Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Beli Rumah Lebih Murah dari Harga Pasaran? Simak Kiatnya!

by Miftahul Khoer on 2 Juli, 2019

Bisa beli rumah dengan harga jauh lebih murah dari harga pasaran pastinya menyenangkan ya? Simak rahasianya!

beli rumah _ KPR - CekAja.com

Memang, ada banyak cara untuk memiliki rumah impian, antara lain dengan membeli secara tunai, kredit, hingga membangun sendiri. Namun, umumnya yang banyak terjadi selama ini adalah membeli rumah dengan cara kredit.

Fluktuasi harga rumah saat ini memang cepat. Bisa hitungan minggu, bulan hingga tahun. Pergerakan harga rumah membuat banyak orang kesulitan untuk membeli secara tunai. Namun, tenang aja deh, ada banyak cara bagi siapa saja yang ingin beli rumah dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan harga pasaran. Yuk simak ulasan berikut ini.

Penjual yang lagi BU

Salah satu cara untuk mendapatkan harga rumah yang terhitung murah adalah cari orang yang benar-benar sedang butuh uang alias BU. Biasanya orang yang lagi BU seringkali gak terlalu memikirkan untung. Asalkan ada yang mau beli rumah secara cepat, maka si pemilik tak akan banyak berpikir dan langsung menjualnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari pasaran.

Namun untuk kasus ini, sebagian besar tidak terjadi untuk rumah baru. Biasanya, orang yang menjual rumah dalam keadaan BU telah menempati rumahnya untuk beberapa lama. Nah, untuk mendapatkan harga rumah dari orang BU ini, tentu kamu harus punya banyak informasi dan jaringan luas.

(Baca juga: Harga Rumah Subsidi Terbaru dan Kiat Membelinya, Cek Yuk!)
Harga pre launching

Sudah menjadi tradisi hampir di semua para pengembang untuk melakukan pre launching rumah yang mereka jual. Biasanya pengembang memberi harga khusus bagi para konsumen yang memesan rumah saat pre launching. Saat inilah waktu yang tepat buat kamu memesan rumah untuk mendapatkan harga murah.

Sementara itu, para konsumen juga kebanyakan sangat menanti waktu pre launching atau gathering yang diadakan pengembang. Untuk itu, kamu harus siap-siap jika ada pre launching dari pengembang, sebaiknya kamu sudah menyiapkan untuk pembayaran booking fee bahkan hingga uang muka. Karena kalau sudah lewat pre launching, harga rumah yang dijual pengembang biasanya akan segera naik.

Jangan sia-siakan harga promo

Pasti kamu sering mendengar atau melihat brosur iklan pengembang properti secara masif memberikan promo harga menarik. Biasanya pengembang memberikan harga promo khusus lebaran, promo kemerdekaan, dan hari-hari besar tertentu.

Nah, buat kamu yang lagi nyari rumah dengan harga kompetitif, mendingan jangan sia-siakan deh promo harga yang diberikan pengembang ini. Karena lumayan menarik juga biasanya harga promo yang diberikan. Misalnya, kalau biasanya harga rumah dijual Rp400 juta, dengan harga promo kamu akan mendapat harga hingga Rp390 juta.

(Baca juga: Lagi Berencana Beli Rumah? Yuk Cek Bunga KPR di Sini!)
Berprofesi sebagai agen atau broker properti

Salah satu profesi yang cukup menarik untuk dilakoni adalah menjadi agen atau broker properti. Selain mendapat marketing fee dari perusahaan properti yang menjadi mitra, mereka juga biasanya punya banyak informasi harga rumah yang menarik yang bisa dimanfatkan.

Fee yang biasa diperoleh bahkan cukup besar. Jika misalnya kamu memperoleh 5 persen dari harga jual rumah senilai Rp500 juta, maka setiap kali closing, kamu akan memperoleh Rp25 juta. Bayangkan kalau dalam setiap tahunnya paling sedikit kamu berhasil closing lima rumah yang laku terjual. Maka kamu akan memperoleh Rp125 juta. Nah, dengan uang sebesar itu tentu kamu bisa membeli rumah atau bahkan bisa digunakan untuk uang muka pembelian rumah.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membeli rumah dengan harga kompetitif dari harga pasarannya. Jika ingin mencari informasi tentang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang juga lebih kompetitif, kamu bisa akses CekAja.com sekarang juga. Temukan juga produk-produk finansial lainnya yang tepercaya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami