Mengetahui 8 Aplikasi Terbaik Program Kehamilan. Bumil Wajib Punya!

Para ibu hamil rasanya perlu mengetahui dan menggunakan aplikasi terbaik program kehamilan. Sebab, aplikasi tersebut sangat berguna untuk mengontrol siklus haid dan kesuburan mu.

Mengetahui 8 Aplikasi Terbaik Program Kehamilan. Bumil Wajib Punya!

Beberapa aplikasi terbaik program kehamilan tersebut nyatanya tidak untuk ibu hamil saja, melainkan juga dapat digunakan untuk kamu yang sedang melakukan program kehamilan.

Lantas, apa saja aplikasi terbaik program kehamilan tersebut? Di bawah ini CekAja.com akan mengulas delapan aplikasi terbaik program kehamilan beserta kegunaanya. Yuk, simak bersama-sama!

8 Aplikasi Terbaik Program Kehamilan

Sebelumnya telah disinggung bahwa ada delapan aplikasi terbaik program kehamilan yang sangat berguna bagi ibu hamil atau pun calon ibu hamil untuk mengontrol siklus haid serta hormon mu. Dan delapan aplikasi terbaik program kehamilan tersebut di antaranya, yaitu:

1. Get Baby

Aplikasi terbaik program kehamilan yang pertama adalah Get Baby. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun hanya bisa di download di Play Store saja.

Cara kerja dari aplikasi Get Baby sendiri tidak begitu rumit. Di mana, ia akan merekam dan mendeteksi periode siklus ovulasi. Selain itu, Get Baby juga akan memprediksikan periode ovulasi selanjutnya.

Bagi ibu hamil sendiri, jenis kelamin bayi di dalam kandungan dapat diprediksi melalui aplikasi yang satu ini. Prediksi tersebut dapat diketahui sesaat setelah sang ibu sudah dinyatakan positif hamil.

Namun tentu saja, untuk mendapatkan kepastian dan hasil yang optimal, kamu perlu melakukan pemeriksaan USG.

Sedangkan untuk kamu yang sedang melakukan program kehamilan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Get Baby untuk memprediksi waktu yang optimal.

Dan tentu saja, aplikasi ini akan sangat membantu dan memudahkan mu. Terlebih ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu jadikan panduan selama persiapan atau pun proses kehamilan.

(Baca Juga: 7 Tips Cepat Hamil untuk Pasangan Muda)

2. My Calendar

Aplikasi terbaik program kehamilan yang kedua adalah My Calendar. Sama seperti aplikasi program kehamilan sebelumnya, My Calendar mampu memprediksi siklus menstruasi serta kesuburan mu.

Hal tersebut, tentu sangat membantu mu dalam mempersiapkan sebuah kehamilan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memprediksi periode haid untuk bulan-bulan selanjutnya.

Bagi kamu yang sedang melakukan program kehamilan, aplikasi My Calendar akan memudahkan mu dalam mengkalkulasikan tanggal masa subur mu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menghitung dan mencoret tanggal secara manual untuk mengetahui masa subur. Khususnya, dalam menentukan waktu terbaik untuk melakukan hubungan dengan suami.

Melalui fitur tersebut juga kamu bisa membaca dan mengetahui peluang kehamilan mu. Terlebih, adanya tools khusus yang bisa kamu gunakan untuk mencatat semua keluhan dan gejala yang ada pada tubuh mu. Bagaimana, sangat membantu dan praktis bukan?

Kamu juga bisa mengunduhnya secara gratis di App Store atau Play Store untuk bisa mendapatkan aplikasi My Calendar ini.

3. Ovia Pregnancy

Aplikasi terbaik program kehamilan yang bisa kamu gunakan berikutnya adalah Ovia Pregnancy. Aplikasi yang satu ini bisa kamu dapatkan secara gratis di AppStore dan PlayStore.

Kegunaan aplikasi yang satu ini, yaitu mampu melacak kehamilan ibu serta perkembangan bayi di dalam perut. Kemudian, kamu akan mendapatkan feedback berupa informasi seputar perkembangan kehamilan.

Beberapa perkembangan kehamilan yang dapat kamu ketahui yaitu seperti mengecek tingkat kebugaran, jam tidur, usia janin, berat badan ibu, suasana hati hingga gejala-gejala yang kamu bisa ketahui pada kalender di aplikasi Ovia Pregnancy.

Lebih dari itu, aplikasi ini sangat membantu ibu hamil dalam mengatur makanan, sesuai dengan usia ibu dan janin demi kesehatan keduanya.

4. Hallobumil

Aplikasi keempat ada Hallobumil. Aplikasi terbaik program kehamilan yang satu ini bisa kamu dapatkan secara gratis di AppStore dan PlayStore, sama seperti aplikasi program kehamilan sebelumnya.

Aplikasi Hallobumil memberikan informasi lengkap seputar kehamilan, yang sangat membantu para ibu hamil atau pun ibu yang sedang dalam program kehamilan.

Di mana, informasi yang diberikan berupa rangkaian tips dan artikel yang sesuai dengan usia kehamilan mu.

Menariknya, informasi tersebut merupakan hasil kerjasama tim dokter Hallobumil dengan Klikddokter.com, sehingga terjamin keamanannya. Terlebih, bahasa yang digunakan dalam penyampaian pesannya pun sangat mudah dipahami.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memonitor perkembangan kehamilan mu, melalui fitur timeline monitoring kehamilan.

Menjadi fitur utama dan unggulan di Hallobumil, timeline monitoring ini dilengkapi dengan informasi kondisi kehamilan ibu secara realtime.

Sehingga kamu, bisa mengetahui terlebih dahulu jika terjadi gejala-gejala yang tidak sesuai dengan timeline.

5. Glow: Fertility Calculator and Ovulation Tracker

Aplikasi terbaik program kehamilan yang kelima adalah Glow: Fertility Calculator and Ovulation Tracker. Kegunaan dari aplikasi yang satu ini, yaitu mampu memudahkan mu menandai tanggal-tanggal masa subur.

Cara untuk menggunakannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan suhu tubuh dan tanggal menstruasi.

Setelah itu, Glow akan menandai sendiri tanggal masa subur tertinggi mu, yang bagus untuk melakukan hubungan dengan suami.

Tidak hanya itu, kondisi kesehatan mu juga akan diprediksi dan dicatat di aplikasi ini. Sehingga, jika terjadi gejala-gejala atau pun masalah yang akan menghalangi mu untuk bisa hamil, kamu bisa mengetahuinya terlebih dahulu.

Maka dari itu, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang sedang melakukan program kehamilan. Kamu bisa mendapatkan aplikasi Glow: Fertility Calculator and Ovulation Tracker di App Store atau pun Play Store.

6. Pregnancy+

Aplikasi terbaik program kehamilan yang berikutnya adalah Pregnancy+. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini, yaitu berupa jurnal kehamilan. Di mana, kamu bisa mendapatkan informasi seputar kehamilan di jurnal tersebut.

Tidak hanya itu, fitur lain yang diberikan oleh Pregnancy+ di antaranya berupa fitur checklist perencanaan persalinan, fitur belanja perlengkapan bayi dan sebagainya.

Untuk fitur checklist rencana persalinan sendiri berisi nama dokter dan rumah sakit yang akan kamu kunjungi ketika hendak melakukan persalinan.

Melalui aplikasi program kehamilan yang satu ini, kamu bisa mengontrol berat badan, monitoring waktu kontraksi, jadwal kontrol dokter, pergerakan janin, hingga beberapa pilihan nama bayi yang bisa kamu jadikan referensi.

Sama seperti aplikasi program kehamilan lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Pregnancy+ di App Store dan Play Store secara gratis atau pun berbayar dengan harga Rp29.000,-.

7. BukuBumil

BukuBumil masuk ke dalam daftar aplikasi terbaik program kehamilan versi CekAja.com. Namun, aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk pengguna Android saja. Sebab, aplikasi BukuBumil hanya bisa diunduh di PlayStore saja.

Menjadi salah satu aplikasi program kehamilan yang cukup lengkap, BukuBumil menyediakan fitur yang menampilkan gambar perkembangan janin setiap minggunya.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu memprediksikan usia kehamilan janin dan waktu persalinan atau yang biasa disebut sebagai tafsiran persalinan (TP).

Cara untuk bisa memprediksi usia kehamilan dan waktu persalinan pun sangat mudah, yaitu kamu cukup memberikan data dan informasi hari pertama dan hari terakhir kamu haid (HPHT).

Ada pula beberapa fitur lain di BukuBumil yang bisa kamu gunakan, di antaranya seperti tips dan informasi kehamilan, rekomendasi berat badan yang ideal saat hamil, fitur musik klasik dan Al Quran untuk membantu program brain booster janin, hingga checklist untuk persiapan kelahiran.

(Baca Juga: 7 Gerakan Senam Hamil Selama Masa Trimester Ketiga)

8. How to Get Pregnant Faster

Terakhir ada How to Get Pregnant Faster sebagai aplikasi terbaik program kehamilan. Aplikasi ini memiliki kegunaan sesuai dengan namanya, di mana ia akan membantu mu untuk hamil lebih cepat.

Melaui aplikasi yang satu ini, kamu akan mendapatkan tips-tips cepat hamil yang berisi informasi terkait vitamin kehamilan beserta makanan-makanan sehat.

Namun tidak hanya itu, ada pula fitur pelacak siklus menstruasi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui siklus dan masa subur mu.

Jika kamu merasakan beberapa gejala yang sekiranya mengganggu kehamilan, kamu bisa melakukan tes kehamilan, kemudian memeriksa kalender kehamilan setia minggunya. Aplikasi ini akan membimbing mu selama proses kehamilan hingga persalinan.

Nah, delapan aplikasi terbaik program kehamilan beserta masing-masing kegunaannya sudah kamu ketahui di atas. Sebagian besar dari aplikasi-aplikasi tersebut juga memberikan fitur hitungan tanggal atau waktu persalinan mu.

Hal tersebut tentu sangat membantu mu mempersiapkan segala kebutuhan kelahiran bayi, salah satunya adalah biaya persalinan.

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya persalinan dan kebutuhan pasca melahirkan lainnya.

Jika belum memiliki kartu kredit, tenang saja. Kamu bisa mengajukannya dengan cara yang mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!