Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Manfaat Besar yang Dapat Kamu Peroleh dengan Mengulik Uang Rp 100 ribu

by Surtan Siahaan on 15 April, 2016

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Penghasilan bukanlah penentu utama orang bisa sukses dalam keuangan. Meski penghasilannya besar, percuma saja apabila kekayaan tidak dikelola dengan benar.

Sebaliknya, ketika penghasilan yang dimiliki lebih kecil, orang cenderung bisa sukses dengan sedikit trik mengelola uang. Salah satu contohnya adalah membeli asuransi mikro dengan premi di bawah Rp 100 ribu. Asuransi mikro dapat diartikan sebagai produk asuransi yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang memiliki fitur dan administrasi sederhana, mudah didapat, memiliki harga atau premi yang ekonomis serta penyelesaian pemberian santunan yang cepat.

Asuransi demam berdarah merupakan salah satu produknya. Hanya dengan uang Rp 10 ribu per polis, kamu bisa mendaftarkan seluruh anggota keluarga dengan modal kurang dari Rp 100 ribu. Manfaatnya: bila ada yang terkena demam berdarah kurang dari tiga bulan setelah membeli, perusahaan asuransi akan mentransfer uang Rp 1 juta per pasien. Bila lima orang terkena demam berdarah, maka keluarga kamu akan disuntik dana Rp 5 juta tanpa potongan apapun. Produk lain adalah asuransi jiwa mikro seharga Rp 50 ribu.

Bila orang yang diasuransikan meninggal dunia kurang dari setahun setelah membeli, maka memperoleh uang santunan senilai Rp 25 juta. Sekarang kita lihat, biaya apa saja yang dapat kita kulik untuk membeli asuransi mikro:

Nonton bioskop

Bagi yang doyan nonton film mungkin punya alokasi bujet tersendiri untuk ke bioskop. Biaya yang disediakan minimal mencapai Rp 50 ribu per sekali nonton.

Biasanya, penggemar nonton bisa datang ke bisokop tiga hingga empat kali dalam sebulan. Nah, coba kalau kamu mengulik pengeluaran satu ini. Dengan mengurangi jadwal nonton menjadi dua kali saja dalam sebulan, kamu bisa melindungi diri atau keluarga dengan asuransi mikro.

(Baca juga: Produk Asuransi Mikro yang Bisa Bikin Untung)

Makan di food court

Pekerja yang bekerja di pusat perkantoran pasti sering makan di tempat ini. Biasanya karena tidak ada pilihan lain, cenderung dekat dengan kantor atau sedang bosan dengan makanan di kantin.

Selain karyawan kantoran, mereka yang senang hangout di mall juga sering bersantap di food court. Harga makanan di food court cederung lebih mahal. Seporsi nasi dengan lauk bahkan bisa mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu.

Cukup sekali menghindari godaan jajan di foodcourt, misalnya dengan membawa bekal, kamu sudah bisa membeli asuransi mikro yang memberi manfaat makro.

Ngopi di kafe

Minum kopi sudah jadi gaya hidup masyarakat kota. Tempat menikmati kopi pun bermacam-macam seperti kafe khusus kopi yang ada di mall. Harga kopi di sini pun jauh lebih mahal dibandigkan tempat lain.

Rata-rata harga kopi di gerai kopi populer di Jakarta bisa mencapai Rp 50 ribu per gelas. Dengan sekali puasa ngopi, kamu sudah bisa membeli asuransi mikro kesehatan dan jiwa sekaligus.

(Baca juga: Ke Mana Larinya Biaya Asuransi yang Kamu Bayar? Berikut Penjelasannya)

Beli pulsa

Satu lagi pengeluaran rutin yang harganya setara dengan asuransi mikro. Bahkan, bagi mereka yang kebutuhannya lebih besar, pembelian pulsa sebulan bisa dipergunakan untuk membeli berbagai asuransi mikro.

Tentang Penulis