6 Tips Lolos KPR untuk Karyawan Kontrak

Siapa bilang karyawan kontrak gak bisa punya rumah? Pasti bisa kok dengan program KPR. Dan berikut, tips lolos KPR untuk karyawan kontrak.

6 Tips Lolos KPR untuk Karyawan Kontrak

Bicara perihal kredit pemilikan rumah alias KPR, tak jarang membuat masyarakat beranggapan bahwa proses tersebut sulit. Terlebih, bagi mereka yang statusnya masih sebatas ‘karyawan kontrak’.

Pasalnya, sudah jadi rahasia umum, jika pengajuan KPR apalagi untuk karyawan kontrak, prosesnya jauh lebih sulit ketimbang mereka yang telah mengecap status ‘karyawan tetap’.

Bukan tanpa alasan, mengingat status pekerjaan tersebut yang dinilai pihak bank memiliki ketidakpastian terkait pendapatan yang dihasilan tiap bulan.

Ragam Penyebab KPR Ditolak oleh Bank

Sebelum membahas lebih jauh, tentu kamu sebagai calon kreditur mesti paham dulu mengenai berbagai faktor penyebab proses KPR itu sendiri ditolak, bukan?

Adanya penolakan dalam pengajuan permohonan Kredit Pemilikan Rumah, umumnya disebabkan oleh riwayat kredit yang buruk.

Tak hanya itu, pihak bank pun biasanya mempertimbangan berbagai faktor, diantaranya:

  • Usia pemohon yang tidak memenuhi kualifikasi pihak bank, terutama dalam hal batas maksimal akhir tenor.
  • Pendapatan yang tidak stabil atau tidak sesuai dengan standar cicilan kredit
  • Pemohon memiliki cicilan lainnya dengan perkiraan utang melebihi 40% gaji
  • Lokasi rumah yang tidak strategis dan tidak memenuhi syarat akses jalan
  • Dokumen yang diserahkan pemohon tidak lengkap
  • Uang muka yang dibayarkan pemohon kurang, di mana pada tahap awal umumnya pemohon harus menyerahkan sekitar 30% dari harga rumah.

Lantas, Apakah Karyawan Kontrak Bisa Mengajukan KPR?

Meski terdengar sulit, namun nyatanya pengajuan KPR bagi karyawan kontrak maupun freelance tetap bisa dilakukan lho.

Tentunya dengan persiapan yang matang ya, di mana salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti tips lolos KPR untuk karyawan kontrak, pada pembahasan berikutnya di artikel ini.

(Baca Juga: Cara Top Up Pinjaman Bank Mandiri KPR & Multiguna)

Tips Lolos KPR untuk Karyawan Kontrak

Yuk, langsung saja simak bahasan mengenai tips lolos KPR, terutama untuk kamu yang status pekerjaannya masih sebatas karyawan kontrak, pada poin di bawah ini.

1. Cek Riwayat Kreditmu   

Tips lolos KPR untuk karyawan kontrak yang pertama dan harus kamu pahami baik-baik adalah mengenai riwayat kreditmu sendiri.

Mengapa demikian? Karena, riwayat kredit ini pada dasarnya menjadi tolak ukur bagi bank untuk mempertimbangkan kelayakan pemohon KPR. 

Sangat penting bagi kamu, untuk mengecek apakah selama ini riwayat kreditmu yang tercatat pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) bersih atau tidak.

Jika bersih dan tidak mengalami kredit macet, peluang untuk lanjut ke proses pengajuan KPR pastinya akan berjalan baik dan lancar.

Sebaliknya, jika kamu masuk dalam kategori blacklist, tentu saja permohonan kamu untuk KPR akan langsung ditolak oleh bank manapun.

2. Hitung Penghasilan dan Pengeluaran Bulanan

Tak hanya mengecek riwayat kredit saja, kamu pun perlu memperkirakan besaran penghasilan dan pengeluaran bulanan kamu.

Ini termasuk pula dalam tips lolos KPR yang khusus diperuntukkan bagi para karyawan kontrak. Bukan tanpa alasan, mengingat pengeluaran terkadang lebih besar dari penghasilan, jika tidak direncanakan secara matang.

Untuk itu, sebelum mengajukan KPR, pastikan bahwa rasio pengeluaran atau utang kurang dari 30 persen dari total penghasilan bulanan.

Jangan lebih dari 30 hingga 40 persen, sebab kemungkinan pengajuan ditolak oleh bank justru lebih besar, mengingat risiko ‘gagal bayar’ pasti akan terjadi di masa mendatang.

3. Pilih Rumah Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Tips lolos KPR untuk karyawan kontrak yang berikutnya adalah dengan membandingkan dan memilih tipe rumah, yang memang sesuai dengan kemampuan debitur.

Ingat, jangan pernah mengambil sebuah rumah hanya karena designnya sesuai dengan keinginan kamu, namun harganya melambung tinggi dan tak sesuai dengan kondisi keuangan.

Bukan hanya itu saja, pemilihan rumah pun jadi faktor penentu dari pihak bank, apakah debiturnya layak untuk mendapatkan KPR atau tidak.

Coba lakukan simulasi terlebih dulu atau hitung berapa perkiraan rasio utang yang dimilik, karena KPR sendiri merupakan utang jangka panjang. Jadi, jangan sampai mengalami gagal bayar di kemudian hari.

4. Siapkan Uang Muka dalam Jumlah Besar

Tak hanya perihal memilih rumah saja, untuk bisa lolos KPR, setidaknya kamu perlu menyiapkan uang muka dalam jumlah besar.

Mengapa begitu? Karena, nominal pengajuan uang muka sendiri menjadi salah satu pertimbangan utama pihak bank, dalam menilai kelayakan debitur mereka.

Apalagi untuk status pekerjaan yang masih karyawan kontrak. Jelas saja, kamu perlu menyiapkan uang muka yang besar, minimal nilainya diatas jumlah yang diminta.

Tak hanya itu saja, dengan menyiapkan uang muka yang besar, otomatis rasio hutang cicilan dan bunganya juga turut mengalami penurunan.

5. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Tips lolos KPR untuk karyawan kontrak yang selanjutnya adalah dengan mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan.

Prosedur pada umumnya sih meliputi pengisian formulir pengajuan kredit, pas foto terbaru, fotokopi e-KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan penghasilan, rekening koran dalam 3 bulan terakhir, NPWP, dan surat nikah atau surat cerai.

6. Lakukan Pengajuan di Waktu yang Tepat

Tips lolos KPR yang terakhir adalah dengan melakukan pengajuan di waktu yang tepat. Percaya atau tidak, menurut beberapa sumber, pengajuan KPR yang pas itu di saat minggu ketiga atau bahkan keempat setiap bulannya.

Karena, diantara periode tersebut, biasanya bank tengah mengejar target mereka untuk penyaluran kredit.

Sehingga, persentase untuk pengajuan diterima dengan catatan semua persyaratan telah kamu penuhi, kemungkinan akan diterima.

Hindari mengajukan KPR dikala menuju akhir tahun. Karena pada momen tersebut, pihak bank justru tengah sibuk mengurus proses tutup buku, yang tak jarang penyaluran kredit bagi masyarakat pun dihentikan.

Bank BTN Tawarkan Layanan KPR untuk Karyawan Kontrak

Gimana? Sudah paham kan apa saja tips lolos KPR untuk karyawan kontrak? Kalau sudah, kamu bisa langsung ceki-ceki perbankan yang tawarkan layanan tersebut ya.

Salah satu rekomendasinya sih KPR dari Bank BTN. Perbankan yang satu ini, tawarkan fasilitas kredit kepemilikan rumah khusus untuk karyawan kontrak loh.

Adapun produk yang ditawarkan seperti KPR fasilitas pembiayaan perumahan (FLPP) BTN dan KPR bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT).

(Baca Juga: Cara Take Over KPR dari Bank Konvensional ke Syariah)

Nabung Dulu, Baru Nyicil Rumah Yuk!

Nah, itu tadi informasi seputar tips lolos KPR untuk karyawan kontrak, hingga rekomendasi bank yang tawarkan fasilitas tersebut.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengajukan KPR, ada baiknya untuk melakukan perencanaan yang matang terlebih dulu.

Misalnya, dengan menyiapkan uang muka hingga menyimpan dana khusus untuk cicilannya. Tentu saja hal itu dapat dilakukan dengan menabung.

Kamu bisa menyiapkan satu rekening khusus untuk KPR. Dan salah satu yang direkomendasikan adalah rekening tabungan dari Bank Danamon.

Bank yang satu ini menawarkan produk rekening tabungan yang dikenal dengan nama Danamon Save.

Produk ini memiliki berbagai benefit, diantaranya bebas biaya transfer antar bank, bebas biaya administrasi bulanan dan penalti, bebas biaya tarik tunai, hingga besaran suku bunga mulai 0,10%.

Jad, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan tabungan Danamon Save di CekAja.com, yang pasti prosesnya mudah dan cepat. Ada cashback dan hadiah menarik juga loh!