Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Fitur Co-Watching Instagram yang Bikin Kamu Makin Betah Di Rumah

by Kyla Damasha on 29 April, 2020

Fitur Co-Watching Instagram baru saja diluncurkan akhir-akhir ini yang konon merupakan dukungan aktivitas social distancing yang tengah dilakukan oleh sebagian besar masyarakat terkait penyebaran virus corona Covid-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Mengenal Fitur Co-Watching Instagram

Dilansir dari liputan6.com, fitur ini memungkinkan setiap pengguna untuk melihat unggahan di Instagram bersama teman-teman dengan memanfaatkan video chat.

Tentu saja selain menghilangkan bosan selama melakukan social distancing, kehadiran fitur ini juga mendukungmu untuk tetap bisa berkumpul bersama teman tanpa harus bertatap muka.

Sudah dapat dinikmati oleh seluruh pengguna secara global, Instagram juga akan memberikan akses informasi mengenai virus Covid-19 secara akurat kepada setiap orang yang menggunakan aplikasinya.

(Baca Juga: Cara Menggunakan 5 Aplikasi Video Call Buat Silaturahmi dengan Keluarga di Kampung)

Ketika ada pengguna yang mencari informasi tentang Covid-19, pada nantinya akan bisa melihat pesan edukasi dari akun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekaligus otoritas kesehatan setempat.

Apa itu Fitur Co-Watching Instagram?

Fitur Co-Watching Instagram merupakan fitur terbaru yang memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan panggilan video secara bersama-sama dengan pengguna Instagram lainnya. Dapat dilakukan oleh enam orang sekaligus, cara penggunaannya pun sangatlah mudah.

Pengguna hanya perlu memulai obrolan dengan mengetuk ikon recorder yang terdapat pada bagian kotak masuk (inbox). Tidak hanya sekedar mengobrol, pengguna bahkan juga bisa membagikan postingan-postingan yang mereka simpan ataupun sukai ke dalam video chat. Unik banget, ya!

Cara Menggunakan Fitur Co-Watching Instagram

Karena pandemi corona yang masih mewabah hingga saat ini, aktivitas masyarakat pun mulai dibatasi, guna mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Para siswa mulai melakukan aktivitas pembelajaran melalui daring, begitu pula dengan para pekerja karyawan yang dihimbau untuk melakukan work from home atau kerja dari rumah.

Nah, diharapkan dengan kehadiran dari fitur Co-Watching Instagram, masyarakat yang berada di rumah tetap bisa produktif dalam menjalankan tanggung jawab mereka tanpa harus kehilangan interaksi dengan teman-teman dan tetap terhubung meskipun tengah menjaga jarak sosial.

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah, yaitu sebagaimana berikut ini:

  • Klik ikon ‘Video Camera’ yang terletak di sudut kanan atas DM atau Direct Message.
  • Setelah masuk ke video chat, maka selanjutnya akan muncul ikon foto yang terdapat di sudut kiri bawah layar. Klik ikon tersebut untuk dapat mengakses Co-Sharing.
  • Pada fitur Co-Sharing, kamu bisa memilih video ataupun foto di Instagram, bookmark untuk dapat dibagikan ke dalam grup video chatting.
Fitur Berbagi Foto dan Video

Jika kamu sudah menggunakan fitur Co-Sharing, maka kamu juga akan dengan mudahnya berbagi video dan foto dengan pengguna lainnya yang sedang melakukan video chat bersamamu. Caranya yaitu hanya dengan mengklik ikon foto yang terletak di pojok kiri bawah dari tampilan video.

Selain itu, kamu juga bisa membuat stories yang dibuat untuk bisa dilihat oleh seluruh pengguna Instagram lho, yaitu dengan memunculkan stiker ‘StayHome’ di stories yang kamu buat.

Fitur Stiker

Selain berbagi foto dan video, ternyata fitur Co-Watching Instagram juga menyediakan fitur stiker yang membuat obrolan menjadi lebih menyenangkan lho. Caranya yaitu dengan mengetik macam-macam kata kunci stiker di Instastories.

Setelah itu, stiker yang kamu inginkan akan muncul di video chat yang tengah kamu lakukan tersebut. Tak hanya itu, apabila kamu ketik kata kunci ‘Covid-19’, maka kamu juga bisa melihat berbagai himbauan untuk selalu mencuci tangan, social distance, hingga berbagai tips-tips untuk mencegah penyebaran virus yang bisa kamu lakukan.

Kamu juga bisa menemukan stiker ‘DiRumahAja’, menghapus konten hoaks mengenai Covid-19 dari menu eksplor, serta menciptakan tagar #dirumahaja. Pada nantinya secara otomatis Instagram akan menampilkan akun WHO sekaligus otoritas kesehatan setempat yang terpercaya.

(Baca Juga: 3 Cara Membuat Konten Slide Instagram Nyambung, Gampang Banget!)

Walaupun diharuskan untuk tetap berdiam diri di rumah, bukan berarti kamu juga harus menjaga interaksi dengan teman-teman, bukan? Dengan hadirnya fitur Co-Watching Instagram, diharapkan masyarakat akan lebih betah menjalani aktivitas di rumah dan tetap produktif dalam melakukan berbagai hal.

Yuk kita dukung himbauan pemerintah untuk tidak ke luar rumah dan menghindari tempat umum guna menekan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia sembari membaca berbagai berita terkini mengenai lifestyle, kesehatan, dan finansial di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda