Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Liburan Tahun Baru Pakai Mobil Pribadi? Cek Dulu 5 Hal Ini

by Rafly Aditia on 29 Desember, 2016

liburan tahun baru mobil pribadi - CekAja.com

Pastikan kamu sudah cek 5 hal berikut sebelum pergi liburan akhir tahun dan tahun baru dengan menggunakan mobil pribadi. Apa saja? Cari tahu di artikel berikut.

Sudah akhir tahun dan memasuki musim libur akhir tahun dan libur tahun baru, pasti banyak dari kamu yang telah atau sedang punya merencanakan acara tahun baru dengan pergi bersama keluarga maupun teman.

Untuk yang punya mobil pribadi, menggunakan mobil kesayangan untuk pergi liburan mungkin jadi pilihan terbaik demi mengirit ongkos jalan kesana kemari. Nah, berikut ini ada beberapa tip yang bisa dilakukan kalau kamu ingin pergi liburan akhir tahun dengan mobil pribadi:

Jangan lupa cek air radiator

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah temperatur mobil. Demi menjaga temperatur mobil tetap normal, perhatikan air radiator mobilmu. Sering-seringlah mengecek air radiator mobil agar mesin mobil dapat terawat dengan lebih baik.

Terutama kalau kamu ingin pergi liburan jauh, cek air radiator sebelum jalan adalah harga mati.

(Baca juga: Liburan Tahun Baru Murah di Yogyakarta)

Pastikan ban sudah isi angin dengan baik

Walau memang terlihat sepele, tapi kamu wajib memastikan bahwa ban depan dan belakang mobil yang dikendarai sudah terisi angin dengan baik. Selain berguna untuk membuat perjalanan lebih nyaman, tetapi juga bikin perjalanan lebih aman.

Kalau angin pada ban kurang atau berlebihan, bisa-bisa membahayakan diri karena risiko kecelakaan meningkat saat berada di jalan dengan kondisi ban yang bisa saja membuatmu slip bahkan mendadak pecah di jalan.

Sebaiknya isi bensin full saat berangkat liburan

Hal yang satu ini harus kamu lakukan, karena mobil dengan isi tangki yang penuh dengan bensin jauh lebih irit daripada yang tidak. Hal ini dikarenakan kadar gas yang ada lebih kecil, sehingga mobil akan jauh lebih irit apabila kamu mengisinya secara full tank.

Tidak hanya itu, isi bensin full tank menurunkan risiko-risiko tertentu seperti kehabisan bahan bakar di tengah jalan yang sepi dan sebagainya.

Manfaatkan teknologi masa kini dengan baik

Di tengah kemajuan zaman ini seharusnya kamu bisa mengambil keuntungan, termasuk untuk liburan. Dengan berbagai aplikasi pada smartphone, radio, dan sebagainya kamu bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait kondisi jalanan, jalur alternatif, dan sebagainya.

(Baca juga: Kenapa Kamu Bisa Lebih Sensitif Kalau Kurang Piknik?)

Langganan asuransi kendaraan dulu untuk berjaga-jaga

Biasanya ketika musim lebaran, nilai kecelakaan di jalan meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini berarti risiko kamu mengalami kerugian karena kecelakaan saat menggunakan mobil pribadi jadi lebih besar.

Untuk itu, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu untuk memiliki asuransi kendaraan yang bakal mengcover apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.