Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Masih Bingung Bagaimana Cara Melunasi Utang Kamu?

by lhmdi on 1 Desember, 2016

Perasaan galau kerap terjadi pada sebagian masyarakat yang belum mampu mencari cara melunasi utang – utang yang dimilikinya. Utang ini pun beragam asalnya. Mulai dari kartu kredit, hingga berbagai pinjaman yang biasanya diajukan kepada pihak bank.

Bahkan, jika beban utang sudah menumpuk dan berjumlah besar bisa berakibat buruk, mulai dari stres hingga putus asa. Jika kamu ingin mengajukan pinjaman atau berkeinginan untuk berutang melalui penggunaan kartu kredit, perhatikan langkah-langkah berikut ini sebelum melakukannnya:

  1. Memperkirakan jumlah utang

Sebelum bersiap untuk membuat kartu kredit atau melakukan pinjaman di bank serta lembaga keuangan lainnya, kamu harus membuat perkiraan jumlah utang. Sebagai contoh, kamu harus mengenali siapa saja pihak-pihak yang akan meminjamkan uangnya. Apakah itu bank atau lembaga keuangan atau seorang pribadi yang akan meminjamkan uangnya untuk kebutuhan kamu.

Cara melunasi hutang seperti ini akan membantu kamu memperkirakan berapa jumlah utang yang kamu miliki serta bisa membuat sendiri bagaimana alur pembayarannya. Melalui perkiraan data tagihan ini kamu bisa mencatat serta membuat prioritas agar memudahkan membayar hutang nantinya.

  1. Menghitung sendiri perkiraan besar utang dan bunga

Setelah mengetahui perkiraan jumlah utang, saatnya kamu mulai berhitung perkiraan besar utang dari pinjaman atau kartu kredit yang digunakan. perkiraan besar utang ini bukan saja terkait dengan jumlah uang yang harus dibayarkan, namun juga dilengkapi dengan bunga yang sudah disepakati.

Misalnya, saat kamu menggunakan kartu kredit atau mendapatkan dana pinjaman melalui kredit tanpa agunan. Persiapkan juga perhitungan bunga yang akan kamu bayarkan. Dengan membuat perkiraan seperti ini, kamu jadi lebih mengetahui berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan nantinya.

  1. Mengukur kemampuan bayar

Jumlah uang yang harus dikeluarkan haruslah seimbang dengan jumlah pendapatan yang masuk ke dalam tabungan pribadi. Tujuannya adalah agar pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan berjalan seimbang. Misalnya, jumlah pemasukan untuk biaya hidup jangan sampai terlalu besar mengingat, kamu harus membayar sejumlah uang untuk melunasi utang-utang yang sudah dijalankan.

Terakhir, selalu cek serta sesuaikan kemampuan keuangan kamu dalam mengajukan serta membayar utangnya.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

  1. Membuat prioritas pembayaran hutang yang berisiko

Namanya utang, pastinya memiliki risiko. Misalnya utang yang digunakan menggunakan pinjaman tanpa agunan, atau pinjaman dengan agunan menggunakan sertifikat rumah. Jenis utang seperti ini tentunya memiliki risiko sendiri. Oleh karena itu, prioritaskan jenis utang yang paling berisiko untuk segera dibayar. Apakah itu tentang melunasi hutang bank berbentuk pinjaman atau penggunaan kartu kredit.

Cara melunasi hutang dengan trik seperti ini juga efektif untuk menjaga keseimbangan tabungan yang kamu miliki, sehingga keperluan untuk biaya hidup lainnya dapat terpenuhi.

  1. Mengubah kebiasaan boros

Saat memiliki utang, jumlah uang yang didapatkan tentu saja banyak dan berlebih. Tidak jarang, beberapa diantara masyarakat dan mungkin kamu akan menggunakan uang hasil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

Hal ini tentunya akan membuat cara melunasi hutang yang Anda lakukan akan semakin sulit untuk dilakukan. Pertama, sisa uang yang ada di tabungan bisa saja habis tidak tersisa. Sementara uang yang berasal dari pinjaman atau kartu kredit justru akan menambah beban biaya cicilan plus bunganya.

Jadi, hentikan kebiasaan boros jika mendapatkan pinjaman.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.