayu Manis

Kayu manis juga bisa menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Campurkan kayu manis ke teh hangat, salad buah, atau berbagai makanan yang kamu konsumsi.

10. Oatmeal

Kini, oatmeal yang terbuat dari biji-bijian dan gandum mudah ditemukan. Selain rendah lemak dan tinggi sehat, oatmeal juga bagus untuk meurunkan tekanan darah. Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan susu, dan potongan buah.

Untuk mengantisipasi resiko tekanan darah tinggi lainnya, lindungi jiwamu dan keluarga dengan produk-produk asuransi yang tersedia di CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast