10 Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tidak hanya enak dan gurih, manfaat ikan bandeng ternyata sangat luar biasa, terutama untuk kesehatan. Ikan bandeng juga sangat mudah ditemui, dan tentunya dengan harga terjangkau.

10 Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Ikan bandeng sendiri merupakan ikan air asin, yang biasa hidup di perairan Pasifik. Ikan berwarna perak ini, juga biasanya akan bertelur di perairan pantai dangkal.

Namun, meski ikan bandeng merupakan ikan air asin, ternyata bandeng juga bisa dikembangbiakan di area air tawar. Wah, ikan yang sangat fleksibel ya, bisa hidup di mana saja!

Di Indonesia sendiri, ikan bandeng sangat digemari, bahkan menjadi salah satu lauk ikan paling favorit. Di balik manfaat ikan bandeng yang berlimpah dan kaya gizi, tulang dan duri ikan bandeng juga sangat banyak.

Maka dari itu, banyak orang lebih memilih mengolah ikan bandeng, dengan metode presto. Dengan cara di presto, duri dan tulang akan melunak, sehingga tulangnya tidak akan mengganggu ketika disantap.

(Baca Juga: Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan)

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Bandeng

Untuk soal kandungan gizi dan nutrisi, sepertinya ikan bandeng sudah tidak perlu diragukan lagi. Dilansir dari laman lifestyle.kompas.com, dalam 100 gram ikan bandeng, setidaknya bisa mengandung 20 gram protein, lemak sebanyak 4,8 gram, serta 123 kalori.

Adapun, segudang gizi dan nutrisi lainnya dalam ikan bandeng, bisa kamu lihat di sini:

  • Kalsium: 20 miligram (mg)
  • Natrium: 67 mg
  • Kalium: 271,1 mg
  • Vitamin A: 45 mikrogram (mcg)
  • Fosfor: 150 mg
  • Zat besi: 2 mg
  • Vitamin B1: 0,05 mg Vitamin B2: 0,2 mg

Nah, buat kamu yang suka konsumsi ikan bandeng, tentunya harus bangga. Karena, segudang gizi dan nutrisi pada ikan bandeng masih akan tetap ada, meski telah diolah bahkan di presto.

Dengan mengkonsumsi ikan bandeng olahan 100 gram, setidaknya kamu akan tetap mendapatkan:

  • Energi: 296 kalori
  • Lemak: 20,3 gram
  • Zat besi: 1,9 mg
  • Kalsium: 1.422 mg
  • Protein: 17,1 gram
  • Fosfor: 659 mg
  • Karbohidrat: 11, 3 gram
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C

Manfaat Ikan Bandeng

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat ikan bandeng, yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat ikan bandeng yang pertama adalah bisa mengatasi anemia. Kok bisa? Pasalnya, kandungan vitamin B12 yang ada pada bandeng bisa mencegah, bahkan mengatasi penyakit anemia.

Vitamin B12 sendiri memiliki peran untuk membantu memproduksi sel darah merah. Sehingga, jika kamu kekurangan asupan vitamin B12, maka bisa menyebabkan pengurangan pembentukan sel darah merah, dan mencegahnya untuk berkembang.

2. Bisa Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

Bisa Bantu Tingkatkan Fungsi Otak - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat ikan bandeng yang selanjutnya adalah bisa bantu meningkatan fungsi otak. Seperti yang diketahui, bahwa bandeng memiliki kandungan omega 3, yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Selain omega 3, kandungan asam lemak, vitamin B12 dan vitamin B6-nya juga sangat penting untuk memelihara fungsi otak. Pasalnya, vitamin B12 sangat diperlukan untuk memproduksi serotonin, yang baik untuk mengatur suasana hati.

Sedangkan vitamin B6, sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistein, yang sering dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan gangguan memori.

3. Sangat Baik untuk Pertumbuhan Janin

Sangat untuk Pertumbuhan Janin - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Selanjutnya, manfaat ikan bandeng juga sangat baik untuk pertumbuhan janin. Jadi, buat ibu hamil, penting untuk konsumsi ikan bandeng, yang bisa memberikan asupan omega 3.

Omega 3 memiliki peran penting untuk pertumbuhan janin dan ibu hamil, yakni bisa mencerdaskan otak janin, memiliki pertumbuhan yang cepat, hingga bisa mengurangi risiko penyakit mental.

Selain omega 3, vitamin B12 juga mendukung kehamilan yang sehat. Karena, saraf dan otak janin, sangat membutuhkan kadar B12, untuk berkembang dengan baik.

4. Menguatkan Tulang

Menguatkan Tulang - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa ikan bandeng memiliki segudang gizi dan nutrisi, termasuk untuk kesehatan tulang. Beberapa kandungan ikan bandeng seperti fosfor, kalsium, serta vitamin A, sangat berperan penting untuk kesehatan tulang.

Adapun fosfor membantu menghasilkan energi dan menggerakkan otot, kalsium untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang, serta vitamin A yang berperan penting untuk mencegah kerapuhan tulang.

5. Bantu Mencegah penyakit Jantung

Bantu Mencegah penyakit Jantung - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Omega 3 dan vitamin B komplek, yang ada pada ikan bandeng, juga bermanfaat untuk mencegah terkena risiko penyakit jantung. Di dalam kandungan vitamin B3 juga bisa mengontrol kolesterol untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu mengurangi stres oksidatif serta peradangan, yang bisa terlibat dalam aterosklerosis, atau kondisi pembuluh darah yang mengeras.

Sedangkan kandungan omega 3, juga dikenal tidak hanya untuk kesehatan otak, tapi juga bisa mengurangi pengembangan jantung koroner.

6. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat ikan bandeng yang berikutnya adalah bisa untuk menyehatkan mata. Tidak hanya baik untuk tulang, vitamin A yang ada pada ikan bandeng, juga sangat baik untuk memelihara kesehatan penglihatan.

Tidak hanya memelihara, vitamin A juga bisa membantu melindungi mata, dari berbagai penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain vitamin A, vitamin B3 juga bisa bantu menyehatkan mata. Karena vitamin ini berperan sebagai antioksidan, hingga mencegah penyakit mata, seperti glaukoma.

7. Bantu Cegah Radang Sendi dan Penyakit Syaraf

Bantu Cegah Radang Sendi dan Penyakit Syaraf - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat ikan bandeng, jika dikonsumsi secara rutin, bisa bantu mencegah terjadinya risiko radang sendi. Pasalnya, jika seseorang kekurangan asupan omega 3 dan asam lemak, bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya peradangan pada persendian.

Sedangkan kandungan DHA dan EPA, yang merupakan asam lemak esensial, bisa membantu menjaga kesehatan syaraf. Dengan mencegah penyakit syaraf, maka kandungan ini juga bisa meminimalisir tingkat stres seseorang.

8. Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Memiliki elemen penting, membuat manfaat ikan bandeng ini bisa membuat daya tahan tubuh seseorang terjaga. Hal itu dikarenakan ikan bandeng, memiliki nutrisi dan vitamin seperti zat besi dan vitamin A.

9. Baik untuk Ginjal

Baik untuk Ginjal - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat ikan bandeng yang tak kalah penting adalah bisa mengatasi masalah pada organ ginjal. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin B12 yang dikandungnya.

Vitamin B12 ini berperan aktif untuk membantu proses pembuangan limbang dalam tubuh, yang berasal dari makanan. Limbah yang menumpuk, bisa menjadi racun yang berbahaya dan berpotensi menimbulkan penyakit batu ginjal.

10. Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol - Manfaat Ikan Bandeng yang Lezat dan Kaya Gizi

Manfaat ikan bandeng yang terakhir adalah bisa bantu menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol baik akan dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan kolesterol jahat tidak. Jika kolesterol jahat dibiarkan, maka bisa menyebabkan penyakit serius seperti stroke dan jantung.

(Baca Juga: Budidaya Ternak Ikan Salmon Berpeluang Besar)

Beragam Olahan Ikan Bandeng yang Lezat

  • Bandeng Presto Goreng Tepung
  • Pepes Bandeng Presto
  • Abon Bandeng
  • Bandeng Bakar Manis
  • Bandeng Acar Kuning
  • Bandeng Serani
  • Bandeng Palumara
  • Bandeng Bumbu Rujak
  • Gulai Bandeng

Bagaimana penggemar bandeng? Ikan ajaib ini sangat banyak manfaatnya bukan? Kalau kamu sendiri, suka olahan bandeng apa?

Nah, melihat banyaknya manfaat ikan bandeng serta penggemarnya di Indonesia, membuat ikan ini bisa dijadikan peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan loh.

Terlebih, ikan bandeng sangat mudah didapat dan diolah. Kamu bisa mengolah berbagai olahan ikan bandeng yang lezat, dan menjualnya, dengan cara door to door, melalui media sosial, atau bahkan membuka warung makan, khusus ikan bandeng.

Niat usaha sudah ada, tapi modal belum ada? Tak perlu khawatir, karena ada banyak solusi yang bisa kamu dapatkan, terutama soal tambahan modal usaha, yakni melalui CekAja.com.

CekAja.com senantiasa akan membantu kamu, menemukan tambahan modal usaha, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan kemampuan finansial kamu.

CekAja.com juga menyediakan beragam produk pinjaman dana untuk modal usaha, dari berbagai P2P dan bank ternama Indonesia.

Yuk, kapan lagi bisa mendapatkan pinjaman dana tunai, untuk modal usaha semudah ini? Jadi, segera ajukan pinjaman dana tunai terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan bangun impianmu sekarang juga!