Mengenal Pesona Pulau Laki, Tempat yang Disebut Jatuhnya Sriwijaya Air

Sebelum memutuskan untuk berwisata ke suatu pulau, pastikan kamu mengenal pesona Pulau Laki terlebih dahulu yang sangat memukau. Meski lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, namun bisa dipastikan kamu tidak merasa seperti berada di Jakarta.

Pariwara

Bagaimana tidak, pasalnya pulau yang satu ini menyimpan sejuta keindahan, yang tentunya sangat memikat dan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Penasaran, bagaimana pesona yang diberikan pulau tersebut? Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengajak mu mengenal pesona Pulau Laki secara lengkap, mulai dari letak geografis, hingga fasilitas yang tersedia khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Pulau Laki Tempat Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air?

Sebelum lebih jauh mengenal pesona Pulau Laki, ada baiknya kamu mengetahui dahulu kebenaran, mengenai berita Pulau Laki yang menjadi tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182.

Ya, baik Pulau Laki maupun Pulau Lancang, belakangan ini banyak mendapat perhatian publik, akibat diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182, dengan rute penerbangan Jakarta – Pontianak.

Melansir merahputih.com, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan pada Sabtu (91), pesawat Sriwijaya Air diduga jatuh di sekitar Pulau Laki, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan pada Sabtu (9/1).

Hal tersebut dikarenakan, warga sekitar Pulau Laki merasakan adanya getaran ledakan bawah laut, yang diduga berasal dari pesawat Sriwijaya Air SJY 182 itu. Sebab, getaran yang terjadi terasa hingga ke pemukiman Pulau Lancang.

Tidak hanya itu, kuatnya dugaan Pulau Laki sebagai tempat jatuhnya pesawat nahas itu juga karena, beberapa serpihan pesawat ditemukan oleh nelayan setempat, di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang.

(Baca Juga: Wisata Sejarah di Kepulauan Seribu)

Mengenal Pesona Pulau Laki

Nah setelah mengetahui beberapa informasi mengenai Pulau Laki, yang diduga menjadi tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182, maka kini saatnya untuk kamu mengenal pesona Pulau Laki lebih jauh, sesuai yang dijanjikan sebelumnya.

Buat kamu yang belum tahu dan baru mendengar, Pulau Laki merupakan sebuah pulau di Kepulauan Seribu, tepatnya masuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Ibu Kota Jakarta.

Meski dibilang cukup terabaikan, namu pulau yang memiliki luas sekitar 30 hektar ini, mempunyai keindahan yang mampu memikat mata.

Selain dikelilingi pantai pasir putih yang indah, Pulau Laki juga menyimpan keanekaragaman biota laut lainnya, yang membuat pemandangan alam pulau ini semakin memukau.

Jika ingin berkunjung ke pulau ini, kamu tidak perlu khawatir mengenai penginapan. Sebab, di pulau ini sudah tersedia penginapan, berupa bungalow dengan berbagai fasilitas lengkap, yang dapat dinikmati wisatawan.

Adapun beberapa fasilitas tersebut, di antaranya yaitu kolam renang air tawar, hingga jogging track sepanjang lima kilometer yang mengelilingi pulau ini.

Menjadi satu pulau yang ada di dalam gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Laki ternyata sudah menjadi kawasan wisata laut sejak 1988.

Hal itu tentu saja dikarenakan, pemandangan yang ditawarkan sekitar pulau ini sangat indah, di antaranya berupa dataran rendah berpasir putih, yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Adapun beberapa pepohonan tersebut, di antaranya mulai dari pohon mangrove, pohon ketapang, pohon kayu angin, hingga pohon waru di sisi pantai.

Tidak hanya itu, kamu pun terkadang bisa melihat berbagai jenis binatang, seperti burung elang laut, gagak hitam, biawak, hingga tikus hutan.

Tempat Terbaik untuk Memancing

Meski sudah mengetahui banyak keindahan yang disajikan, namun sepertinya mengenal pesona Pulau Laki belum cukup sampai di situ.

Sebab, pulau ini diketahui memiliki ombak yang tidak terlalu kencang. Sehingga, cocok untuk dijadikan spot memancing.

Ini sebenarnya bukan sesuatu yang mengherankan, mengetahui ternyata banyak wisatawan yang asyik memancing, bahkan berenang langsung di pulau ini, karena air lautnya yang cukup bening.

Di tambah, kekayaan hayati di laut pulau ini pun sangat besar dan beraneka ragam. Kamu bisa menemukan berbagai jenis ikan, seperti ikan lencam, baronang, kerapu, ikan ekor kuning, kapas-kapas dan lain sebagainya.

Akses ke Pulau Laki

Setelah mengenal pesona Pulau Laki lebih dalam, sebagian dari kamu mungkin penasaran dan tertarik ingin berkunjung ke sana.

Nah, untuk memudahkan akses mu menuju Pulau Laki, kali ini CekAja.com memberikan beberapa informasi khusus untuk kamu.

Jadi, untuk bisa berkunjung ke Pulau Laki, sebaiknya kamu menggunakan kapal motor dari Pantai Mauk, Sepatan, Tangerang.

Tetapi jika menggunakan speed boat, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 25 menit, dari Mauk hingga sampai ke Pulau Laki.

Dijadikan Tempat Latihan Tempur

Dari semua keindahan yang sudah diketahui, kamu mungkin ingin lebih tahu dan mengenal pesona Pulau Laki secara langsung.

Namun ternyata, semua fasilitas yang tersedia di pulau tersebut, termasuk bungalow dan seisinya sudah tidak digunakan lagi, seperti yang dilansir kompas.com.

Hal itu karena, Pulau Laki sudah beralih fungsi sejak Desember 2001, menjadi salah satu tempat, yang digunakan untuk latihan tempur TNI Angkatan Laut.

Tepatnya, tempat untuk latihan perang anggota TNI AL yang akan dikirim ke daerah konflik. Pernyataan itu, disampaikan langsung oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) Laksamana Muda (Laksda) Djoko Sumaryono saat itu.

(Baca Juga: Private Island Resort Terbaik di Indonesia)

Itulah beberapa hal yang sudah kamu ketahui dari Pulau Laki, mulai dari berita mengenai lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air AJY 182, kemudian keindahan alamnya, fasilitas yang dimiliki, hingga pulau yang ternyata sudah dialih fungsikan menjadi tempat latihan TNI AL.

Dari semua informasi yang sudah diketahui tersebut, kamu sudah cukup mengenal pesona Pulau Laki, bukan?

Meski sudah menjadi tempat latihan TNI AL, namun bukan berarti kamu tidak bisa berkunjung, atau melihat dari jauh pesona pulau ini.

Kamu tetap bisa berkunjung ke sana, tetapi tidak dengan bermalam di sana. Kamu mungkin bisa berwisata di pulau-pulau sekitarnya, yang memang dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata.

Namun sebelum berwisata, pastikan kamu berada dalam keadaan sehat. Dan mengingat pandemi Covid-19 belum usai, sebaiknya kamu melakukan rapid test antigen atau swab test PCR, untuk memastikan bahwa kamu sehat dan terbebas dari infeksi virus Covid-19.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuai yang tidak diinginkan pada kondisi kesehatan mu, maka kamu bisa langsung memeriksakannya, tanpa perlu khawatir dengan besarnya biaya yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, yuk segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan, dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Pariwara