Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mengenal Kegunaan Paklaring, Surat Referensi Kerja yang Dibutuhkan Karyawan

by CekAja on 11 Oktober, 2019

Sebagian dari kamu yang minim pengalaman kerja mungkin belum terlalu memahami apa itu surat paklaring kerja. Padahal surat tersebut memiliki segudang kegunaan, terutama bagi karyawan yang ingin berhenti dan pindah kerja, karena sewaktu-waktu surat paklaring akan sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

tips kerja di kantor baru _ investasi - CekAja.com

Kata paklaring umumnya mengacu pada istilah surat keterangan atau referensi yang isinya berupa pernyataan seseorang pernah bekerja pada sebuah perusahaan dengan mencantumkan posisi serta lama waktu bekerja.

Tak hanya itu saja, kadang beberapa perusahaan juga melengkapi surat paklaring dengan prestasi dan pencapaian yang berhasil diperoleh oleh karyawan selama bekerja.

Syarat Membuat Surat Paklaring

Terdapat beberapa persyaratan dari perusahaan yang harus dipenuhi oleh karyawan jika ingin mendapatkan surat paklaring.

  • Pertama, seorang karyawan bisa saja meminta surat paklaring dari perusahaan apabila ia mengajukan alasan berhenti bekerja bukan karena dipecat, melainkan keluar secara baik-baik.

  • Kedua, surat paklaring baru bisa diberikan jika karyawan telah memenuhi masa kontrak kerja minimal dalam jangka waktu satu tahun.

  • Ketiga, karyawan yang memutuskan keluar wajib menyelesaikan terlebih dahulu segala bentuk tanggung jawab yang dibebankan perusahaan kepadanya.

(Baca juga: Prajogo Pangestu Persembahkan Bintang Jasa Utama untuk Istri dan Karyawan)
Contoh Surat Paklaring

Ada begitu banyak perusahaan ritel di Indonesia, seperti Indomaret dan Alfamart. Ketika kamu memutuskan berhenti bekerja dari sebuah perusahaan ritel, maka kamu bisa meminta surat paklaring dari perusahaan dengan format seperti contoh dibawah ini.

SEGAR ALAM ABADI STORE

Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4

Jl. RAYA Wangi The Melati Km. 3,8 Bandung

Telp. 022 332769 Fax. 022332766 Mobile. 09762467925

Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com

SURAT PAKLARING

No. : 07/HRD/IX/2018

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                 :  Andi Pratama

NIK                      :  786876

Alamat               :  Jl. Perjuangan No. 123, Bandung

Telah bekerja pada PT. Segar Alam Abadi Store, pada:

Jabatan                               :  Staff Maintanance

Departemen                     :  General Affair

Masa Kerja                        :  30 Maret 2015 – 30 Maret 2018

Alasan Pemutusan          :  Selesai Masa Kontrak

Benar merupakan karyawan di PT. Segar Alam Abadi Store. Selama menjadi karyawan, saudara Andi Pratama telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas tinggi pada perusahan. Yang bersangkutan merupakan asset berharga bagi perusahaan maupun karena hasil kerja yang sangat memuaskan serta tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas usaha serta kerjasama yang telah diberikan pada PT. Segar Alam Abadi Store Kota Bandung. Besar harapan kami semoga yang bersangkutan dapat jauh lebih sukses dimasa mendatang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan semestinya.

Bandung, 8 April 2018

Anton Jaya

Direktur Utama

Kegunaan Surat Paklaring

Ada begitu banyak kegunaan dari surat sakti yang satu ini. Selain menjadi bukti pernah bekerja di suatu perusahaan, surat paklaring juga digunakan untuk mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS Ketenagakerjaan, melamar pekerjaan, hingga sebagai alat pengajuan pinjaman dana ke bank. Berikut penjelasan lengkap mengenai kegunaan surat paklaring:

1. Pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu kegunaan dari surat paklaring adakah untuk melakukan klaim atau pencairan dana JHT alias Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mencairkan seluruh dana JHT, kamu harus memfotokopi terlebih dahulu surat tersebut, kemudian datangi dinas ke tenaga kerjaan untuk melakukan proses legalisir.

Pastikan pula tanggal berhenti bekerja di surat paklaring sesuai dengan yang tertera di dokumen kantor BPJS Ketenagakerjaan, supaya proses pencairan dananya dianggap legal.

2. Melamar pekerjaan di perusahaan lain

Meski tidak semua perusahaan meminta surat paklaring sebagai syarat melamar kerja, namun sebagian besar pelamar yang sudah memiliki jam terbang tinggi untuk posisi supervisor ke atas akan dimintai surat ini sebagai bukti bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan yang tertera di CV.

(Baca juga: Miliarder Jack Ma Minta Karyawannya Kerja 12 Jam Sehari)

Umumnya surat paklaring yang diminta oleh perusahaan wajib disertakan bersamaan saat kamu mengirim CV atau setelah tes wawancara user berlangsung.

3. Sebagai beasiswa jalur profesional

Kamu juga bisa menggunakan surat paklaring sebagai syarat pengajuan beasiswa jalur profesional, demi melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Biasanya pemerintah atau pihak swasta yang memberikan beasiswa jalur ini untuk mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3. Untuk mendapatkan beasiswa jalur profesional, pelamar wajib melengkapi dokumen pendukung, termasuk surat paklaring dan referesi dari atasan dimana tempat kamu bekerja.

4. Pengajuan pinjaman dana ke bank

Terakhir, surat paklaring bisa kamu gunakan untuk mengajukan pinjaman dana ke bank. Mulai dari pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KRB), hingga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membutuhkan surat paklaring sebagai dokumen pendukung selain bukti salinan slip gaji.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan surat paklaring sebagai salah satu dokumen dalam mengajukan pembuatan kartu kredit di bank. Dengan menyertakan surat tersebut, otomatis pihak bank akan menganggap bahwa kamu adalah calon pemegang kartu kredit yang sanggup membayar seluruh tagihan setiap bulannya.

Jadi sudah tahukan apa itu surat paklaring? Mulai dari sekarang saat kamu memutuskan berhenti bekerja, pastikan sudah memiliki surat paklaring ya, karena surat ini sangat berpengaruh untuk kehidupan finansial dan karier kamu di masa mendatang.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami