Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menikmati Wisata Pantai, Hutan, Sampai Gurun Pasir di Bintan

by Teti Purwanti on 30 Juli, 2019

Beberapa tempat wisata di Indonesia menawarkan berbagai resort mewah sehingga lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dibandingkan wisatawan lokal. Satu diantaranya adalah Bintan di Kepulauan Riau yang bisa dibilang memiliki pamor tinggi soal resort mewah.

Wisata Bintan Pantai Laut

Di sekitar pulau ini juga tersebar lebih dari 3.000 pulau kecil lainnya yang membentang dari Malaka hingga Laut Cina Selatan. Kalau kamu berencana liburan di pulau ini, jangan hanya menghabiskan waktu di dalam resort ya. Karena ada lima destinasi wisata alam di Bintan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

1. Pulau Beralas Pasir

Indonesia memang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Bintan juga memiliki pantai yang sangat indah, yaitu pantai di Pulau Beralas Pasir yang disebut juga White Sands Island adalah sebuah pulau yang terletak di dalam wilayah Teluk Bakau, kabupaten Bintan.

Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya ada penjaga pulau saja. Namun pulau ini menjadi tujuan utama tamu-tamu yang menginap di resort-resort yang ada di sekitaran Kawal, Teluk Bakau, dan juga Trikora.

(Baca juga: Jakarta Kota Terpolusi di Dunia, Apa Dampaknya Bagi Kesehatan?)

Di pulau ini, pengunjung bisa mengisi waktu dengan snorkeling menikmati keindahan bawah lautnya, mengayuh kayak mengitari pulau, atau berkemah di bawah bintang-bintang. Pada musim yang tepat, di Pulau Beralas Pasir juga bisa melakukan kegiatan melepaskan bayi penyu yang dikenal dengan tukik ke laut lepas.

2. Pulau Penyengat

Selain keindahan alam yang sangat layak dibagikan ke media sosial, di Bintan juga terdapat wisata sejarah. Pulau Penyengat menyimpan banyak peninggalan Kesultanan Johor lewat bangunan-bangunan kuno salah satunya yang paling terkenal adalah Masjid Raya Sultan Riau.

Masjid nan megah ini sangat kontras dengan bangunan lain di sekitarnya sehingga mudah sekali bagi wisatawan mengenali masjid tersebut. Masjid ini juga menyimpan keunikan lain, seperti masa bangunnya yang hingga 40 tahun dan juga dinding masjid yang tidak dibuat dengan semen, melainkan putih telur.

Masjid ini didominasi dengan warna hijau dan kuning yang juga membuatnya mudah dikenali selain karena kemegahannya tersebut.

3. Vihara Avalokitesvara Graha

Tanjung Pinang dikenal sebagai daerah yang banyak ditinggali etnis Tionghoa. Sehingga tidak aneh banyak Vihara di wilayah tersebut. Avalokitesvara Graha merupakan salah satu vihara yang ada di sana.

Menariknya, Avalokitesvara Graha disebut-sebut sebagai Vihara terbesar se-Asia Tenggara. Vihara ini dibangun oleh sebuah yayasan komunitas Tionghoa di Tanjung Pinang untuk dijadikan tempat memperdalam ilmu agama, berguru dan belajar para bhiksu, dan sangha, baik yang datang dari daerah lokal maupun dari luar negeri seperti Tiongkok, Singapura, dan Malaysia.

Bukan hanya menjadi tempat beribadah, Vihara ini juga menjadi tujuan wisata yang paling menarik di Bintan. Pasalnya, menurut wisatawan kalau sudah berada di Vihara ini seperti bukan berada di Indonesia, namun seperti berada di negara-negara Asia Timur.

Selain bangunan yang megah dan kebun serta taman yang tertata indah, Patung Dewi Kuan Yin di dalam bangunan vihara juga menjadi daya tarik bagi pelancong. Wisatawan diperbolehkan masuk ke dalam vihara setelah terlebih dahulu melepas alas kaki di luar bangunan utama.

4. Hutan Mangrove

Di sekitar Pulau Bintan juga banyak ditumbuhi hutan bakau yang sangat luas dan menjelma menjadi salah satu hutan mangrove terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Kawasan hutan mangrove yang paling sering dimasukkan dalam paket wisata Bintan adalah hutan bakau yang berada di kawasan Pantai Trikora.

Selain bisa berjalan kaki, hutan mangrove di Bintan juga bisa dinikmati dengan menggunakan perahu sewaan. Sepanjang hutan mangrove, wisawatan bisa menikmati penampakan aneka satwa seperti monyet, burung, dan bahkan ular.

5. Gurun Pasir Busung

Kalau selama ini gurun pasir hanya terkenal di Bromo, ternyata wisata di pulau Bintan juga memiliki gurun pasir yang sangat layak dikunjungi.

Lokasi ini dulunya merupakan bekas penambangan bauksit. Kemudian kegiatan tambang tersebut dihentikan dan menjadi pemandangan yang mengundang kekaguman wisatawan. Karena belum begitu terkenal, gurun ini masih sangat asli dan bersih. Sayangnya belum banyak atraksi wisata yang ada di kawasan gurun ini.

(Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan, Obat Pusing Paling Manjur Buat Traveling)

Lengkap bukan variasi destinasi wisata di Bintan? Selain bisa bermain air dan berjemur di tepi pantai, kamu juga bisa menikmati keindahan bangunan religi, sampai bertualang di gurun pasir.

Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan, agar liburan kamu bebas dari rasa waswas. Pilih dan dapatkan asuransi perjalanan terbaik sesuai kebutuhanmu lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.