Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Memanfaatkan Celah Membeli Kredit Rumah Murah

by lhmdi on 27 Maret, 2016

uang muka KPR _kredit rumah - CekAja.com

Salah satu pertimbangan memilih kredit rumah murah adalah pendapatan yang belum terlalu besar serta harus terpenuhinya kebutuhan lain.

Namun, tidak bisa dipungkiri lagi, membeli rumah hampir menjadi hal yang tidak terelakkan lagi. Apalagi, ketika harga tanah semakin tinggi, maka otomatis harga rumah pun juga akan menjadi tinggi. Tidak hanya di pusat kota, namun di beberapa tempat yang dikenal di daerah pinggiran atau kota penyangga, harga rumah pun tidak bisa dibilang murah.

Karena inilah, masyarakat akhirnya memilih membeli rumah secara kredit. Sebagian masyarakat membeli rumah dengan cara mengikuti program kredit pemilikan rumah atau yang dikenal dengan KPR.

Menggunakan KPR diklaim dapat membuat beban pengeluaran menjadi tidak harus besar, karena pembayarannya bisa dilakukan dengan cara mencicil. Lalu bagaimana caranya memilih kredit rumah yang murah?

Di antara banyaknya pameran poroperti atau agen serta marketing properti yang menawarkan rumah, memilih tempat hunian pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Kali ini kami akan berbagi tips supaya kamu bisa mendapatkan kredit rumah murah yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan. Apa saja ya tipsnya? 

  1. Cari secara mendalam

Salah satu sikap yang dibutuhkan saat memilih rumah adalah dengan bersabar. Meskipun saat ini banyak perumahan baru yang banyak bermunculan di pinggiran kota, namun untuk mendapatkannya kamu harus menggali berbagai informasi secara mendalam.

Infomasi ini bisa mencakup apa saja, mulai dari akses jalan, lingkungan yang tidak menyebabkan kerusakan seperti gangguan banjir dan berbagai macam informasi lainnya. Informasi ini bisa didapatkan langsung dengan bertanya dari penduduk yang sudah menempati lingkungan perumahan misalnya.

Jika memiliki waktu terbatas untuk mencari informasi, kamu bisa menggunakan layanan internet untuk mendapatkan beragam informasi tentang rumah yang akan dibeli. Namun, jangan lupa untuk melihat kondisi langsung dari rumah yang kamu temukan melalui internet tersebut. Cara ini untuk memastikan agar rumah yang akan dibeli secara kredit sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kamu.

  1. Membeli rumah lelang

Cara berikutnya untuk mendapatkan tempat tinggal melalui kredit rumah murah adalah dengan membeli rumah lelang. Rumah ini biasanya akan disediakan informasinya dari pihak bank, karena ada debitur yang gagal melunasi pinjamannya.

Rumah yang akan dilelang biasanya memiliki harga yang lebih murah, karena bank membutuhkan kembali dana segar untuk memutar uang dan dijadikan sebagai sumber modal atau pembiayaan bagi kebutuhan lain.

Jika kamu tertarik untuk membeli rumah lelang pastikan untuk memahami dan bertanya tentang bagaimana tata cara lelang tepat. Hal ini penting agar peralihan rumah dari pemilik lama ke pemilik baru menjadi lebih lancar. 

  1. Beli over kredit

Trik berikutnya adalah membeli rumah dengan cara over kredit. Cara yang cukup mudah untuk mendapatkan informasi bagaimana cara membeli rumah murah dengan over kredit adalah bertanya langsung kepada bank, rumah mana yang saja memberlakukan cara ini. Permasalahannya  pun sama seperti kejadian rumah lelang, yang lebih disebabkan karena nasabahnya belum mampu membayar cicilan serta kredit kepemilikan rumahnya.

  1. Beli melalui orang yang membutuhkan uang

Salah satu cara lain untuk mendapatkan kredit rumah murah adalah membeli dari masyarakat yang ingin menjual rumahnya secara terdesak karena  harus memenuhi kebutuhan lain yang sangat penting.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami