Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Yuk Tambah Pundi Rupiah dengan Menjalankan Ide Bisnis Berikut Ini

by Tisyrin N. T on 28 November, 2016

Perayaan Natal dan Tahun Baru sebentar lagi tiba. Waktunya memanfaatkan kedua momen tersebut untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Jika kamu tertarik untuk menambah penghasilan lewat bisnis musiman saat Natal dan Tahun Baru, ini beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba.

Parsel

Saat merayakan Natal, masyarakat biasanya saling bertukar kado natal ataupun mengirim parsel kepada orang-orang terdekatnya. Manajemen perusahaan juga kerap mengirimkan parsel kepada para koleganya saat menjelang perayaan hari besar termasuk Natal. Oleh karena itu, bisnis parsel patut untuk kamu pertimbangkan.

(Baca juga: Deretan Presiden yang Tidak Mau Terima Gaji dari Negara)

Ornamen natal handmade

Manfaatkan kreativitasmu untuk membuat berbagai ornamen natal dengan tanganmu sendiri. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti kain flannel atau pita. Untuk memperkaya ide, kamu bisa mencari tutorial cara membuat ornamen natal handmade  di YouTube. Pajang hasil karyamu di media sosial dan umumkan bahwa kamu siap menerima pesanan.

Kartu ucapan unik

Meskipun zaman sudah semakin canggih dan setiap orang bisa mengirimkan ucapan Natal dengan sangat cepat lewat smartphone, tetapi kebiasaan mengirim kartu ucapan secara fisik belum benar-benar hilang. Kamu bisa berkreasi memproduksi kartu ucapan yang unik. Selain kartu ucapan Natal, kamu juga bisa membuat kartu ucapan lebaran, tahun baru, ulang tahun, hingga pernikahan.

Kue kering

Seperti perayaan lebaran, kue kering pun hadir menemani perayaan Natal. Kalau kamu jago membuat kue kering, tak ada salahnya memanfaatkan momen Natal untuk berbisnis. Seperti kartu ucapan, bisnis kue kering juga bisa panen saat lebaran.

Terompet

Perayaan tahun baru tak bisa lepas dari terompet. Terompet menjadi barang yang laris manis setiap menjelang pergantian tahun. Untuk menghasilkan terompet yang menarik, butuh sentuhan kreativitas dari si penciptanya. Jika tak sanggup membuatnya, kamu bisa menjual terompet sejak seminggu sebelum malam perayaan tahun baru.

Topeng

Selain terompet, perayaan tahun baru di tempat-tempat tertentu juga kerap memakai topeng. Kamu bisa membuat topeng-topeng handmade dan memasarkannya menjelang perayaan tahun baru. Jangan sungkan menggali ide dengan melihat video tutorial di YouTube.

(Baca juga: Hati-hati di Jalan, 5 Modus Pencurian Mobil Ini Sedang Marak)

Kalender kreatif

Kamu bisa memproduksi kalender yang lain daripada yang lain. Tuangkan ide-ide liarmu untuk menghasilkan keuntungan saat pergantian tahun dengan menghadirkan benda pengingat waktu yang unik. Kalender semacam itu juga bisa menjadi souvenir pernikahan yang cantik.

Butuh tambahan dana untuk modal usaha? Kenapa tidak manfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan. Ajukan secara online di CekAja!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.