Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Manfaat Asuransi Perjalanan, Obat Pusing Paling Manjur Buat Traveling

by Gentur Putro Jati on 17 Juli, 2019

Asuransi perjalanan belum menjadi produk finansial yang dicari masyarakat Indonesia karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal jika mengetahui manfaat asuransi perjalanan, kamu bisa melindungi diri dan keluarga dari risiko terburuk yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

kaya berkat traveling - CekAja.com

Bahkan, beberapa negara di Eropa dan Amerika sudah mewajibkan seluruh warga asing untuk mengantongi asuransi perjalanan sebelum masuk ke negaranya. Jadi, sekarang adalah saat yang tepat bagi kamu untuk belajar serba-serbi asuransi tersebut dengan terus membaca artikel ini. Kuy!

  1. Jenis asuransi perjalanan

Secara garis besar asuransi perjalanan hanya terbagi menjadi dua berdasarkan daerah tujuan kamu bepergian, yaitu asuransi domestik dan asuransi internasional. Nah, produk turunannya disesuaikan dengan tujuan kamu bepergian. Misalnya asuransi haji dan umrah, asuransi khusus mahasiswa yang bersekolah di luar negeri, atau asuransi perjalanan bisnis dan wisata.

  1. Premi

Keengganan masyarakat untuk memiliki asuransi jenis ini karena banyak yang menganggap ongkos yang dibayarkan sangat mahal. Padahal menurut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), premi yang dibayar untuk asuransi ini tidak sampai 1 persen dari total biaya perjalanan yang kamu sediakan.

  1. Tanggungan

Perusahaan asuransi pada dasarnya menanggung biaya medis di dalam dan luar negeri untuk pembeli polis asuransi perjalanan. Misalnya kamu pergi liburan ke kota Liverpool di Inggris.

Namun setibanya disana, kamu mengalami kecelakaan yang membuatmu harus dirawat di rumah sakit setempat. Nah, seluruh biaya pengobatan selama di rumah sakit itu ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.

(Baca juga: Traveller Sejati Memanfaatkan Fasilitas Ini untuk Liburan)

Selain tanggungan biaya medis, ada juga premi tambahan yang bisa kamu beli dari perusahaan penerbit asuransi. Misalnya perlindungan kehilangan bagasi dan keterlambatan penerbangan yang sering jadi keluhan para penumpang pesawat.

Lalu buat yang punya rencana meninggalkan rumah untuk waktu yang lama, bisa juga membeli premi tambahan yang akan melindungi rumah kamu dari risiko pencurian, kebakaran, dan lain sebagainya,

Asuransi ini bahkan juga menyediakan perlindungan jika terjadi teror di negara tujuan. Jadi kalau akibat aksi teror tersebut kamu mengalami kerugian, perusahaan asuransi bisa mengganti kerugian kamu tersebut.

  1. Prosedur Klaim

Untuk mengklaim asuransi ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, jika perusahaan asuransi yang kamu pilih merupakan worldwide provider, maka kamu cukup menunjukkan asuransi tersebut kepada pihak rumah sakit.

Kedua, kalau perusahaan tersebut tidak memiliki kerja sama dengan jaringan rumah sakit internasional, maka kamu bisa mengajukan klaim dengan skema reimburse.

Jadi jika kamu berobat di rumah sakit luar negeri, kamu diminta untuk membayar terlebih dulu biayanya dengan uang pribadi. Lalu bukti bayar dan surat keterangan dari dokter di rumah sakit itu bisa kamu gunakan untuk mengajukan klaim ke perusahaan asuransi setibanya di Indonesia.

  1. Cara Membeli 

Sebelum membeli produk asuransi perjalanan, sebaiknya kamu teliti dulu semua jenis proteksi yang bisa kamu dapatkan. Lalu berapa besar tanggungan dari perusahaan tersebut, berapa lama dan di negara mana saja asuransi berlaku, serta cara klaim yang berlaku.

(Baca juga: 5 Tempat Berselancar di Indonesia yang Wajib Dijajal Anak Pantai)

Nah, di era digitalisasi sekarang ini, kamu bisa dengan mudah membeli asuransi tanpa perlu datang ke kantor perusahaan asuransinya. Sebab, perusahaan asuransi seperti AXA memiliki kerja sama penjualan dengan CekAja.com untuk produk AXA SmartTraveller.

Cara membelinya sangat mudah, kamu tinggal kunjungi website CekAja.com melalui widget di bawah artikel ini, mengisi data diri, memilih destinasi, menentukan lamanya perjalanan, dan selesai.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar premi asuransi tersebut. Gampang kan. Buruan yuk, manfaatkan asuransi perjalanan dan dapatkan obat pusing paling manjur buat traveling.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami