Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

2 menit waktu bacaan

Mendadak Dapat Uang Ratusan Juta, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

by Tisyrin on 25 April, 2017

Rezeki datangnya memang seringkali tak terduga. Saat kamu sudah berupaya sekuat tenaga untuk mendapatkan rezeki tambahan, belum tentu kamu bisa langsung mendapatkannya.

Namun, suatu ketika, kerap ada saja rezeki yang tiba-tiba datang tanpa kamu sangka-sangka. Belakangan sedang ramai adanya hadiah uang tunai senilai Rp300 juta dari sebuah produk minuman teh kemasan. Produsen memberikan hadiah tersebut kepada pembeli yang beruntung karena mendapatkan tutup botol dengan kode tertentu.

Bagaimana jika kamu yang menjadi pemenangnya? Uang Rp300 juta akan kamu gunakan untuk apa? Karena hadiah semacam itu datang secara tiba-tiba, bukan tidak mungkin jika ada orang yang bingung bagaimana memanfaatkan uang tersebut. Ini beberapa hal yang harus dilakukan jika kamu mendadak jadi jutawan.

Lunasi utang

Agar hidup kamu lebih tenang, kamu harus memprioritaskan urusan yang satu ini. Memiliki utang tentu mengganggu pikiran dan ketenangan batin. Kapan lagi bisa melunasi utang-utangmu? Selagi ada kesempatan, bayarlah.

Proritaskan kebutuhan

Saat membelanjakan uangmu, prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan. Buatlah catatan kebutuhan berdasarkan prioritas. Jangan sampai menyesal setelah menggunakannya untuk hal yang tidak terlalu penting.

Jangan habiskan semua

Inilah yang terpenting, jangan habiskan semua uang yang kamu dapat. Kamu harus ingat bahwa jumlah tersebut sangatlah banyak, jangan sampai hanya menguap sia-sia tanpa bekas. Belum tentu kamu akan mendapatkan kesempatan yang serupa di kemudian hari bukan?

Jika mengumpulkan sendiri uang dalam jumlah tersebut, belum tentu bisa terkumpul dalam waktu yang cepat. Jadi, ingat, jangan habiskan semua. Sisakan untuk ditabung ya.

Selain ditabung, jangan lupa investasikan

Selain menabung, jangan lupa menginvestasikan uangmu. Misalnya, kalau kamu meraih hadiah Rp300 juta, tentu uangmu cukup untuk membeli rumah seharga Rp200 juta, dan kamu masih memiliki cukup banyak uang yang tersisa untuk keperluan lainnya. Jadikan properti itu sebagai investasi. Atau, pilih jenis investasi lainnya seperti bisnis, saham, deposito, dan sebagainya. Dengan investasi, uangmu akan semakin berkembang.

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami