Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengintip Ajang Teknologi Paling Bergengsi di CES 2019

by Miftahul Khoer on 10 Januari, 2019

Ajang bergengsi di bidang teknologi yakni Consumer Electronic Show (CES) 2019 secara resmi telah dibuka pada 8 Januari 2019 di Las Vegas Convention Center, Amerika Serikat. Berbagai produk teknologi canggih dari berbagai perusahaan top dunia dipamerkan.

Artikel Teknologi Pangan - CekAja

Lebih dari 180.000 orang dan 4.500 perusahaan unjuk gigi di perhelatan akbar tersebut. Pameran yang menampilkan berbagai produk teknologi macam gadget, komputer, perangkat mobile, jaringan dan teknologi lainnya itu menjadi ajang tahunan yang wajib didatangi oleh para pecinta teknologi.

(Baca juga: Alasan Mengapa Evolusi Robot Lebih Berbahaya untuk Pekerja Perempuan)

Jaringan 5G

Akhirnya impian banyak orang tentang penggunaan jaringan 5G bakal menjadi kenyataan. Salah satu perusahaan semikonduktor Qualcomm pada ajang tersebut memamerkan teknologi beamforming guna meningkatkan cakupan 5G.

Kehadiran jaringan 5G di dunia termasuk di Indonesia sudah lama dinanti-nanti. Karena memang saat ini generasi 4G perlahan sudah harus mulai ingin ditinggalkan oleh masyarakat.

Jaringan 5G tentu saja lebih canggih dibandingkan generasi sebelum-sebelumnya. Jaringan ini memiliki kecepatan transfer hingga 10 gigabit per detik dengan menggunakan ponsel pintar. Qualcomm sendiri telah melakukan teknologi ini pada chipset Snapdragon 855.

Selain itu, beberapa pabrikan juga tak mau ketinggalan mengenalkan produk canggihnya. LG misalnya mengenalkan LS Signature OLED TV R yakni sebuah televisi yang bisa diputar.

Ada juga Samsung yang meluncurkan TV MicroLED modular 75 inci dan TV QLED 8K dengan dukungan HDMI 2.1. Dan juga banyak pabrikan yang tak mau ketinggalan memamerkan produk canggihnya.

(Baca juga: Teknologi Makin Canggih, Tapi 6 Pekerjaan Ini Sulit Tergantikan Komputer)

Perangkat makin canggih

Para produsen televisi, laptop hingga personal computer (PC) tentu patut berbangga hari karena ajang ini merupakan tempat untuk unjuk gigi produk-produk mereka. Pastinya produk yang dikeluarkan adalah yang paling terkini dengan desain terbaru dan canggih.

Untuk televisi misalnya, produk-produk ini paling banyak dipamerkan dengan mengusung teknologi nirkabel dan juga menawarkan ukuran dan resolusi hingga 8K serta teknologi HDR sehingga pengguna akan merasakan pengalaman berbeda saat menggunakan perangkat berlayar tersebut.

(Baca juga: Melebihi Harga Rumah, Ini 12 Jam Tangan Pria Termahal di Dunia)

Kendaraan tanpa sopir

Di CES 2019 ini sejumlah pabrikan macam Ford, Daimler, dan GM memamerkan produk kendaraan tanpa sopir untuk level ke-3, sebab sebelumnya produk kendaraan tanpa sopir ini telah dibuat untuk level ke-2 pada ajang sebelumnya.

Tren artificial intelligence

Di CES 2019 juga para produsen teknologi terkini memamerkan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) pada produk-produknya.

Beberapa produsen televisi misalnya menggunakan AI guna mengubah pengaturan gambar tergantung pada kondisi cahaya atau posisi penonton. Setelah itu, kamera AI akan memantau kualitas gambar.

Sedikitnya ada sekitar 60 perusahaan yang unjuk gigi dengan memamerkan teknologi berbasis AI tersebut.

Gebrakan dari IBM

Selama ini laporan prakiraan cuaca hanya bisa tersedia selama enam hingga 12 jam dari otoritas yang bertugas khusus. Namun, pada ajang CES 2019, salah satu raksasa teknologi IBM telah memperkenalkan teknologi yang bisa umumkan prakiraan pembaruan cuaca setiap jam.

Hal tersebut dilakukan setelah IBM bekerja sama dengan The Weather Channel yang menggunakan komputer paling canggih guna mengolah data di ratusan juta sensor di seluruh dunia.

Honda Dream Drive

Tak mau ketinggalan, salah satu perusahaan raksasa asal Jepang, Honda juga memamerkan produk teknologinya di ajang CES 2019 dengan memperkenalkan Honda Dream Drive, yakni sebuah prototipe yang menyatukan teknologi mobile dengan pengalaman berkendara.

Salah satu contoh dari produk ini yang bisa dimanfaatkan pengguna adalah berbagai konten seperti fitur belanja dan pembayaran online dari dalam mobil.

Tentunya teknologi ini tercipta setelah adanya kerja sama dengan berbagai partner Honda yakni Visa, Mastercard hingga PayPal. Dengan demikian ketika pengguna membeli bensin, bayar parkir hingga membeli makanan bisa menggunakan fitur canggih ini.

Masih banyak lagi sebetulnya produk-produk teknologi yang dipamerkan di ajang CES 2019. Tentunya tidak bakal cukup jika diuraikan semuanya di sini. Yang jelas, ajang CES 2019 memberikan gambaran bahwa teknologi di dunia ini akan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami