Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Tambah Penghasilan dengan Jadi Influencer Instagram? Ini Tipsnya!

by Sindhi Aderianti on 25 September, 2018

Fenomena influencer Instagram perbincangan. Bagaimana tidak? Dengan jumlah pengikut ratusan ribu hingga jutaan di Instagram, mereka berhasil meraup banyak pundi-pundi tanpa harus bekerja kantoran. Sebut saja Rachel Vennya, yang tergolong telah sukses menjadi jutawan di usia sangat muda.

Cara kerja influencer Instagram sederhananya adalah menjual jasa promosi. Karena pengikut mereka membludak, otomatis akan banyak pula orang yang melihat dan tertarik dengan barang yang mereka promosikan.

Nah promosi tersebut tentunya dikenakan biaya jutaan. Misalnya 5,5 juta untuk sekali post di fitur Insta Story pada Instagram dan 15 juta untuk diunggah ke dalam feed Instagram.

Tarif tersebut mereka yang menentukan, diukur dari jumlah followers juga engagement masing-masing. Jika dikalkulasikan, bukan tidak mungkin dalam sehari mereka bisa menghasilkan puluhan juta rupiah.

Tertarik untuk ikut hasilkan uang dengan menjadi influencer Instagram seperti mereka? Coba lakukan tahap demi tahap tips berikut ini, yuk!

(Baca juga: Tak Harus Jadi Selebgram, Ini Cara Lain Dapatkan Uang di Instagram)

Mulai Review Suatu Barang

Punya lipstick keluaran baru? Jangan sungkan untuk memberi review lewat Instagram. Ceritakan bagaimana kualitas, warna, hingga harganya. Bila perlu tag akun Instagram brand yang dimaksud, agar mereka notice dengan keberadaan Anda.

Jika mereka like atau repost, ini akan menjadi nilai plus sendiri bagi Anda. Semakin bermunculan respon dari brand, semakin besar kesempatan untuk dikenal.

Tentukan Tema Konten

Bila membahas soal Instagram, kualitas  suatu konten menjadi prioritas utama. Pertama sudah jelas tentukan  tema yang akan Anda angkat pada akun khusus konten ini. Misalnya kuliner, fashion, travel, makeup, atau fitness.

Dengan begitu, segmentasi audience Anda pun akan semakin jelas. Selanjutnya pelajari bagaimana cara foto yang aesthetic. Komposisi cahaya, posisi pengambilan gambar, dan latar belakang wajib jadi pertimbangan saat pemotretan.

(Baca juga: Daftar Artis yang Miliki Bayaran Termahal di Instagram)

Akun Harus Selalu Aktif

Tips ketiga, pastikan akun Instagram Anda selalu aktif. Setidaknya luangkan waktu untuk mengunggah foto minimal dua kali sehari. Selain itu, prime time saat mengunggah foto juga amat berpengaruh.

Hampir sama dengan istilah pada pertelevisian, intinya prime time adalah jam dimana Instagram lagi rama-ramainya diakses. Di antaranya adalah pukul 06.00 – 08.00 pagi, 12.00 – 13.00 siang, dan 17.00 – 19.00 malam. Foto pun dijamin banjir likes daripada jam-jam di luar itu.

(Baca juga: 5 Traveler Cantik yang Harus Kamu Ikuti Petualangannya Lewat Instagram)

Tulis Caption Menarik

Selain visual, caption yang menarik juga memberi faktor X yang besar. Beri caption yang singkat tapi bermakna, jangan hanya quotes biasa. Kalaupun mau caption yang panjang, akan lebih baik isinya tentang tips yang bisa diikuti. Untuk memancing banyak komentar, pancinglah followers Anda dengan kalimat tanya.

Anda bisa mengupload 2 produk dengan jenis yang sama tapi desain yang berbeda, kemudian dilanjutkan dengan caption seperti ini “Anda lebih suka yang kanan atau kiri?.” Caption yang komunikatif seperti ini secara langsung mampu membangun “engagement” atau tingkat interaksi pada postingan Instagram Anda.

Beri Hashtag

Jika sudah menulis caption yang menarik, buatlah hashtag yang sesuai juga dengan postingan Anda. Tidak perlu terlalu banyak, karena instagram sekarang membatasi penggunaan hashtag.

Penggunaan hashtag dinilai cukup mempercepat suatu branding, dalam hal ini adalah akun Anda. Brand besar seperti Nike dan H&M selalu punya campaign yang dibuat dalam bentuk hashtagCampaign di social media ini menghasilkan user generated content dan buzz yang lebih besar untuk mereka.

Rajin Datang ke Event

Event-event yang diadakan suatu brand juga bisa menjadi sarana memperluas jaringan supaya nantinya bisa jadi influencer Instagram, lho. Partisipasikan diri Anda, ikuti dengan baik event dari awal sampai akhir. Kalau ada kompetisinya, jangan malu intuk ikut serta. Terakhir, unggah foto-foto dari keseruan event tersebut.

Terakhir, lakukan semua langkah demi langkah tips di atas secara konsisten. Cari selalu ide untuk konten yang hendak Anda post setiap harinya. Hal ini bertujuan agar audience betah untuk selalu follow, like, dan share postingan Anda. Bahkan tak mentutup kemungkinan untuk menambah lebih banyak lagi followers hingga berhasil menjadi influencer Instagram berpenghasilan lebih. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami