Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mengulik Lengkap Cara serta Resep Panjang Umur

by Nadhillah Kusindriani on 18 Februari, 2020

Memiliki umur yang panjang tentu keinginan semua orang. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah menjaga kesehatan. Namun, apakah dengan menjaga kesehatan saja cukup membuatmu hidup lebih lama? Maka dari itu, yuk simak cara serta resep panjang umur versi CekAja.com.

cara serta resep panjang umur

Cara serta Resep Panjang Umur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk memiliki umur yang panjang kamu tidak cukup dengan menjaga kesehatan fisik saja, melainkan juga harus menjaga kesehatan mental. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya akan diulas sebagai berikut:

Cara serta Resep Panjang Umur dengan Menjaga Kesehatan Fisik

Cara serta resep panjang umur yang pertama adalah konsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap hari. Karena sejatinya, tubuh manusia sangat bergantung dengan air putih. Terlebih, air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Realitanya, masih banyak orang yang malas untuk minum air putih. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab dehidrasi. Pasalnya, tidak hanya menyerang anak-anak dan remaja, dehidrasi juga dapat menyerang orang dewasa bahkan lansia yang memiliki resiko dan konsekuensi serius jika dibiarkan.

Cara serta resep panjang umur yang kedua adalah tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan tidur yang berkualitas, tubuhmu akan mendapat segudang manfaat, di antaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada dasarnya, tidur yang cukup dan berkualitas berada pada kisaran 7 sampai 8 jam setiap malamnya. Terlebih untuk orang dewasa yang berada pada usia di atas 65 tahun, mereka harus memiliki waktu tidur berkualitas agar terhindar dari risiko dan penyakit yang berbahaya.

Cara serta resep panjang umur selanjutnya adalah mengkonsumsi ikan dan kacang-kacangan. Hal ini terbukti pada diet Mediterranean, di mana diet ini mewajibkan pengikutnya mengkonsumsi ikan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak baik.

Metode yang diterapkan diet Mediterranean terbukti membuat hidup pengikutnya lebih panjang dan tidak terkena banyak penyakit karena bertambahnya usia.

Berikutnya yaitu mengurangi asupan gula. Karena faktanya, terlalu banyak mengkonsumsi gula tidak baik untuk kesehatan otak dan jantung. Maka dari itu, bisa mengkonsumsinya dalam batas wajar.

Tidak hanya itu, jika kamu mempunyai riwayat diabetes atau ingin panjang umur sebaiknya kurangi penggunaan gula atau menggantinya dengan gula dengan kadar kalori yang rendah.

Olahraga memang jadi kunci agar tubuh tetap sehat. Waktu efektif yang dianjurkan The American Heart Association untuk berolahraga minimal 150 menit setiap minggu.

Jika dihitung, maka kamu cukup menghabiskan waktu setiap harinya sebanyak 30 menit dalam 5 hari untuk olahraga. Dengan begitu, kamu akan memiliki tubuh yang sehat dan bugar apabila dilakukan secara rutin.

Ternyata dengan melakukan gerakan kecil saat duduk dan bekerja, membuat umur kamu lebih panjang, lho. Pasalnya, terlalu banyak duduk dan lebih dari dua jam membuat kesehatan jantung dan otot tubuh mu terganggu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa terkena masalah berat badan hingga berisiko terkena penyakit serius. Maka dari itu, ada baiknya kamu melakukan gerakan-gerakan kecil atau berjalan kaki untuk meregangkan otot-otot tubuh, setidaknya 5 sampai 10 menit setiap satu jam.

Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari memang berbahaya, karena mengandung sinar UV yang tidak baik untuk kulit. Namun nyatanya, kulit tetap memerlukan sinar matahari untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh.

Maka dari itu, kamu perlu menghabiskan waktu berjemur di bawah sinar matahari selama 10 hingga 15 menit untuk mendapatkan manfaatnya.

Kamu bisa melakukannya di waktu-waktu terbaik, yaitu pukul 10 pagi sampai pukul 3 sore. Cara serta resep panjang umur yang satu ini patut kamu lakukan.

Sudah menjadi rahasia umum jika rokok dan alkohol sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut karena rokok dan alkohol merupakan racun yang dapat membebani tubuh.

Tidak hanya itu, alkohol juga memiliki kadar gula yang tinggi. Untuk itu, alkohol memiliki kontribusi pada penambahan bobot tubuh yang tidak sehat dan mempercepat kematian.

Menjaga bobot tubuh agar tidak overweight menjadi salah satu cara serta resep panjang umur. Kamu bisa memulainya dengan mengatur menu makanan yang akan dikonsumsi.

Sebisa mungkin hindari karbohidrat ketika sarapan dan menggantinya dengan buah. Lalu untuk santapan malam hari, hindari konsumsi daging dan makanan lainnya yang digoreng.

(Baca Juga: Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan Beserta Cara Buatnya)
Cara serta Resep Panjang Umur dengan Menjaga Kesehatan Mental

Sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja cara serta resep panjang umur dengan menjaga kesehatan fisik. Kini, saatnya kamu menjaga kesehatan mental dengan beberapa cara serta resep panjang umur sebagai berikut:

  • Menghabiskan Waktu dengan Orang Tercinta

Menghabiskan waktu bersama orang tercinta selain menyenangkan, juga menjadi cara serta resep panjang umur, lho. Melansir lifestyle.kompas.com, bahwa menjalin silaturahmi dan berteman dengan banyak orang dapat memperpanjang usia hingga 50% lebih besar.

Kamu tidak perlu jauh-jauh berlibur hingga keliling dunia untuk quality time, cukup dengan jalan-jalan ke taman kota atau sekedar mengobrol sambil menonton tv di ruang keluarga sudah sama bermanfaatnya.

  • Liburan

Liburan ternyata menjadi salah satu cara dan resep panjang umur. Hal tersebut terbukti dari penemuan salah satu penelitian besar, di mana pria dan wanita paruh baya yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung akan menurun resiko kematiannya dengan mengambil cuti tahunan untuk berlibur.

Tidak hanya itu, Dr. Sonya W. Thomas, MD pada Reader’s Digest juga mengatakan kalau menjadwalkan liburan setiap tahunnya tidak hanya dapat mengurangi stress, namun juga dapat meningkatkan kebahagiaan jiwa dan raga secara keseluruhan.

Maka dari itu, orang-orang yang bahagia dan tidak stress memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga kondisi tubuhnya lebih gigih melawan gen penyebab kanker.

  • Perbanyak Senyum dan Tertawa

Senyum dan tertawa menjadi salah satu cara serta resep panjang umur. Faktanya, ketika tersenyum dan tertawa, tubuh mu akan melepas hormon endorfin yang mampu melancarkan aliran darah, meningkatkan kesehatan jantung dan memperbaiki mood.

Menariknya, manfaat tersebut tetap berfungsi dan stress perlahan menghilang meskipun kamu “mengelabui” tubuh dengan memaksa tersenyum, tertawa hingga percaya bahwa semuanya baik-baik saja.

  • Minum Kopi

Selain membuat kamu lebih awet muda, kopi juga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Hal tersebut karena adanya kandungan antioksidan di dalam biji kopi tersebut.

National Institutes of Health mengatakan bahwa dengan meminum 2 sampai 3 cangkir kopi hitam sehari mampu mengurangi risiko kematian karena penyakit kronis hingga 10%.

Namun dengan catatan, kopi yang kamu minum tidak berlebihan, tidak menggunakan tambahan creamer, gula dan pemanis lainnya.

  • Teratur Berhubungan Seks

Cara terakhir yaitu teratur berhubungan seks. Melansir dari Verywell Health, sentuhan dan seks dianggap memiliki peran penting dari kesehatan, karena membantu melepaskan hormon bahagia oksitosin.

Sejatinya, hormon oksitosin bermanfaat untuk mengurangi stress, meredakan nyeri, hingga mengurangi kanker prostat. Maka dari itu, dengan berhubungan seks secara teratur membuat kamu dan pasangan lebih panjang umur.

Nah, beberapa cara serta resep panjang umur sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, sangat mudah untuk dilakukan, bukan?

Tidak hanya itu, kamu juga sebaiknya melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Jika belum memilikinya, jangan khawatir. Langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis