Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Mau Daftar Kartu Kredit Korporat? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

by Rafly Aditia on 28 Juli, 2016

Kartu kredit korporat semakin banyak digunakan oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan menggunakan kartu kredit ini untuk membekali para karyawan dan eksekutifnya yang akan melakukan transaksi untuk kepentingan perusahaan. Banyaknya keuntungan yang diberikan mulai dari poin reward hingga diskon membuat kartu kredit korporat semakin diminati.

Namun, memilih kartu kredit bisnis tidak bisa sembarangan. Kamu harus mempertimbangkan 5 hal berikut ini kalau ingin sebelum memiliki kartu kredit bisnis:

Jangan campur aduk urusan keuangan pribadi dan bisnis

Kamu sudah merasa mantap mengelola bisnis dengan profesional? Mulai dari sekarang, jangan sekalipun mencampur aduk urusan keuangan pribadi dan bisnis. Misalnya, saat ingin membeli kebutuhan pribadi jangan gunakan kartu kredit perusahaan, begitu pun sebaliknya.

Jangan sampai kamu mengalami kebangkrutan karena tidak bisa mengatur keuangan bisnis dan pribadi secara terpisah.

Kartu kredit pribadi dan bisnis itu berbeda!

Hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah perbedaan antara kartu kredit personal dan kartu kredit bisnis. Memang tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit pribadi untuk urusan bisnis, tetapi apabila ingin membangun bisnis secara serius ada baiknya tidak melakukan hal tersebut.

(Baca juga: Alasan Zaman Sekarnag Kamu Harus Punya Uang Elektronik)

Buat rencana yang matang

Sebelum menggunakan kartu kredit bisnis untuk mengembangkan usahamu, pastikan kalau kamu sudah memiliki rencana yang matang. Dengan limit yang besar, kartu kredit bisnis sebenarnya bisa dimanfaatkan seoptimal untuk mendukung perkembangan usaha.

Tapi, kalau kamu belum punya rencana yang matang, misalnya daftar peruntukkan penggunaan kartu kredit, bisa-bisa justru mendatangkan bencana keuangan bagi usahamu.

Berikan kartu kredit hanya pada orang yang terpercaya

Berhubung kartu kredit bisnis bisa digandakan hingga beberapa buah, maka sudah jadi kewajibanmu untuk memberikan kopi kartu kredit tersebut hanya pada orang yang bisa dipercaya. Kalau sampai jatuh ke tangan yang salah, bisa-bisa kartu kredit bisnis tersebut disalahgunakan.

(Baca juga: 5 Tanda Kamu Sedang Hadapi Bencana Finansial)

Gunakan kartu kredit sejarang mungkin

Memang sih, apabila sering menggunakan kartu kredit dan membayar tagihannya tepat waktu, reputasimu akan baik di mata bank. Namun, berhubung ini untuk bisnis maka sebaiknya gunakan kartu kredit tersebut untuk saat-saat dan barang tertentu saja. Selama masih memungkinkan dibayar tunai, jangan pilih kartu kredit.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.