Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara, Sudah Pernah Coba?

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 April, 2020

Tahu enggak sih? Membahas makanan itu, tidak akan pernah ada habisnya, termasuk ketika membahas menu takjil khas di berbagai negara, yang unik dan pastinya lezat. Karena, bukan hanya kamu dan masyarakat muslim Indonesia saja, yang menjalankan puasa di dunia ini, melainkan seluruh penduduk muslim di seluruh dunia.

Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara, Sudah Pernah Coba?

Nah, jika di Indonesia takjil seperti kolak, es buah, hingga gorengan adalah menu takjil paling khas dan disukai, lantas bagaimana dengan menu takjil khas di berbagai negara di dunia ya? Ada yang sudah pernah merasakan berbuka puasa di luar negeri?

Takjil di Negara Lain Tak Kalah Enak dan Unik

Sama halnya seperti makanan khas, dari tiap negara yang memiliki keunikan bentuk dan rasa, ternyata deretan menu takjil khas di berbagai negara ini, juga memiliki keunikan masing-masing loh.

Tidak hanya unik dan menarik, rasanya juga terkenal enak dan lezat, atau mungkin kamu sudah pernah mencoba salah satu menu takjil tersebut. Nah, daripada menerka-nerka seperti apa bentuk dan rasa, dari menu takjil khas di berbagai negara ini, yuk langsung saja simak di bawah ini.

10 Menu Takjil Khas di Berbagai Negara
1. Qatayef – Arab

Qatayef - Arab - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Menu takjil yang pertama, ada makanan bernama Qatayef dari negara Arab. Qatayef sering dijadikan menu hidangan penutup di Arab, pada bulan ramadhan.

Qatayef sendiri merupakan sebuah kue manis, yang diisi dengan isian krim atau kacang-kacangan seperti almond, kenari, hazel, dan lain-lain. Bahkan sejarahnya, kue ini sudah ada sejak zaman Fatimiyah, yakni sekitar 566-653 M.

Qatayef sangat mudah ditemukan di Arab, pada bulan ramadhan, tepatnya di gerai-gerai pinggir jalan, serta rumah-rumah tangga di Syam dan Mesir.

2. Harees – Uni Emirat Arab

Harees - Uni Emirat Arab - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Selanjutnya ada makanan bernama Harees dari negara Uni Emirat Arab, yang menjadi menu takjil khas di Uni Emirat Arab dengan bentuk menyerupai bubur. Sekilas, makanan ini memang tampak seperti bubur, namun bukanlah bubur nasi.

Harees merupakan sup gandum yang dicampur dengan daging. Harees sangat disukai para warga di Uni Emirat Arab, khususnya untuk dijadikan menu buka puasa.

Sup gandum Harees juga biasa dihidangkan bersama dengan roti khubz (roti pipih berukuran kecil). Selain itu, Harees juga bisa dicampurkan dengan bahan apa saja, misalnya seperti pasta tomat, sehingga warna menjadi merah.

(Baca Juga: Ini Dia Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Tahun 2020)
3. Samosa – Pakistan

Samosa - Pakistan - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Samosa atau Samboosak juga merupakan salah satu menu takjil khas dari Pakistan. Sering dijadikan hidangan appetizer, Samosa terbuat dari adonan tipis yang diisi dengan daging cincang, keju, bayam, dan kacang.

Setelah itu, samosa digoreng, hingga kulitnya yang tipis itu menjadi renyah. Kalau di Indonesia, mungkin makanan ini mirip dengan lumpia yah.

4. Bubur Arroz Caldo – Filipina

Bubur Arroz Caldo - Filipina - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Tidak hanya ada di Indonesia, bubur ayam juga ada di Filipina, dan menjadi menu takjil khas selanjutnya, yang bernama Bubur Arroz Caldo.

Bubur Arroz Caldo ini merupakan bubu yang terbuat dari beras Filipina, sama halnya bubur ayam di Indonesia. Bubur Arroz Caldo ini juga diresapi dengan jahe dan dihiasi dengan taburan bawang putih.

Selain itu, akan lebih nikmat jika ditambah dengan taburan daun bawang, serta lada hitam agar menciptakan rasa pedas.

5. Hummus – Lebanon

Hummus - Lebanon - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Hummus juga menjadi menu takjil khas yang unik dan enak dari Lebanon. Sekilas, Hummus ini terlihat seperti adonan selai kacang untuk roti, namun sebenarnya Hummus adalah hidangan berupa bubur, saus cocol, atau semacam selai gurih.

Bukan dari kacang tanah, Hummus ternyata terbuat dari kacang arab giling yang dicampur dengan tahini atau wijen giling. Selain itu, agar rasanya lebih nikmat, Hummus juga dicampur dengan minyak zaitun, perasan jeruk limau, garam, dan bawang putih.

Wah, benar-benar seperti sambal kacang dari Indonesia yah. Hehe

6. Sambusas – Somalia

Sambusas - Somalia - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Menu takjil khas dari negara yang satu ini, mirip seperti gorengan yang ada di Indonesia loh. Ya, Sambusas asal Somalia ini merupakan hidangan kue goreng berbentuk segitiga.

Sambusas biasanya berisi daging atau sayuran yang dicincang, dan rasanya pedas. Uniknya, jika kamu makan takjil asal Somalia ini, kamu akan merasakan rasa kapulaga yang begitu terasa. Bagaimana, penasaran dengan rasanya?

7. Falafel – Palestina

Falafel - Palestina - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Falafel adalah menu takjil khas yang unik, berikutnya. Falafel merupakan hidangan khas Palestina yang terbuat dari bahan utama kacang arab atau kacang fava.

Berbeda dengan Hummus yang berbentuk selai kacang, Falafel ini merupakan makanan yang dibuat dari kacang arab yang digiling, kemudian dipadatkan, dan dibentuk bola-bola kecil. Setelah dibentuk, falafel digoreng di dalam minyak panas.

Di negara asalnya, falafel biasa dihidangkan dengan selada, asinan, acar, dan saus pedas. Nah, pada saat bulan ramadhan, makanan ini sering dihidangkan sebagai menu buka puasa yang nikmat.

(Baca Juga: Membeli Kebutuhan Saat Corona dengan Kartu Kredit)
8. Bourek – Turki

Bourek - Turki - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Bourek atau biasa disebut borek dan burek ini merupakan salah satu menu takjil khas yang unik. Makanan asal Turki ini merupakan sejenis kue panggang.

Bahan utama dari bourek ini ada yufka atau phyllo (sejenis dough), keju, daging, dan sayuran. Bourek juga dapat disajikan dalam sebuah nampan besar atau dipotong kecil-kecil, lalu atasnya ditaburi wijen.

Bourek bisa kamu temukan di wilayah Turki, di Provinsi-provinsi Anatolia. Bahkan, makanan khas Turki ini telah ada sejak zaman Romawi Kuno di kawasan tersebut.

9. Nasi Biryani – India

Nasi Biryani - India - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Buat kamu yang menyukai makanan timur tengah, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nasi briyani yang terkenal di India. Tidak hanya menjadi makanan khas India, nasi briyani juga menjadi menu takjil yang khas dan menggugah selera.

Nasi biryani ini merupakan hidangan berupa nasi, yang dimasak menggunakan rempah-rempah, sayuran, dan daging sapi, kambing, ikan, atau ayam. Makanan yang bisa ditemukan di daerah timur tengah (India dan Pakistan) ini memang terkenal dengan rasanya yang lezat.

Tidak hanya ada di India, saking terkenalnya, nasi biryani juga bisa ditemukan di Indonesia, namun rasanya mungkin agak berbeda, karena memiliki komposisi yang tidak sama persis. Nah, nasi ini ternyata juga sering dihidangkan untuk menu berbuka puasa. Kamu sudah pernah coba belum?

10. Chakchouka – Algeria

Chakchouka - Algeria - Deretan Menu Takjil Khas di Berbagai Negara Sudah Pernah Coba

Untuk menu takjil yang satu ini, pasti bakal bikin kamu ngiler. Ya, makanan bernama chakchouka asal Algeria ini, memang memiliki tampilan yang sangat menggugah selera.

Bagaimana tidak, makanan yang sering dihidangkan untuk sarapan pagi dan berbuka puasa saat ramadhan ini terdiri dari telur, bawang, tomat, dan rempah-rempah. Nah, untuk cara menyantapnya, kamu bisa makan Chakchouka ini bersamaan dengan roti, pita, maupun nasi.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang menu takjil khas dari berbagai negara di dunia. Tak kalah unik dari kolak takjil khas Indonesia bukan?

Mau coba rasain menu takjil khas dari berbagai negara? Coba buat sendiri saja di rumah, dan kamu tinggal mencari resep-resep mudah dari masing-masing takjil unik tersebut.

Namun, karena beberapa wilayah Indonesia kini sedang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), maka kemungkinan kamu sulit untuk berbelanja kebutuhan pangan.

Tapi, kamu tak perlu khawatir, karena saat ini banyak penjual bahan pangan, yang menjual berbagai kebutuhan makanan sehari-hari lewat online. Nah, untuk pembayarannya, akan lebih praktis dan mudah lagi, jika kamu menggunakan kartu kredit.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan di CekAja.com Saja!

Yuk, buat kamu yang belum punya kartu kredit untuk memudahkanmu berbelanja, segara ajukan sesuai dengan kebutuhanmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung kunjungi websitenya CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk