Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Menilik Beragam Fitur Baru iPad Pro 2018

by Giras Pasopati on 2 November, 2018

Apple kembali merilis produk terbarunya, yaitu iPad Pro 2018. Seperti pada rilis-rilis produk sebelumnya, terdapat beberapa inovasi yang disematkan di iPad Pro kali ini. Bahkan, ada beberapa fitur yang dinilai kontroversial bagi pecinta Apple. Silakan simak beragam fitur baru iPad Pro 2018.

Artikel Newsletter CekAja iPad

Dalam peluncuran kali ini, iPad Pro akan dirilis dalam dua model, yakni dengan ukuran layar 11 inci dan 12,9 inci. Keduanya bakal dilengkapi software iOS 12, Liquid Retina Display, A12X Bionic Chip yang disebut lebih bertenaga, serta fitur keamanan Face ID.

Dari segi harga, iPad Pro dengan ukuran layar 11 inci dibanderol 799 dolar AS atau sekitar Rp12,1 juta untuk yang memiliki kapasitas penyimpanan 64 GB. Sementara untuk yang memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB, harganya dibanderol hingga 1.549 dolar AS atau sekitar Rp23,5 juta.

Adapun untuk iPad Pro dengan ukuran layar 12,9 inci dengan kapasitas penyimpanan 64 GB, Apple membanderolnya dengan harga 999 dolar AS atau sekitar Rp15,2 juta. Sedangkan untuk iPad Pro dengan ukuran layar 12,9 inci dengan kapasitas penyimpanan 1 TB, dibanderol dengan harga 1.749 dolar AS atau sekitar Rp26,5 juta. Untuk fitur-fitur terbarunya, berikut penjelasannya.

(Baca juga: Harga iPhone Terbaru Mahal? Cek Dulu Spesifikasinya di Sini!)
Desain Layar All-Screen

iPad Pro disebut menampilkan layar paling canggih di dunia, yaitu layar Liquid Retina dengan model edge to edge dan sudut membulat yang mengikuti lekuk unibody iPad Pro.

Dengan lapisan glass yang presisi, masking pixel canggih, antialiasing sub-pixel, dan desain lampu latar baru, tampilan Liquid Retina baru di iPad Pro diklaim menjadi layar iPad paling terang dan berwarna paling akurat.

Dengan teknologi tersebut layar disebut mampu menampilkan dukungan warna yang luas, yang dilengkapi fitur True Tone dan lapisan anti-pantul untuk pengalaman menonton yang alami dan akurat di dalam dan di luar ruangan. Teknologi ProMotion secara otomatis menyesuaikan tampilan refresh rate hingga 120Hz untuk ultra-smooth scrolling dan respons yang luar biasa pada iPad Pro.

Adapun iPad Pro 11 inci yang baru menggunakan layar yang lebih besar dengan lebih banyak pixel dalam body yang sama dengan model 10,5 inci, namun masih memiliki berat hanya 1 pon.

Sementara iPad Pro 12,9 inci menempatkan tampilan iPad terbesar ke dalam bentuk yang lebih portable, yaitu dengan pengurangan 25 persen dalam hal volume. Kedua model juga hanya memiliki ketebalan 5,9 mm, desain iPad tertipis yang pernah ada.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

A12X Bionic dan Next-Generation Neural Engine

Dibangun khusus untuk iPad Pro, A12X Bionic diklaim menjadi chip paling cerdas dan paling kuat untuk tablet. Chip ini dianggap mampu membuat tugas-tugas komputasi yang tingkat tinggi seperti mengedit foto atau membuat model 3D lebih cepat dan lebih responsif.

Dibangun dengan teknologi tujuh nanometer terkemuka di industrinya, A12X Bionic memiliki delapan inti yang kuat. Di mana empat inti berfokus ke kinerja dan empat inti lainnya bekerja untuk efisiensi. Setiap intinya diklaim 35 persen lebih cepat dengan pengontrol kinerja baru untuk penggunaan simultan dari semua delapan inti.

Sementara itu, sebuah chip grafis dengan tujuh inti yang dirancang Apple memberikan hingga dua kali kinerja grafis untuk pengalaman augmented reality (AR) yang luar biasa kaya dan imersif. Di iPad Pro, kinerja dan kemampuan terobosan ini mampu bertahan sepanjang hari berkat masa pakai baterai 10 jam yang luar biasa.

(Baca juga: Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Membuat Smartphone Cepat Rusak)
Face ID Hadir di iPad

Face ID, sistem otentikasi wajah paling aman di tablet atau computer dihadirkan di iPad untuk pertama kalinya. Face ID didesain untuk bisa bekerja saat Anda memegang iPad Pro di posisi apa pun atau saat duduk menggunakan Folio Smart Keyboard.

Fitur ini didukung sistem kamera TrueDepth yang secara akurat memetakan dan mengenali wajah untuk membuka kunci iPad Pro secara aman, mengaktifkan Apple Pay dalam aplikasi dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mendapatkan akses ke aplikasi yang aman. Kamera TrueDepth di iPad Pro juga memungkinkan Animoji dan Memoji.

(Baca juga: 5 Smartphone Keren Ini Bakal Rilis di Tahun 2018)
New Apple Pencil dan Smart Keyboard Folio

Apple Pencil baru dan Smart Keyboard Folio yang tersedia untuk dibeli secara terpisah, memberikan tingkat presisi dan produktivitas baru bagi pengguna iPad Pro. Apple Pencil generasi kedua secara magnetis menempel pada iPad Pro untuk pengisian daya nirkabel.

Pensil tersebut dikembangkan menjadi lebih kuat dan intuitif. Contohnya, pengguna dapat memilih alat yang tepat dengan fitur ketukan ganda sederhana di Apple Pencil dalam aplikasi seperti Notes. Aplikasi canggih dari pengembang terkemuka seperti Adobe, Autodesk, dan Procreate juga memberi pengguna kekuatan untuk menjadi lebih kreatif.

Sementara itu, Smart Keyboard Folio baru bisa melindungi bagian depan dan belakang iPad Pro dengan desain sederhana, tipis dan ringan yang mencakup keyboard ukuran penuh. Keyboard portable ini tidak perlu diisi daya. Mudah disesuaikan untuk penggunaan di pangkuan atau meja, Smart Keyboard Folio baru sangat cocok untuk multitasking.

Banner KTA CekAja

Konektor USB-C

Ini adalah salah satu fitur yang cukup menggemparkan para pecinta Apple. Perusahaan memutuskan untuk menyematkan konektor USB-C baru, menggantikan konektor Lightning. Alasannya konektor USB-C dianggap sesuai untuk mendukung iPad Pro yang bertenaga.

USB-C menawarkan kekuatan optimal untuk mengisi daya, mendukung USB 3.1 Generasi 2 untuk transfer data dengan bandwidth tinggi hingga dua kali kecepatan untuk kamera dan alat musik, serta mendukung display eksternal hingga 5K. Dengan USB-C, iPad Pro bahkan dapat digunakan untuk mengisi daya iPhone.

Bagaimana menurut Anda? Apakah iPad Pro 2018 ini memang memiliki banyak inovasi dan layak dibeli? Jika Anda tertarik memboyongnya, dapatkan promo cicilan 0 persen dengan kartu kredit. Biasanya, akan ada berbagai promo menarik juga dari perusahaan penerbit kartu kredit yang ada. Segera ajukan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis dan mantan jurnalis. Penikmat sate kambing, musik punk dan rock. Senang membaca buku sejarah dan sastra.